Implementasi Metode Silent Way dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah DDI Loa Janan Samarinda
Abstract
Menentukan sebuah metode pembelajaran merupakan langkah awal dalam keberhasilan. Akan tetapi sebagian guru mendapati kesusahan dalam implementasi dan membuat metode tersebut semenarik mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru bahasa arab dalam menerapkan metode silent way pada siswa kelas IV MI DDI Loa Janan Samarinda. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Untuk pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Kemudian dalam analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa implementasi metode silent way dalam pembelajaran Bahasa Arab yang guru terapkan, untuk mempermudah proses belajar mengajar dalam pemberian mufrodat (kosakata). Metode silent way menggunakan variasi model dalam pembelajaran Bahasa Arab, Sehingga pembelajaran Bahasa Arab lebih efektif dan menjadikan siswa lebih aktif di dalam pembelajaran.
References
Al’Adawiyah, Dewi Robi’ah, and Fiqi Rihadatul Aisy. “The Silent Way: Membangun Kreatifitas Dalam Kemampuan Taqdimul Qisoh Bahasa Arab.” In International Conference of Students on Arabic Language, 3:164–83, 2019.
Arsyad, M Husni. “Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa.” Jurnal Shaut Al-Arabiyah 7, no. 1 (2019): 13–30.
Arifin, Zainul. Allughah Tharaiq Ta’limuha wa Ta’allimuha. Padang: Hayfa Press, 2008.
As Sa’di, Syekh Abdurrahman. Taisir Karimir Rahman fi Tafsir Kalamil Manan. Mesir: Dar Alamiyyah, 2005.
Baharudin, Pendidikan & Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.
Hidayat, Ahmad Fadhel Syakir. “‘Al-Arabiyyah Baina Yadaik’ Textbook (An Evaluative Descriptive Analysis Study).” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2019.
Hidayat, Ahmad Fadhel Syakir, and Faradilla Zulvanni Anggraini. “العلاقة بين القدرة على قراءة القرآن بالقدرة على مهارة القراءة.” Shaut Al Arabiyyah 9, no. 1 (n.d.): 78–87.
Indonesia, Menteri Agama Republik. “Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013, Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab.” Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam, 2013.
Junanah, Junanah. “Silent Way: Metode Pembelajaran Bahasa Arab Yang Mendorong Peserta Didik Lebih Kreatif, Mandiri, Dan Bertanggung Jawab.” El-Tarbawi 8, no. 1 (2014): 41–50.
Kaharuddin, Kaharuddin. “Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kemampuan Muhadatsah.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 1 (2018): 62–72.
Luthfiyah, Luthfiyah. “Penerapan Metode Silent Way Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Di MI. Miftahul Ulum Karang Semanding Balung: Indonesia.” Al-Ashr: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 5, no. 2 (2020): 53–68.
Oensyar, H M, and H Ahmad Hifni. “Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.” IAIN Antasari Press, 2015.
Saifuddin, Mahmud, and Muhammad Idham. Strategi Belajar Mengajar. Aceh: Syiah Kuala University Press, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitati. Bandung: Alfabeta, 2020.
Syamsiyah, Dailatus. “Arah Baru Belajar Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi.” AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 5, no. 2 (2016).