Implementasi Metode Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda

  • Ummu Khairin Nisa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
  • Ahmad Fadhel Syakir Hidayat Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda https://orcid.org/0000-0001-9747-7873
  • Muhammad Hammam Abdul Qoyyim Universitas Islam Madinah (UIM) Saudi Arabia
  • Aidillah Suja Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Siti Kholifah Tunaimah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
  • Nela Putri Yulianti Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
  • Muhammad Yoga Ananta Firdaus Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
  • Edy Rizki Mulyono Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
Keywords: Implementasi, Metode Qira'ah, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Objek dalam penelitian ini adalah guru MTS Negeri Samarinda dan siswi kelas VIII.6 MTS Negeri Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif untuk mengetahui bentuk implementasi metode qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTS Negeri Samarinda. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTS Negeri Samarinda berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dari pengamatan peneliti selama proses pembelajaran berlangsung, dimana kemampuan peserta didik dalam membaca teks qira’ah secara keseluruhan sudah cukup baik dan didasarkan pada pengamatan peneliti dimana saat peserta didik diminta membaca mereka mampu membacanya meski terdapat satu atau dua kata yang terbata-bata.

References

Ahmadi, Ahmadi. “Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Konvensional Hingga Era Digital.” Ruas Media, 2020.
H Syamsuddin Asyrofi, M M, Toni Pransiska, Mawi Khusni Albar, Nurul Ma’rifah, and Nur Afandi. Strategi Pembelajaran Elemen Bahasa Arab. Nusamedia, 2021.
Hidayat, Ahmad Fadhel Syakir. “‘Al-Arabiyyah Baina Yadaik’ Textbook (An Evaluative Descriptive Analysis Study).” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2019.
Hidayat, Ahmad Fadhel Syakir, and Faradilla Zulvanni Anggraini. “العلاقة بين القدرة على قراءة القرآن بالقدرة على مهارة القراءة.” Shaut Al Arabiyyah 9, no. 1 (n.d.): 78–87.
Irham, Muhammad. “Penerapan Metode Al Qiroah Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Pelajaran Bahasa Arab Di SMP.” An Naba 3, no. 1 (2020): 30–38.
Khoiriyah, Hidayatul. “Metode Qirā’ah Dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Berbahasa Arab Untuk Pendidikan Tingkat Menengah.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 10, no. 1 (2020): 32–44.
Kusuma, Alam Budi. “Pendekatan Dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab.” Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 1 (2018): 87–110.
Mustofa, Bisri, and M Abdul Hamid. “Metode Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab.” UIN-Maliki Press, 2016.
Mustofa, Syaiful. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. UIN-Maliki Press, 2011.
MZ, T G H Hudatullah. “Metode Diskusi Qiro’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Minat Belajar.” Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial 4, no. 1 (2019): 18–37.
Nurbayan, Yayan. “Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.” Bandung: Zein Al Bayan, 2008.
Rosyidi, Abdul Wahab, and Mamlu’atul Ni’mah. “Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab.” UIN-Maliki Press, 2011.
Published
2022-10-31
How to Cite
Nisa, U., Hidayat, A., Qoyyim, M., Suja, A., Tunaimah, S., Yulianti, N., Firdaus, M., & Mulyono, E. (2022). Implementasi Metode Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Borneo Journal of Language and Education, 2(2), 109-121. https://doi.org/10.21093/benjole.v2i2.5902