Pemahaman Fiqih Melalui Pembelajaran Qowaid Fiqhiyyah di Pesantren Imam Syafi’I Tulungagung

  • Annisa Fatkhul Khoir STAI Muhammadiyah Tulungagung
Keywords: Fiqih, Qowaid Fiqhiyyah, Pembelajaran fiqih

Abstract

Abstract

Islamic boarding schools use traditional works as sources of knowledge. Islamic boarding schools strive to give students with a solid foundation and fundamentals of fiqh in order to avoid misunderstandings. Understanding the Al-Qur'an is the first stage in learning fiqh, followed by understanding hadiths from the Prophet that deal with fiqh issues and works produced by fiqh experts. There must be sufficient planning so that reference books can match learning objectives. With so many fiqh books, it requires more time to assess each one. The purpose of this study is to compare fiqh learning with qowaid fiqhiyyah learning at the Imam Syafi'i Islamic Boarding School in Tulungagung, so that it can be used as a resource for other Islamic Boarding School Education Institutions when determining reference books for fiqh learning. This study used qualitative descriptive research. Data were collected by observation, documentation, and interviews. The Imam Syafi'i Islamic Boarding School employs Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa'diy's book "Qowaid Fiqhiyyah" as a reference book when teaching fiqh. This book can help Imam Syafi'i Tulungagung Islamic Boarding School achieve its goal of teaching pupils the fundamental universal principles of fiqh in a short period of time. However, learning approaches must be developed in order to boost student appeal.

Keywords: Fiqh, Fiqh Learning, Qowaid Fiqhiyyah

 

Abstrak

Lembaga pendidikan pesantren memiliki ciri penggunaan kitab klasik sebagai rujukan ilmu. Dalam pembelajaran fiqih, Pesantren ingin memberikan perbekalan berupa pondasi dan dasar-dasar yang kuat dalam fiqih agar peserta didik tidak terjerumus dalam kesalahpahaman. Langkah yang tepat dalam pembelajaran fiqih adalah diawali dengan memahami Al-Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan memahami hadits-hadits dari Rasulullah yang berkaitan dengan permasalahan fiqih, dan kitab-kitab yang ditulis oleh para Ahli Fiqih. Perlu adanya perencanaan yang tepat agar kitab rujukan dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran. Dengan banyaknya kitab fiqih, tentu membutuhkan waktu yang lebih untuk mengevaluasi tiap kitab tersebut. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pembelajaran fiqih dengan pembelajaran qowaid fiqhiyyah yang diselenggarakan di Pesantren Imam Syafi’I Tulungagung, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan Lembaga Pendidikan Pesantren lainnya dalam menentukan kitab rujukan pembelajaran fiqih. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Sumber data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pondok Pesantren Imam Syafi'i menggunakan kitab "Qowaid Fiqhiyyah" karya Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa'diy sebagai kitab referensi pengajaran fiqih. Kitab tersebut dapat mewujudkan tujuan pembelajaran fiqih di Pesantren Imam Syafi’I Tulungagung, yakni memberikan perbekalan kepada peserta didik mengenai kaidah-kaidah dasar fiqih yang bersifat universal dengan waktu yang singkat. Namun, perlu adanya pengembangan metode pembelajaran untuk meningkatkan daya tarik peserta didik.

Kata kunci: Fiqih, Qowaid Fiqhiyyah, Pembelajaran Fiqih

References

Aseri, M. (2022). Manajemen Pembelajaran Fiqih di Sekolah dan Madrasa bagi Guru Pendidikan Agama Islam. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 229. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.920
Azama, I. M., & Cahya Pratama, H. (2023). Pandangan Ushul Fikih Al-Qurthubi dalam Penafsiran Ayat-Ayat Jual Beli Al-Qurthubi’s View on Ushul Fikih in The Interpretation of the Buying and Selling Verses. Agustus, 4(2), 125–142.
Dwi Lestari, R., Rudi Setiawan Risalah, H., Rudi Setiawan, H., Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Ar-Ridha Kota Medan, M., & Pendidikan Dan Studi, J. (2024). Penerapan Metode Aktif Partisipatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTs Ar-Ridha Kota Medan. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10(1), 13–26. https://www.jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1169
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Kamran As’at Irsyady Ali Usman, W. S. (2010). Analisis Jurnal Studi Keislaman. Putra,Jurnal Study Islam, 21(1), 70–92. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis/article/view/1951
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Agama No.31 Tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren. In Jdih Bpk Ri (Vol. 2507, Issue February, pp. 1–9).
Khaeri, S., & Dewi, A. Y. (2022). Pola Ajaran Salafi Pada Pembelajaran Fiqih di Sekolah Dasar Islam Salman Al-Farisi Kota Bekasi. El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 5(1), 19–28. https://doi.org/10.54125/elbanar.v5i1.95
Kodim, Anton, & Ridwan, M. (2022). Qawaid Fiqihiyyah dan Peranannya dalam Pengembangan Hukum. Jurnal Indragiri Penelitian Multidisiplin, 2(3), 172–180. https://doi.org/10.58707/jipm.v2i3.259
Mansir, F. (2020). Urgensi Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Madrasah. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 5(2), 167–179. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i2.538
Mansir, F. (2021). Analisis Model-Model Pembelajaran Fikih yang Aktual dalam Merespons Isu Sosial di Sekolah dan Madrasah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 88. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4212
Muqorobin, M. (2007). Qawaid Fiqhiyyah sebagai Landasan Perilaku Ekonomi Umat Islam: Suatu Kajian Teoritik. Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 8, 198–214.
Nurhayati. (2018). Memahami Konsep Syariah, Fikih, Hukum dan Ushul Fikih [Understand the concepts of Sharia, Jurisprudence, Law and Usul Fiqh]. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(2), 125–134. https://www.mendeley.com/catalogue/fcb402be-1377-3271-a4d5-a15b548ca212/
Oktapiani, Marliza. (2019). Perencanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Indonesia. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 87. https://repository.uia.ac.id/wp-content/uploads/2022/03/JURNAL_Marliza_2.pdf
Rendhica. (2022). Optimasi Model Manajemen Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Generasi Islam Berkualitas. Borneo Journal of Islamic Education, 2(2), 189–198. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjie/article/view/6025
Sahri, S., Akhyak, A., Efendi, N., & Muhajir, A. (2023). the Strategy of Islamic Education Institutions in Improving the Quality of Learning in the Digital Era. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 1–13. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.4638
Sanusi, S. R. F. (2021). Kaidah Fikih: Sejarah dan Pemikiran Empat Mazhab. Tahkim (Jurnal
Peradaban Dan Hukum Islam), 4(2), 23–46. https://doi.org/10.29313/tahkim.v4i2.6809
Setiawan, A. R., Puspaningrum, M., & Umam, K. (2019). Pembelajaran Fiqh Mu’Āmalāt Berorientasi Literasi Finansial. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 187–192. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887
Sugianto, E. (2020). Deskripsi Pengertian dan Penerapan Qawaid Al-Fiqhiyah. Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam, 15(2), 73–85. https://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/taw/article/view/1774
Syahputra, A. (2023). Fiqh Education in Pesantren as a Model for Fiqh Education in the World. 4(2).
Winkel, W. S. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Gramedia. https://books.google.co.id/books?id=5QVjOQAACAAJ
Published
2024-05-31
How to Cite
Khoir, A. (2024). Pemahaman Fiqih Melalui Pembelajaran Qowaid Fiqhiyyah di Pesantren Imam Syafi’I Tulungagung. Borneo Journal of Islamic Education, 4(1), 17-26. https://doi.org/10.21093/bjie.v4i1.8347