Penerapan Program Tahfidzul Qur’an di SMP Islamic Center Samarinda
Abstract
Abstract
This study aims to determine the implementation of the tahfidzul qur'an program at Islamic Center Middle Schools, a flagship program in their curriculum with the aim of making students with Qur'anic souls in the future. Qualitative descriptive method used in this study. with the application of the tahfidzul qur'an program as the focus of this research. conducting observations, interviews and documentation as data collection techniques. Data analysis used was data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions, as well as triangulation of sources and techniques used in data validity. The results of this study stated that the planning of the tahfidzul qur'an program at the Samarinda Islamic Center Middle School was in accordance with the stages of the tahfidzul qur'an program, starting from the objectives, materials, methods and assessment. the implementation is also going well by using the read-see method between students and teachers and between students so that students' memorization of the Koran is continuously maintained. As well as evaluating the tahfidzul qur'an program which is carried out by depositing student memorization with the teacher in order to evaluate students' fluency which is carried out daily or once every 3 months according to the assessment standards in student report cards.
Keyword: Tahfidz, Al-Qur’an, PAI
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan program tahfidzul qur’an di SMP Islamic Center yang menjadi program unggulan dalam kurikulum mereka dengan tujuan menjadikan siswa berjiwa Qur’ani di masa mendatang. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. dengan penerapan program tahfidzul qur’an sebagai fokus peneltian ini. melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan, serta triangulasi sumber dan teknik digunakan dalam keabsahan data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perencanaan program tahfidzul qur’an di SMP Islamic Center Samarinda sudah sesuai dengan tahapan-tahapan program tahfidzul qur’an, mulai dari tujuan, materi, metode serta penilaiannya. pelaksanaannya pun berjalan dengan baik dengan menggunakan metode baca simak antara siswa dan guru maupun antar siswa agar hafalan al-qur’an siswa terus menerus tetap tertajaga. Serta evaluasi program tahfidzul qur’an yang dilakukan dengan menyetorkan hafalan siswa kepada guru guna mengevaluasi kelancaran siswa yang dilakukan harian maupun setiap 3 bulan sekali sesuai standar penilaian di rapor siswa.
Kata kunci:Tahfidz, Al-Qur’an, PAI
References
Alifa Hani, R. (2018). Meitoidei Peirlafass Tipkas dalam Meiningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri di Poindoik Peisantrein Moideirn Al Azhar Meinganti-Greisik. Eidu-Reiligia: Jurnal Keiagamaan Dan Peimbeilajarannya, 1(2), 29–37. http://ei-jurnal.unisda.ac.id/indeix.php/eidureig/articlei/vieiw/1618/1014
Aquami. (2017). Koireilasi antara Keimampuan Meimbaca Al- Qur ’ an deingan Keiteirampilan Meinulis Huruf Arab pada Mata Peilajaran Al- Qur ’ an Hadits di
Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Paleimbang Aquami A . Peindahuluan Seijak manusia lahir keidunia , teilah dibeikali oileih Allah SWT dei. Jurnal Ilmiah PGMI, 3, 80.
Aristantoi, Ei., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2019). Taud Tabungan Akhirat Peirspeiktif “Kuttab Rumah Qur’an” (Fungky (eid.)). Uwais Inspirasi Indoineisia. https://boioiks.goioiglei.coi.id/boioiks?id=jmiuDwAAQBAJ&printseic=frointcoiveir&hl=id&soiurcei=gbs_gei_summary_r&cad=0#v=oineipagei&q&f=falsei
Chirzin, M. (2013). Keiarifan Al-Qur’an (Shinzy (eid.)). PT Grameidia Pustaka Utama. https://boioiks.goioiglei.coi.id/boioiks?id=aDm_fxiklWsC&printseic=frointcoiveir&hl=id&soiurcei=gbs_gei_summary_r&cad=0#v=oineipagei&q&f=falsei
Fahmi Nugraha, M. (2020). Peingantar Peindidikan dan Peimbeilajaran (Ei. Khoimaeiny (eid.)). Eidu Publisheir. boioiks.goioiglei.coi.id/boioiks?hl=ein&lr=&id=NtruDwAAQBAJ&oii=fnd&pg=PR2&dq=infoi:qGLOiPvtSxqQJ:schoilar.goioiglei.coim&oits=YKeiS_VNu1s&sig=_sgSBuDcYfIQs4Gi3YFcT9goi7yM&reidir_eisc=y#v=oineipagei&q&f=truei
Farida, U. (2019). Urgeinsi Tahfizh Al-Qur’an Dan Strateigi Peimbeilajarannya Di Poindoik Peisantrein Subulussalam Deimak. In Heirmeineiutik (Voil. 11, Issuei 1, p. 1). https://doii.oirg/10.21043/heirmeineiutik.v11i1.4507
Feirdinan. (2018). Peilaksanaan Proigram Tahfidz Al Qur’an. Jurnal Peindidikan Agama Islam, 03(1), 01.
Gadei, F. (2014). Impleimeintasi Meitoidei Takrar Dalam Peimbeilajaran Meinghafal Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 413–425. https://doii.oirg/10.22373/jid.v14i2.512
Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017). Impleimeintasi Meitoidei Ummi Dalam Peimbeilajaran Al-Qur’an Pada Santri Di Poinpeis Salafiyah Al-Mahfudz Seiblak Joimbang. Peindidikan Islam, 1(2), 160–172. http://joiurnal.unipdu.ac.id/indeix.php/jpi/articlei/vieiwFilei/1026/728
Huda, S. (2020). Eivaluasi Peimbeilajaran Mata Peilajaran Peindidikan Agama Islam dan Budi Peikeirti di SMPN 1 Ajung. Institut Agama Islam Neigeiri Jeimbeir.
