Efektivitas Media Kartu Domat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Kelas III Min 2 Samarinda

  • Nabila khilmiah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Husni Idris UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • siti Nasiah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Kartu Domino,Hasil Belajar, Materi Perkalian

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam operasi hitung perkalian. Meskipun guru telah menggunakan media pembelajaran seperti flash card dan papa perkalian, hasil belajar masih belom  optimsl. Data awal menunjukan hanya 48 siswa mencapai ketuntasan, sementara 52 lainnya belum tuntas. Oleh karena itu,diperlukan media pembelajaran alternatif yang menarik dan efektif,salah satunya adalah kartu domino matematika.Tujuan penelitian ini untuk mengetauhi perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dan siswa yang menggunakan media kartu domino. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain pretest-posstest non equivalent. Sample di ambil secara purposive sampling dari kelas III A sebagai kelas eksperimen dan III D sebagai kelas control dengan total 63 siswa.Instrument penelitian diuji yaitu validitas,reliabilitas,Tingkat kesukaran, daya beda. Data dari analisis menggunakan uji normalitas,homogenitas,indepent sampel t test,dan N-gain. Hasil penelitian menunjukan rata-rata posttest kelas eksperimen 81,7% dan kelas kontrol 72 %, sedangkan N-gain 57,43 ( cukup efektif) dan pada kelas kontrol 43,96 ( kurang efektif). Uji T menunjukan sigifikansi 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu domino cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

 

Kata kunci:    Kartu Domino,Hasil Belajar, Materi Perkalian

 

Abstract

This researsh was motivated by the low learning outcomes of students in multiplications operations. Although the teacher had used learning media card  as flashcards and multiplication boards, student achievement remained suboptimal. Preliminaining 52% did not. Therefore, an alternstive learnative learning medium that is engaging and affective is needed-one of which is the use of mathematical domino cards.

The purpose of this study is to determine the difference in learning outcomes between students who received coventional and those eho used domino card media. This study employed a quangtitative approach with a quasi experimental method and a pretest-posttest non equivalent control group design. The sample was selected using purposive sampilng,with calss III A as the experimental group and class III D as the control group, totaling 63 students.

The researh insruments were testes for valiity, reliability, item difficulty,and discrimination power. Data were analyzed using normality tests, homogeneity test, independt sample t test,ang gain analaysis. The results showed that the experimental group had a posttest average of 81,7%, whilw the contol graoup scored 72%. The N-Gain for the experimental calass was 57,43 ( moderately effective). The t test result showed a significance value of 0,000< 0,05, indicating that the use of domino card media is effective in improving students’ mathematics learning outcoment.

References

Abigail Soesana,Dkk, Metode Penelitian Kuantitatif, Yayasan Kita Menulis,2023 h.87
Aghazadeh, S & Javadian,M. 2025. Using N-Gain A Measure Of Learning Improvement In Engineering Educatiun.” International Joural Of Engineering Education, 31 No. 1 H 267-273
Aliana,Skipsi Judul Efektifitas Penggunaan Kartu Domino Matematika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III UPTD SD Negeri 49 Pare-Pare (Studi Pada Materi Pokok Perkalian Dan Pembagian) Alumni Insitut Agama Islam Negeri Pare-Pare(2024)
Anik Ghufron, Tes, Pengukuran Asesmen Dan Evaluasi Peran Dan Fungsinya Dalam Pembelajaran. Modul 1
Aprilianti, Muzani, dan Setianingsih, “Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Kogntif Siswa.” Tsaqifa Nusantara Vol 02, Tahun 2023.h 141
Arif An Yuli, “Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untukmelatih Pemahaman Konsep Siswa”,Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 9,No. 2 Juni (2019),h 8
Aziz Alimul Hidayat, Menyusun Instrumen Penelitian & Uju Validitas Reliabilitas,Surabaya : Health Books Publishing: 2021h 11
Gito Suipriyaidi,Staististik Peineilitiain Peindidikain,Yogyaikairtai,UNY,2021
imam Machali,Metode Penelitian Kuantitatif,UIN Sultan Kalijaga,Yogyakarta, (2021) h.124
Ina Magdalena, Dkk,” Analisis Penggunaan Teknik Pretest Dan Posttest Pada Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran SDN Bojong 04
Irin,S.Pd, Guru Mata Pelajarann Matematika,Wawancara, pada tanggal 13 Januari 2025
Kementerian Agama RI, Al-qur’an Dan Terjemah (2019)
Meiri Mairwaih, Suinainih,Dkk, Peingairuih Meidiai Domino Maiteimaitikai Teirhaidaip Keimaiaindriain Dain Keiaiktifain Beilaijair Paiddai Maiteiri Peirkailiain Dain Peimbaigiain Di SDN Meidaingkaimuilyain, Juirnail Peindidikain 4 No. 2, 2023
Meiri Mairwaih, Suinainih,Dkk, Peingairuih Meidiai Domino Maiteimaitikai Teirhaidaip Keimaiaindriain Dain Keiaiktifain Beilaijair Paiddai Maiteiri Peirkailiain Dain Peimbaigiain Di SDN Meidaingkaimuilyain, Juirnail Peindidikain 4 No. 2, 2023
Nana, Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Cet, XI; Bandung Remaja Rosdakarya,(2008), h. 35.
Slamet Widodo,S.S, Dkk, Buku Ajar Metode Penelitian CV Science Techino Direct Perum Korpri,: Palagkalpinang:(2023) h 69
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D, (Bandung : Alfabeta, (2017) h. 227
Published
2025-10-15
How to Cite
khilmiah, N., Idris, H., & Nasiah, siti. (2025). Efektivitas Media Kartu Domat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Kelas III Min 2 Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 5(2), 1-12. https://doi.org/10.21093/bjpe.v5i1.11072