Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I dengan Media Buku Aku Bisa Baca di SD Islam Al Azhar 47 Samarinda

  • Lely Salmitha UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Naufa Dhiya Mutiah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Juhairiyah Juhairiyah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Media Buku, Aku Bisa Baca, kemampuan membaca

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah masih terdapat siswa di kelas I yang belum lancar dalam membaca. Demikian sekolah dan guru kelas I dituntut untuk ekstra dalam kegiatan pembelajarannya di kelas agar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswanya. SD Islam Al Azhar 47 Samarinda, guru melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan media buku Aku Bisa Baca dalam program literasi membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media buku Aku Bisa Baca dan faktor pendukung serta penghambat di SD Islam Al Azhar 47 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas I dan siswa kelas I A dan objek dalam penelitian ini buku Aku Bisa Baca. Hasil dari penelitian ini, bahwa pembelajaran membaca dengan mengimplementasikan media buku Aku Bisa Baca dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I,  dengan keseluruhan siswa kelas I yang berjumlah 80 siswa, dari penerapan buku Aku Bisa Baca terindikasi 69 siswa yang telah lancar dalam membaca. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa yang sudah lancar membaca tanpa mengeja dengan berbantuan buku Aku Bisa Baca.

References

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Indonesia, 2015.

Cahayani, Isah. BAHASA INDONESIA. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam Depatemen Pendidikan Agama Republik Indonesia, 2009.

Damaiyanti, Rizka, Hari Satrijono, Fajar Surya Hutama, Yuni Fitriyah Ningsih, and Ridho Alfarisi. ‘Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember Pada Masa Pembelajaran Daring’. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar 8, no. 2 (2021): 75.

Dihan, Wardah; Hidayat, Marzul; Nugraha, Ugi. ‘PENERAPAN METODE PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD’. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas 7, no. 1 (2015): 88–100.

FADILLAH, AMNI. ‘PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAYAH NEGERI PULAU KIJANG KECAMATAN RETEH’. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU, 2012.

Farida Rahim. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar Jilid I. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007.

Hartina. ‘Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SD Negri Romang Polong Tahun Pembelajaran 2018/2019’. Universitas Muhamaddiyah Makasar, 2018.

Kautsar Eka Wardhana. ‘Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar’. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, no. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, Vol. 1. No. 2, Maret 2022 (2022): 56–66. https://doi.org/10.21093/sijope.v1i2.4917.

Kautsar Wardhana, Ahmad Syafi’i, and Firnanda Putra. ‘Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash Dalam Pembelajaran Matematika’. Borneo Journal of Science and Mathematics Education 1, no. 1 (23 February 2021). https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/article/view/5905.

Mawarti, M.Basri. ‘Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD’. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) 3, no. 1 (14 November 2018): 451–61.

Musbikin, Imam. Pengetahuan Karakter Gemar Membaca, Integritas Dan Rasa Ingin Tahu. Jakarta: Nusamedia, 2021.

Norlaili. ‘Penggunaan Media Kartu Bergambar Dalam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di SD Negri 010 Palaran’. Institut Agama Islam Negeri Samarinda, 2019.

Nurgiyantoro, B. Sastra Anak Pengarantaran Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: GMU Press, 2018.

Nurhidayah, Siti. ‘Implementasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Islam Al Azhar 39 Purwakerto Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018’. IAIN Purwokerto, 2018.

Rahmawati, Dwi. Aku Bisa Baca. Jakarta: Papas Sinar Sinanti, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Jakarta, 2012.

Sumaryanta; Edi, P; Tina, A. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Sekolah Dasar ( SD ) Kelas Tinggi. Modul PKB. KEMENDIKBUD, 2017.

Yusuf, Munawir; Sunardi; Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2003.

Published
2022-10-24
How to Cite
Salmitha, L., Mutiah, N., & Juhairiyah, J. (2022). Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I dengan Media Buku Aku Bisa Baca di SD Islam Al Azhar 47 Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 2(3), 169-183. https://doi.org/10.21093/bjpe.v2i3.6209