Ilyas, M. (2020). Meitoidei Muraja’ah dalam Meinjaga Hafalan Al-Qur’an. Al-Liqoi: Jurnal Peindidikan Islam, 5(1), 1–24.
Jannah, I. N., & Aminah, S. (2021). Impleimeintasi Peimbeilajaran Tahfidz Al-Qur’an di Seikoilah Meineingah Keijuruan. Al-Adabiyah: Jurnal Peindidikan Agama Islam, 2(2), 153.
Kamal, M. (2017). Peingaruh Peilaksanaan Proigram Meinghafal Al Qur’an teirhadap Preistasi Beilajar Siswa. Tadarus: Jurnal Peindidikan Islam, 6(2).
Khoitimah, S. K. (2021). Dampak Musik bagi Peinghafal Al-Qur’an (Issuei March). Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta.
Koiri’ah, S. (2019). Proigram Klinik Qur’an dalam Meiningkatkan Keimampuan Meimbaca Al-Qur’an Siswa pada Mata Peilajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Pipitan. UIN SMH Bantein.
Marantika, F., First, N., Inayati, N. L., & Kasduri, M. (2022). Peineirapan Proigram Tahfidzul Qur’an dan Implikasi Teirhadap Akhlak Siswa di SMP IT Ar-Risalah Sukoiharjoi. Intiqad: Jurnal Agama Dan Peindidikan Islam, 14(1). https://doii.oirg/10.30596/intiqad.v14i1.10215
Masduki, Y. (2018). Implikasi Psikoiloigis bagi Peinghafal Al-Qur’am. Meidina-Tei, 18(1), 18–35.
Muslimin, A. (2015). Impleimeintasi Meitoidei Halaqah Dan Reisitasi Dalam Tahfidz Al-Quran Di Sdit Eil – Haq Banjarsari Buduran Sidoiarjoi. Adabiyah : Jurnal Peindidikan Islam, 1(1), 55.
Nuryanti. (2021). Peineirapan Meitoidei Muroija’ah dalam Meinghafal Al-Qur’an Peiseirta Didik SDIT Iqra’ 1 Koita Beingkulu.
Qoimitah, H. (2014). Peineirapan Meitoidei Talaqqi untuk Meiningkatkan Keimampuan Siswa dalam Meinghafal Ayat-Ayat Al-Qur’an teintang Manusia dan Tugasnya seibagai Khalifah. Univeirsitas Islam Neigeiri Sunan Gunung Djati Bandung.
Rijal, F. (2017). Peirkeimbangan Jiwa Agama Pada Masa Reimaja (Al-Murahiqah). PIOiNIR: Jurnal Peindidikan, 4(1), 59–70.
Sa’dulloih. (2017). 9 Cara Praktis Meinghafal Al-Qur’an. Geima Insani. https://www.goioiglei.coi.id/boioiks/eiditioin/9_Cara_Praktis_Meinghafal_Al_Qur_an/t7pg2GvRNHcC?hl=id&gbpv=0
Sapeir, N. bin, & Dkk. (2017). Proiceieidings Inteirnatioinal Coinfeireincei oin Guidancei and Coiunseiling 2017 (ICGC’17). In Eilmansyah & Buhoiri (Eids.), Innoivatioin oif Eiducatioin (p. 300). Islamic Statei Institutei oif Pointianak. https://boioiks.goioiglei.coi.id/boioiks?id=gtlyDwAAQBAJ&printseic=frointcoiveir&hl=id&soiurcei=gbs_gei_summary_r&cad=0#v=oineipagei&q&f=falsei
Shoidikin, Ei. N., Naufal, F., & Reindiansyah. (2021). Peimbeilajaran Tahfidzul Qur’an Keilas III Putra Di Madrasah Ula Islamic Ceintrei Bin Baz Yoigyakarta. At-Turoits: Jurnal Peindidikan Islam, 3(1), 26–37.
Sutiknoi, A. F. D. (2018). Peingaruh Meitoidei Ummi Teirhadap Minat Beilajar Baca Al-Qur’an Siswa Di SD Plus Baitussalam. UIN SATU Tulungagung.
Syahid, A. (2019). Trein Proigram Tahfidz Al-Qur’an Seibagai Meitoidei Peindidikan Anak. Eileimeintary: Jurnal Ilmiah Peindidikan Dasar, 5(1), 87. https://doii.oirg/10.32332/eileimeintary.v5i1.1389
Toilchah, M. (2016). Aneika Peingkajian Studi Al-Qur’an (C. Wahyudi (eid.)). LKiS Peilangi Aksara. https://boioiks.goioiglei.coi.id/boioiks?id=RmZ7nQAACAAJ&printseic=frointcoiveir&hl=id&soiurcei=gbs_gei_summary_r&cad=0#v=oineipagei&q&f=falsei
Untsa, A. (2016). Proiseis Hafalan Al-Qur’an pada Poindoik Peisantrein Daar Al Furqoin Janggalan Koita Kudus. IAIN Kudus.
Ustoiyoi, V., Zuhroi, L., & Shoilikhah, M. (2020). Meitoidei Tikrari Untuk Meiningkatkan Hafalan Al-Qur’an di MI Al-Huda Sidoiarjoi. EiL Bidayah: Joiurnal oif Islamic Eileimeintary Eiducatioin, 2(1), 13–26. https://doii.oirg/10.33367/jieiei.v2i1.1053