Pemanfaatan Aplikasi Tiktok dalam Mata Pelajaran PAI sebagai Media Pembelajaran Inovatif Era Digital

  • Nurul Fauziyah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Achmad Ruslan Afendi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Rohan Saputra UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Kamaria Kamaria UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: TikTok, Era Digital, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstract

Modern times force Islamic religious education to develop quickly, efficiently and effectively, so that PAI learning is not left behind with the digitalization of the increasingly advanced world. Learning facilities in the current era of digital globalization should be adapted to technological advances. The use of technology as a learning medium is one to increase the interest in learning students so that teaching is not always monotonous. This study aims to illustrate the use of the TikTok application as a PAI learning medium. A qualitative descriptive research design was used in this study. The TikTok application is the main topic in this study, with discussions about the use of the TikTok application as a learning medium. This information is collected using a type of descriptive method of analysis using research facilities in the form of journals. The results of the study stated that the use of the TikTok application with its ease of use and diverse functions can be useful as a means in an innovative and interactive learning process. But in addition to positive influences, there are also negative influences in the use of TikTok, so it is hoped that educators can be creative and careful in using these media to run effectively and students are wise in using it

Keywords : TikTok, Digital Age, Learning Media, Islamic Education

 

Abstrak

Zaman modern memaksa Pendidikan Agama Islam (PAI) berkembang dengan cepat, efisien dan efektif, sehingga pembelajaran PAI tidak ketinggalan dengan digitalisasi dunia yang semakin maju. Sarana belajar di era globalisasi digital saat ini layaknya disesuaikan dengan kemajuan teknologi. Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran yaitu menjadi salah satu untuk meningkatkan ketertarikan minat belajar peserta didik agar pengajaran nya tidak selalu monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran PAI. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Aplikasi TikTok merupakan topik utama, dengan hal bahasan tentang pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran. Informasi ini dikumpulkan menggunakan jenis metode deskriptif analisis menggunakan sarana penelitian berupa jurnal. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan aplikasi TikTok dengan kemudahan penggunaan dan fungsinya yang beragam dapat bermanfaat sebagai sarana dalam proses belajar yang inovatif dan interaktif. Tetapi selain pengaruh positif terdapat pula pengaruh negative dalam pemanfaatan TikTok, sehingga  diharapkan bagaimana pendidik dapat kreatif dan cermat dalam penggunaan media tersebut agar berjalan dengan efektif dan peserta didik bijak dalam menggunakannya.

Kata Kunci : TikTok, Era Digital, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

References

Abdul Gani Jamora Nasution, Azimah Azzahra, A. H., & Rahmi Wirdayani, T. D. R. (2022). Metode yang Menyenangkan dalam Pembelajaran SKI di SD Al Azhar Medan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 162–170.
Ach.Zukin. (2022). Stategi Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pemikiran Keislaman, 6(1), 15–29.
Agusta, I. (n.d.). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif 1. Dina Fatma Adriyani.
Akhmad Asyari & Mirannisa. (2022). Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Minat Belajar Siswa Ma Miftahul Ishlah Tembelok. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 421–432.
Andayani, A. M. dan D. (n.d.). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. PT.Remaja Rosadakarta.
Annisa Nurina Vidyastuti, Mohammad Mahfud Effendi, R. D. (2022). Tik-Tok Application: Development of Mathematics Learning Media For Lines and Series Materials to Increase Learning Interest of High School Students. Jurnal Math Educator Nusantara, 8(2), 91–92.
Devi, A. A. (2022). Penggunaan Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Epistima, 3(1), 12–13.
Dewanta, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa, 9(2), 79–85.
Farnisa, I. S. & R. (n.d.). Hubungan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentela, 3(2), 181–202.
Fitria Ayuningtyas, Intan Putri Cahyani, R. H. P. (2022). Edukasi Penggunaan Media Sosial TikTok sebagai Media Pembelajaran di SDIT Attasyakur. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 25–31.
Fuja Siti Fujiawati. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 123.
Hasan. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 211–225.
Hutamy, E. T. (2021). Persepsi Peserta Didik terhadap Pemanfaatan Tik Tok sebagai Media Pembelajaran. 1270–1280.
Imroh Atul Musfiroh. (2019). Pendayagunaan Pusat Sumber Belajar (PSB) di IAIN
Samarinda. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 3.
Komsiyah, I. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kalangan Milenial. 2(1), 505–515.
Mana, L. H. A. (2021). Respon Siswa terhadap Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(4), 418–429.
Muhammad Rohan Saputra, Kautsar Eka Wrdhana, Rahmad Effendy, Rahmatul Muthmainnah, T. A. A. (2021). Penggunaan Video Animasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Educasia, 6(3), 167–182.
Nadiyah, D. L. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Banat Kudus. Jurnal Kependidikan, 13(2), 278.
Nanik Mujiatii, Muhammad Munir, I. S. (2021). Persuasi Dakwah Youtube pada Mahasiswa Islam di Kota Surabaya Selama Pandemi. Jurnal Ilmu Ushuluddin , Adab dan Dakwah, 3(1), 51.
Nur, E., Asdiniah, A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(Edisi 1), 1675–1682.
Nurjanah, N. H. & S. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Disleksia:Harapan Orang Tua dan Strategi Pengajaran Guru PAI di Kabupaten Oki. Shibgoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor, 1, 493–496.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 173.
Nurul Azizah Muhtar, Akhmad Nugraha, R. G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Information Communication and Technology (ICT). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 23–24.
Nurul Fauziyah, Ariani Ramadhini, Kautsar Eka Wardhana, A. F. S. H. (2022). Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo. 3(3), 181–193.
Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin, 2(Januari-Juni), 48–58.
Roostin, E. (2020). Peningkatan Minat Belajar dan Sikap Sains Anak Melalui Metode Eksperimen pada Masa Pandemi Covid 19. J-Sanak; Jurnal Kajian Anak, 2(01), 1–13.
Setiawati, L. (2023). Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran PAI. Educare : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 25–33.
Zainiyati, I. A. S. dan H. S. (2022). Penggunaan Aplikasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran SKI pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Miftahussudur 01 Dagangan. Jurnal Lentera, 21(1), 84.
Published
2023-05-04
How to Cite
Fauziyah, N., Afendi, A., Saputra, M., & Kamaria, K. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok dalam Mata Pelajaran PAI sebagai Media Pembelajaran Inovatif Era Digital. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 19-29. https://doi.org/10.21093/bjie.v3i1.6257