Implementasi Kemampuan Dakwah Peserta Didik Melalui Kultum Bergilir di MTs Muhammadiyah Watulimo Trenggalek Jawa Timur
Abstract
Abstract
To improve public speaking skills, students must employ effective language use in daily communication. Researchers discovered that teachers at MTs Muhammadiyah Watulimo Trenggalek Jawa Timur implemented a culture of public speaking in order to improve student performance. The goal of the research is to understand how teachers use their teaching skills in order to produce alumni who are useful to the general public. This study employs a qualitative deskriptif in the form of a transcribed or written description of the person or activity being studied. The study's subjects included the Madrasah's principal, a PAI instructor, and five students. During the data collection process, researchers use observation, writing, and documentation methods, as well as data analysis techniques such as data reduction, data collection, and data analysis. Researchers conducted a one-month observation at the research location. Peserta didik sangat antusias mengikuti kultum bergilir yang dilakukan setelah kegiatan shalat dhuha berjamaah dan tahfidzul qur'an. The focus of this research is the implementation of cultural activities after shalat dhuha berjamaah and tahfidzul Qur'an. Hambatan pelaksanaan kultum bergilir beberapa peserta didik yang kurang percaya diri, pengaturan mikrofon kurang tepat, dan kurang memahami betul urutan kultum. This study is intended to serve as an evaluation of the effectiveness of religious activities in preparing students for service in the wider community.
Keywords: Implementation, Dakwah, Kultum
Abstrak
Pendidik dalam memperbaiki public speaking peserta didik memerlukan implementasi penggunaan bahasa yang baik dalam berkomunikasi dikehidupan sehari-hari. Peneliti menemukan adanya implementasi dari pendidik di MTs Muhammadiyah Watulimo Trenggalek Jawa Timur mengadakan kultum bergilir bertujuan untuk membenahi public speaking dan sekaligus melatih keterampilan berdakwah peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi yang dilakukan oleh pendidik dalam melatih kemampuan dakwah peserta didik sehingga bisa membentuk alumni yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Penelitian ini mengunakan kualitatif deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang atau aktivitas yang diamati. Subjek penelitian ini meliputi Kepala madrasah, pendidik PAI dan 5 Peserta didik. Dalam proses pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti melaksanakan observasi dilokasi penelitian selama satu minggu. Hasil yang ditemukan oleh peneliti yaitu Peserta didik sangat antusias mengikuti kultum bergilir yang dilaksanakan setelah kegiatan shalat dhuha berjamaah dan tahfidzul qur’an. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pelaksanaan kultum bergilir dilaksanakan setelah shalat dhuha berjamaah dan tahfidzul qur’an secara bersama-sama. Hambatan pelaksanakan kultum bergilir beberapa peserta didik masih kurang percaya diri, penataan microphone kurang tepat, dan kurang memahami betul urutan kultum. Penelitian ini diharapkan sebagai evaluasi pendidik dalam penerapan kegiatan kultum bergilir dalam membentuk peserta didik yang bermanfaat di lingkungan masyarakat sekitar.
Kata Kunci: Implemetasi, Dakwah, Kultum
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Anggraeni, I. (2019). Pengertian Implementasi dan Pendapat Ahli. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16–36.
Arikunto, S. (2010). Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.
Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844
Assafi’i, H. F. (2023). Implementasi Metode Tahsin dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah (MBS 1) Desa Mergayu Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung (Issue Mbs 1).
Aulia, S. N. (2022). Salingdidik Ix 2022 Salingdidik Ix 2022. 9(2018), 7–12. https://prosiding.ubt.ac.id/index.php/salingdidik/article/view/109/0
Becknel, K. (2020). Definisi dan Pengertian Penghambat. Health Science Inquiry, 11(1), 78–81. https://doi.org/10.29173/hsi323
Fatimah, F. (2021). Implementasi Budaya Religius dalam Membina Akhlak Siswa di MI Rahmatullah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 68–78. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.189
Hakim, A. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan Dakwah Islam. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 231–239. https://doi.org/10.37812/fatawa.v1i2.429
Harahap, M. (2016). Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam Musaddad Harahap. Jurnal Al-Thariqah, 1(113), 140–155. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/625
Hawa, S., Syarifah, S., & Muhamad, M. (2021). Pembinaan Akhlak Peserta Didik Melalui Kegiatan Kultum (Kuliah Tujuh Menit) di SD Negeri 17 Pangkalpinang. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 4(2), 75–90. https://doi.org/10.32923/kjmp.v4i2.2162
Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.
Mohammad Arif. (2020). Implementasi Dakwah Rasulullah dalam Era Milenium. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) KEDIRI. Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, 4.
Mubarok. (1999). Psikologi Dakwah, cet. Ke-1, Jakarta: Pustaka Firadaus.
Muhadjir, N. (1993). Metode Penelitian Kualitatif: telaah Positivistik. Rasionalisti, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik (Yogyakarta: Rake Sarasin, 1991).
Nadia ulfah. (2017). Implementasi Kegiatan Muhadhoroh dalam Pengembangan Critical Thinking Siswa di MTs. Hidayatul Anam Jakarta Selatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.
Nurdin Usman. (2002). Nurdin Usman, ‘Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum.’ Grasindo, 70.
Pandiangan, W. M., Siagian, S., & Sitompul, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199
Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019). Pelatihan Public Speaking dan Styles Dakwah Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Mubalighat Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Utara. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 176–195.
Purwanti, S. F. (2020). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keberanian Siswa Melalui
Adzan dan Iqamah Bergilir di Madrasah Ibtidaiyah Guppi Al-Muslimun Siswa Melalui Adzan dan Iqomah Bergilir di Madrasah Ibtidaiyah Guppi Al-Muslimun.
Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidikan dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825
Rifqi. (2017). Implementasi Kegiatan Kultum (Kuliah Tujuh Menit) pada Siswa di SMP Muhammadiyah 7 Cerme. Http://Eprints.Umg.Ac.Id/2742/, 5–24.
Rifqo, M. H., & Wijaya, A. (2017). Implementasi Algoritma Naive Bayes dalam Penentuan Pemberian Kredit. Pseudocode, 4(2), 120–128. https://doi.org/10.33369/pseudocode.4.2.120-128
Siti, N. (2022). Pembentukan Nilai Karakter Religius Siswa/I Melalui Kegiatan Kultum di MAN 4 Pidie. 1–23.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Rnd. Alfabeta.
Suhandang, K., & Kuswandi, E. (2013). Ilmu Dakwah: Perspektif Komunikasi.
Susanto, R. F. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Publik Speaking Siswa melalui Kegiatan Ektrakulikuler Kuliah Tujuh Menit (Kultum) Setelah Shalat Dhuhur Di Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. 2019.
Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan IKK FPP UNP. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1), 120. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12878
Yuniati, N. (2017). Penerapan Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembinaan Mental Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017. Block Caving – A Viable Alternative?, 21(1), 1–9.