Daya Tarik E-Banking di Kalangan Civitas Akademika Institut Agama Islam Negeri Samarinda

  • Angrum Pratiwi FEBI IAIN Samarinda
Keywords: Daya Tarik, E-Banking dan Civitas Akademika

Abstract

Electronic banking (E-Banking) adalah salah satu aktivitas perbankan yang dilakukan nasabahnya melalui fasilitas internet. Cara ini diciptakan oleh bank untuk melayani kebutuhan nasabah agar lebih nyaman bertransaksi dimanapun mereka berada. E-Banking memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabahnya dengan fasilitas pelayanan pembayaran melalui saluran elektronik, Seperti melalui transfer rekening dan auto debet. Cara ini cukup efektif dan efisien mengingat masyarakat semakin disibukkan dengan segala aktivitasnya

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui sejauh mana daya tarik civitas akademika IAIN Samarinda dalam menggunakan E-Banking dan faktor dominan yang membuat civitas akademika IAIN Samarinda menggunakan E-Banking. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, Sampel penelitian bersifat purposive sampling, jumlah sampel yang berhasil dihimpun yaitu 173 responden.

Daya tarik penggunaan E-Banking di kalangan civitas akademika IAIN Samarinda, berdasarkan hasil jawaban identitas responden mayoritas menggunakan aplikasi ATM, hampir 120 responden yang menggunakannya. Sedangkan, pilihan bank sebesar 61% menggunakan bank konvensional. Frekuensi penggunaan aplikasi E-Banking 1-4 kali dalam sebulan dan mayoritas responden berumur 17-30 tahun. Enam variabel yang ada, tiga diantaranya yaitu Interaction, Accessibility, dan Adequacy of Indormation responden menjawab sangat setuju dan setuju dari pertanyaan yang diajukan.

Faktor yang mendominasi daya tarik penggunaan E-Banking di kalangan civitas akademika IAIN Samarinda, yaitu pertama: Interaction sebesar 29%, kedua: Accessibility sebesar 27% dan ketiga: Adequacy of Indormation sebesar 13%. Dapat peneliti tarik kesimpulan, faktor dominan daya tarik penggunaan E-Banking di kalangan civitas akademika IAIN Samarinda dipengaruhi tiga aspek tersebut.

Author Biography

Angrum Pratiwi, FEBI IAIN Samarinda
FEBI IAIN Samarinda

References

Afan, Pandi “Analisis Faktor Penentu Daya Tarik Produk Pada Pasar UKM Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Jurnal Among Makarti, Vol. 1, No.2 Desember 2008.
Antasari, Arga Satria, Kertahadi, & Riyadi, “Pengaruh Penggunaan Internet Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bontang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 1 No. 2 April 2013.
Astrini, Dwi Ayu Perlindungan Hukum Terhadap Nasabah Bank Pengguna Internet Banking Dari Ancaman Cybercrime, Lex Privatum, Vol.Iii/No. 1/Jan-Mar/2015.
Bachriansyah, Rizky Amalina “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ponsel Nokia (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang), Skripsi 2011, Semarang : FEB UNDIP.
Bank Mandiri, Buku Petunjuk Penggunaan Internet Banking, Jakarta: Bank Mandiri, 2010,
Daliyanik, Prapti Hubungan E-Banking Dalam Meningkatkan Citra Produk Tabungan Ib Plus Dan Kartu BNI Syariah, Jurnal Etikonomi Vol. 12 No. 2 Oktober 2013, DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI).
Damiati dkk. Perilaku Konsumen. Depok: RajaGrafindo Persada. 2017.
Ferdiansyah, Irvan & Handayani, Putu Wuri Penentuan CSF Pada Website Internet Banking Ditinjau Dari Aspek Kebutuhan Pengguna Sebagai Nasabah Individual Dengan Studi Kasus BCA, Bank Mandiri, Dan BNI. Journal of Information Systems, Volume 7, Issues 1, April 2011.
Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21, Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 2013. hal. 19.
Indah, Dewi Rosa “Pengaruh E-Banking Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pengaruh E-Banking Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank BNI’46 Cabang Langsa”. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.5, No.2, November 2016.
Ikhsanto, Kus & Amalia, Ifadah Analisis Keamanan Internet Banking Pada Bank Di Indonesia. Jakarta: Jurnal Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma, 2009.
Kondoy, Beatric, Tewal, Bernhard., & Worang, Frederik, Bauran Pemasaran Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bpr Prisma Dana Manado. Jurnal EMBA 2016.
Kasmir, Bank & Lembaga Keuangan Lainnya, 2016, Jakarta: Rajawali Pers.
Karim, Adiwarman A. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan, 2010, Jakarta: PT. Rajawali Perss.
Medyawati, Henny, Farida., & Hegarini, Ega, Model Pengukuran Kualitas Layanan Website E-Banking di Indonesia, Jurnal Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012).
Otoritas Jasa Keuangan, Indonesia’s Economy and The Prospect For Banking Industry in 2016. Outlook Perbankan Indonesia tahun 2016
Otoritas Jasa Keuangan, Statistik Perbankan Syariah Juni 2017 (Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2017.
Pinontoan, Wulan, Pengaruh E-Banking, Kualitas Pelayanan, Kualitas Komunikasi Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Mandiri Cabang Manado, Jurnal EMBA, Vol.1 No.4 Desember 2013.
Ronny, Enam Kekuatan Layanan Jasa Internet Banking: Tinjauan Dari Persepsi Nasabah. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Volume 13, Nomor 2, September 2017.
Setyaningsih, Eka Dyah, Pengaruh Kualitas Layanan Dan Word Of Mouth Melalui Minat Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan E-Banking Pada Bank Bni, Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 22 No.1, April 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, 2010, Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V Wiratna Metode Penelitian Bisnis & Ekonomi, 2015, Yogyakarta: Pustaka BaruPress.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, 2012, Bandung: Alfabeta.
Siregar, Syofian Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Soetarto & Nasir, M. Tehnologi E-Banking Dikalangan Smart Customer: Kasus Di Kota Solo Tahun 2011.
Tjiptono, Fandy Strategi Pemasaran: Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2015.
Usmara A. Marketing Classics. Yogyakarta: Penerbit Amara Books. 2017.
Vyctoria, Bongkar Rahasia E-Banking Security dengan Teknik Hacking dan Carding, (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2013).
Yusnaini, Pengaruh Kualitas Pelayanan Internet Banking Terhadap Kepuasan & Loyalitas Konsumen Pada Bank Swasta. JDA/Jurnal Dinamika Akuntansi Vol. 2, No. 1, Maret 2010.
Sumber: www.iain-samarinda.ac.id, diakses pada Rabu, 09 Mei 2018 pukul 19:28 WITA.
Sumber: www.iain-samarinda.ac.id, diakses pada Rabu, 09 Mei 2018 pukul 19.43 WITA.
Sumber: www.iain-samarinda.ac.id, diakses pada Rabu, 09 Mei 2018 pukul 19:28 WITA. Sumber: www.iain-samarinda.ac.id, diakses pada Rabu, 09 Mei 2018 pukul 19.43 WITA.
Published
2018-06-10