Implementasi Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda

  • Muhammad Yamin Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
  • Alif Zulfa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
  • Ahmad Fadhel Syakir Hidayat Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
  • Lasman Lasman Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
  • Fathurrahman M Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
  • Muflih Agil Thariq Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
  • Yazid Fachri Alzidan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
Keywords: Implementasi, Metode Eklektik, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Peran sebuah metode tidak dapat diremehkan dalam proses pembelajaran, guru dituntut untuk dapat berinovasi dalam penyelenggaraan pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru bahasa arab dalam menerapkan metode eklektik pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data menggunakan metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan pengamatan kegiatan pembelajaran sehingga dalam hal ini penulis mengupayakan mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode eklektik dalam pembelajaran Bahasa Arab digunakan guru untuk mempermudah proses belajar-mengajar didalam kelas. Selain itu juga, metode eklektik dapat menggambarkan variasi metode mengajar bahasa Arab yang lebih efektif, sehingga siswa tidak cepat bosan dalam menerima materi yang diajarkan.

References

Ayatullah, Ayatullah. “Penerapan Metode Eklektik Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VI SDIT Anak Sholeh Mataram.” Palapa 4, no. 1 (2016): 149–67.
Fachrurrozi, Aziz, and Erta Mahyuddin. “Pembelajaran Bahasa Asing: Metode Tradisional Dan Kontemporer,” 2010.
Faizi, Mastur. “Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid.” Yogyakarta: DIVA press, 2013.
Hermawan, Acep, and Chaedar Alwasilah. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Hidayat, Ahmad Fadhel Syakir. “‘Al-Arabiyyah Baina Yadaik’ Textbook (An Evaluative Descriptive Analysis Study).” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2019.
Hidayat, Ahmad Fadhel Syakir, and Faradilla Zulvanni Anggraini. “العلاقة بين القدرة على قراءة القرآن بالقدرة على مهارة القراءة.” Shaut Al Arabiyyah 9, no. 1 (n.d.): 78–87.
Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Nisa, Ummu Khairin, Ahmad Fadhel Syakir Hidayat, Siti Kholifah Tunaimah, Nela Putri Yulianti, Muhammad Yoga Ananta Firdaus Firdaus, and Edy Rizki Mulyono. “Implementasi Metode Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda,” n.d.
Rifa’i, Ahmad. “Implementasi Thariqah Al Intiqaiyyah (Metode Eklektik) Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Mtsn Kediri 1.” Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam 13, no. 2 (2015): 162–72.
Published
2023-05-23
How to Cite
Yamin, M., Zulfa, A., Hidayat, A., Lasman, L., M, F., Thariq, M., & Alzidan, Y. (2023). Implementasi Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 3(2), 101-108. https://doi.org/10.21093/bjpe.v3i2.6391