Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh: Tinjauan Pustaka

  • Rifatul Khoriyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Abdul Muhid UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: inovasi teknologi pembelajaran, wordwall website, pendidikan agama islam

Abstract

Teknologi dan informasi yang berkembang pesat, mampu membawa dunia pendidikan bergerak kearah yang lebih maju, informasi dan komunikasi semakin mudah diakses terlebih dalam dunia pendidikan.  Inovasi pembelajaran perlu dilakukan agar dapat mengembangkan dan memudahkan proses pembelajaran. sehingga pendidik dituntut untuk melakukan kreatifitas dengan memanfaatkan teknologi sebagai media yang akan menunjang keberhasilan tujuan pembelajaran. Pelajaran PAI merupakan pelajaran inti disetiap jenjang pendidikan, agar mampu menumbuhkan semangat dan menjadi pembelajaran yang menyenangkan maka seorang pendidik harus memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi salah satunya dengan memanfaatkan game edukasi berbasis website yang dikenal dengan wordwall. Wordwall dalah game edukatif dan interaktif yang sangat cocok untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, karena fitur didalamnya memuat berbagai jenis game yang memudahkan peserta didik memahami materi pelajaran melalui gamifikasi. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kepustakaan sebagai sumber informasi dalam melakukan inovasi teknologi pembelajaran di masa penerapan pembelajaran jarak jauh. Metode analisis data dalam penelitian ini secara deskriptif, dengan tujuan mendeskripsikan dan menemukan bentuk inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. Media wordwall berisi game berbasis kuis seperti mencocokkan jawaban, menggolongkan jawaban, anagram, acak kata, pencarian kata, memasangkan pasangan jawaban, dsb. Melalui media wordwall website ini pendidik mampu berinovasi dalam melakukan pembelajaran pada mata pelajaran PAI di masa penerapan pembelajaran jarak jauh, hal ini terlihat dari adanya peningkatan pemahaman serta peningkatan hasil belajar yang signifikan terhadap mata pelajaran PAI.

References

Al-Hamdi, R. (2017). Ketika Sekolah Menjadi Penjara: Membongkar Dilema Pendidikan Masyarakat Modern. The Journal of Society and Media, 1(1), 11–34.

Amelia, A., & Rudiansyah, R. (2021). Digitalisasi dan Pembelajaran Bahasa di Era Digital.

Anindyajati, Y. R., & Choiri, A. S. (2017). The effectiveness of using word wall media to increase science-based vocabulary of students with hearing impairment. European Journal of Special Education Research.

Arifin, M., Nurdyansyah, I. R., & Fauji, I. (2019). Teaching Media Of Fiqh Magazine Model To Improve Prayer Understanding In Primary School Students. Universal Journal of Educational Research, 7(8), 1820–1825.

Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan word wall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332.

Atsani, K. H. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218.

Chadidjah, S., Kusnayat, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI: Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar Menengah dan Tinggi. Al-Hasanah: Islamic Religious Education Journal, 6(1), 114–124.

Creswell, J. W. (n.d.). 3.1 Desain Penelitian 3.1. 1 Pendekatan Penelitian. INDRI PRIMAYENTI NIM. 11643201377, 24.

Dini, J. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686–697.

Fadhillah, N., Khoriyah, R., & Muhlishotin, M. (2022). Efektivitas Model Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2542–2546. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.698

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99.

Farhaniah, S., Jailani, S., & Fatmawati, K. (2021). Penerapan Media Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 127 Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Ghasya, D. A. V., Salimi, A., & Pranata, R. (2021). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Numeracy, 8(1), 41–57.

Goldman, Ian. and Pabari, M. (2021). Inovasi pemanfaatan Wordswall sebagai media game based learning untuk Bahasa arab. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education Volume, 05(01), 151–168.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Imanuddin, M. H. (2020). Sistem Informasi Penerimaan Dan Seleksi Siswa Baru Berbasis WEB Pada SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Universitas Islam Kalimantan MAB.

Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan media online dalam proses kegiatan belajar mengajar pai dimasa pandemi covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) Unars, 8(1), 12–24.

