Strategi Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an pada Program Tahfidz di PTAIN

  • Muhammad Ibnu Hadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Said Husin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Hajriana Hajriana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: learning strategies, memorizing the Koran, programs Tahfidz

Abstract

Program Tahfidz pada perguruan tinggi Islam menjadi salah satu program unggulan. UIN Sultan Aji Muhammad Idris melaksanakan program ini pada Ma’had Al-Jami’ah. Setiap perguruan tinggi pasti menerapkan strategi pembelajaran menghafal al-Qur’an untuk mencapai tujuan program Tahfidz ini. Peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi pembelajaran menghafal Al-Qur’an yang diterapkan pada Program Tahfidz Ma’had Al-Jami’ah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas berupa triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis melalui tiga langkah utama yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran menghafal al-Qur’an pada program Tahfidz di Ma’had Al-Jami’ah terdiri dari, pertama: tahapan perencanaan berupa penyusunan pedoman pelaksanaan (walaupun belum sistematis) dan tujuan program, penentuan metode menghafal berupa sistem klasik (muraja’ah dan ziyadah), sumber pembelajaran berupa Al-Qur’an berstandar Rasm Utsmani, materi setoran hafalan, alat dan media penghubung berupa penggunaan WhatsApp, dan bentuk penilaian secara langsung tanpa ada buku setoran, penentuan tenaga pengajar yakni dosen pengampu yang berkompeten, penerimaan mahasantri pemula maupun lanjutan, dan lingkungan pembelajaran yang fleksibel. Kedua, pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan awal yaitu dilaksanakan secara langsung memulai kegiatan setoran tanpa pemberian motivasi dan kurang variatif, pada kegiatan inti, menerapkan strategi penguatan dan strategi retensi Tahfidz. Pada kegiatan penutup, tidak ada kegiatan tertentu yang dilaksanakan. Ketiga penilaian (evaluasi) yang terdiri dari evaluasi proses berupa evaluasi bulanan (belum disediakan lembar evaluasi) dan evaluasi hasil pencapaian pada setiap akhir semester ganjil/genap.

References

Agama, K. (2017). Al-Qur’an Wakaf Terjemah. Jakarta: Ulumul Qura.
Arifin, B., & Setiawati. (2021). Gambaran Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2).
Arini, J. (2009). Strategi dan Metode Menghafal Al – Qur’an (Studi Kasus di Pondok Tahfizh Darul Itqan Bilasundung Desa Paokmotong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur).
Fatih, M. (2018). Inkeremental Analisis Tentang Desain, Strategi, Metodologi dan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Bagi Tahfidz Pemula. Jurnal Progressa, 2(1).
Fauziah, A. A. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al- Qur ’ an Pada Program Tahfidz di SD Islam Al -Azhaar Tulungagung. The Elementary Journal, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.56404/TEJ
Fitriani, Y. (2022). Tradisi Menghafal Al – Qur’an (Studi Kasus Penghafalan Al – Qur’an di SMP IT Insan Harapan). UIN Syarif Hidayatullah.
Hamzah, M. R. (2022). Problematika Pelaksanaan Program Tahfidz Al–Qur’an di Ma’had Al–Jami’ah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. UINSI Samarinda.
Hidayati, S. (2021). Implementasi Metode Halaqqah, Ziyadah, dan Takrir Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Azmania Bonowijayan Siman Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Ikhwanuddin, M., & Husnah, A. (2021). Penerapan Metode Tikrār Dalam Menghafal Al-Quran. Tasyri, 28(1), 15–29.
Ilyas, M. (2020). Metode Muraja’ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Irsyad, M., & Qamariyah, N. (2017). Strategi Menghafal Al-Qur’an Sejak Usia Dini. Jurnal Annual Conference on Islamic Early ChildHood Education, 2(2).
Muhaidi. (2018). Managing Standardize Memorizations Strategy in Tahfiz Centres: A Guideline For Quality Performance in Qur’anic Memorization. International Journal Research, 5(16), 1–15.
Mujahidah, Sunanik, & Hidayati, N. I. (2022). Penerapan Metode Tabarak dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 3(1), 17–25.
Ramadi, B. (2021). Panduan Tahfidz Qur’an. Medan: (UIN Sumatera Utara Medan.
Rustiana, D., & Ma’arif, M. A. (2022). Manajemen Program Unggulan Tahfidz Qur ’ an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al- Qur ’ an Siswa, 1(1), 12–24.
Saniah, & Kosasih, A. (2022). Implementasi Metode Talaqqi dalam Menghafal Alquran. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 88–95.
Sultansyah, P., & Ifnalldi. (2022). Urgensi Penerapan Metode Talqin Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran di Pondok Tahfiz RBA Asy-Syifa Curup Panji Sultansyah Ifnaldi Pendahuluan Pendidikan pada hakekatnya adalah tindakan sadar dan sukarela serta mengidentifikasi dan membedakan t. Jurnal Ilmiah Iqra’, 16(2), 239–248.
Zainiyati, H. S. (2010). Model dan Strategi Pembelajaran. Surabaya: CV. Putra Media Nusantara.
Published
2023-05-29
How to Cite
Hadi, M., Husin, M., & Hajriana, H. (2023). Strategi Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an pada Program Tahfidz di PTAIN. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 117-127. https://doi.org/10.21093/bjie.v3i1.6608