Kurniawati, M., & Fitriani, Y. (2021). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Lidinillah, D. A. M., & Abdul, D. (2013). Perencanaan Strategis Untuk Organisasi Kemahasiswaan. Materi Latihan Kepemimpinan, UPI, Tasikmalaya.

Lubis, M., & Yusri, D. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–18.

Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.1

Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50.

Muchlis Solichin, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 215–231.

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560.

Nurmadiah, N. (2016). Media pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).
Nurmukhametov, N., Temirova, A., & Bekzhanova, T. (2015). The Problems of Development of Distance Education in Kazakhstan. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 182, 15–19.

Nurrahmawati, R. (2021). Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal At-Tarbiyah STAI Alghazali Bone, 12(1).

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.

Pitoyo, A. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Produktif Berbasis Cooperative Learning: Sebuah Eksperimen Model Pembelajaran Brain dan Investigasi Kelompok. Diksi, 28(2), 171–178.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Purnamasari, I., Widayatsih, T., & Fitriani, Y. (2022). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12902–12914.

Puspita, E., & Muhajir, R. (2016). Teaching Vocabulary through Word Wall: A Qualitative Study Conducted at the Fifth Grade Students of a Public Elementary School in Bogor. English Journal, 8(1), 9–20.

Qowaid, D. (2007). Inovasi Pembelajaran PAI. Jakarta: Pena Citrasatria.

Rif’atul Khoriyah, Cholifah, N. L. N. (2022). Implementasi Metode 3T + 1M Program Tahfidh Juz Amma untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Peserta Didik di SDN 2 Tawangrejo Lamongan. PIONIR : Jurnal Pendidikan, 11(3), 16–30.

Rimbarizki, R., & Susilo, H. (2017). Penerapan pembelajaran daring kombinasi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik paket C vokasi di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ Plus Unesa, 6(2).

Rosyad, A. M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Muhammadiyah Se-Kabupaten Indramayu. Al-Afkar. Journal for Islamic Studies, 4.

Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis Learning and Inovation Skills Mahasiswa PAI Melalui Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Conciencia, 19(2), 112–131.

Rusyan, A. T., Winarni, W., & Hermawan, A. (2020). Seri pembaharuan pendidikan membangun kelas aktif dan inspiratif. Deepublish.

Sa’adiah, S., & Farhurohman, O. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajarn Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1), 37–50.

Salsabila, N., & Muhid, A. (2021). Efektivitas Pendekatan STEAM Berbasis Parental Support untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Belajar Dari Rumah selama masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 247–253.

Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.

Sari, W. I. Y. (2021). Wordwall sebagai Media Belajar Interaktif Daring dalam Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Geografi Pada Mata Kuliah Geografi Desa Kota di Masa Pandemi. Akademika, 10(1), 1–15.

Septantiningtyas, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 131–135.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30.

Setyowati, R. D. N., Amala, N. A., & Aini, N. N. U. (2017). Studi pemilihan tanaman revegetasi untuk keberhasilan reklamasi lahan bekas tambang. Al-Ard: Jurnal Teknik Lingkungan, 3(1), 14–20.

Silvia, K. S., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wordwall. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2).

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2).

Sumar, W. T., & Razak, I. A. (2016). Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum berbasis Soft Skill. Deepublish.

Supriadi, D., & Sa’ud, U. (2017). The effectiveness of implementing information and communication technology on student academic services (A case study in Bandung Institute of Technology for the 2015-2016 period). International Journal of Education, 9(2), 139–148.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173.

Susilo, A. A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79–93.

Trinova, Z. (2012). Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215.

Umaro, I. (2021). Problematika pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi peserta didik di SMP Negeri 23 Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Voogt, J., Fisser, P., Pareja Roblin, N., Tondeur, J., & van Braak, J. (2013). Technological pedagogical content knowledge–a review of the literature. Journal of Computer Assisted Learning, 29(2), 109–121.

Weni, D. M., & Isnani, G. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis blog. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen), 2(2), 114–122.

Wojowasito, S., Poerwadarminta, W. J. S., & Gaastra, S. A. M. (1972). English/Indonesian language dictionary.

Yaumi, M. (2015). Model Pengembangan Media Dan Teknologi Pembelajaran: Suatu Pengantar. Makassar: Alauddin University Press.
Published
2022-10-25