Identifikasi Telur Nematoda Usus Golongan Soil Transmitted Helminth (STH) Pada Anak Panti Sosial Dharma Samarinda

  • Nur Ifana Indriati Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Dwi Setiyo Prihandono Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Eka Farpina Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur

Abstract

Lebih dari 1,5 miliar orang atau sekitar 24% dari penduduk dunia mengalami infeksi Soil Transmitted Helminthes yang tersebar di daerah tropis dan subtropis. Lebih dari 267 juta anak usia prasekolah dan anak-anak usia sekolah tinggal di daerah dimana parasit ini secara intensif ditularkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang gambaran telur Nematoda Usus golongan STH pada Feses anak panti sosial perlindungan anak dharma Samarinda. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Responden pada penelitian ini adalah anak-anak panti sosial perlindungan anak dharma Samarinda. Sampel pada penelitian ini berjumlah 27 orang berjenis kelamin perempuan dan laki-laki dengan usia 7-15 tahun. Pemeriksaan mikroskopis dilakukan dengan menggunakan 2 metode yaitu sedimentasi dan flotasi. Dari hasil penelitian ini didapatkan  responden yang terinfeksi STH sebanyak 6 orang (22%) dan yang tidak terinfeksi sebanyak 21 orang (78%). Jenis yang ditemukan adalah Ascaris lumbricoides sebanyak 5 orang dan Hookworm sebanyak 1 orang.

 

Kata Kunci: Kecacingan., Nematoda usus, Soil Transmitted Helminthes  dan Telur nematoda usus

References

Agni, F. 2018. Identifikasi Telur Cacing STH (Soil Transmitted Helminth) Pada Daun Kemangi. Repository Doctoral dissertation Stikes Insan Cendekia Medika Jombang.

Aritonang, B. N. R. S. and Rezki, N. 2018. Identifikasi Telur Cacing Soil Transmitted Helminth (STH) Pada Murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 91 Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru. Jurnal Sains dan Teknologi Laboratorium Medik.

Aryawan 2019. Identifikasi Keberadaan Telur Cacing Usus Pada Lalapan Sayuran Kubis (Brassica oleracea) Di Warung Makan Pecel Lele Sepanjang Jalan Kaliurang KM 4 Kota Yogyakarta. Dspace Universitas Islam Indonesia.

Asri, U. M. and Basarang, M. 2020. Identifikasi Telur Cacing Nematoda Usus Pada Anak-Anak Yang Tinggal Di Daerah Kanal Kelapa Tiga Makassar. Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar.

Butarbutar 2017. Analisis Pemeriksaan Telur Cacing Pada Kotoran Kuku dan Danitasi Dasar Serta Perilaku Anak Sekolah Dasar di SD Negeri 091657 Bandar Manis Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun Tahun 2017. Universitas Sumatra Utara.

Dinas Kesehatan Kota Samarinda, 2016. Data Kecacingan.

Ginting. 2020. Hubungan Infeksi Cacing Soil Transmitted Helminthes (STH) Dan Indeks Massa Tubuh Pada Murid Laki-laki Sekolah Dasar. Repository Poltekkes Medan.

Kartika, M., Widagdo, L., & Sugihartono, A. 2016. Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku cuci tangan pakai sabun pada siswa Sekolah Dasar Negeri Sambiroto 01 Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip).

Kusumawardani 2018. Hubungan Sanitasi Lingkungan dengan Kejadian Infeksi Soil Transmitted Helminths (STH) pada Anak Sekolah Dasar di Kabupaten Jember. Repository Unej.

Maliya, A. and Susilaningsih, E. Z. 2016. Distribusi spasial kasus kecacingan (Ascaris lumbricoides) terhadap personal higine anak balita di Pulau Kodingareng Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar Tahun 2016. Jurnal Epidemiologi UIN Alauddin.

Mukkoddas. 2020. Identifikasi Parasit Nematoda Usus Pada Feses Sapi (Bos sp) di Pasar Margalela Kabupaten Sampang Madura. Doctoral dissertation Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Novianty, S., Syahril Pasaribu, H. and Pasaribu, A. P. 2018. Faktor Resiko Kejadian Kecacingan pada Anak Usia Pra Sekolah Risk Factors of Soil Transmitted Helminthes in Pre-School Children. Journal of The Indonesian Medical Assosiation,

Prabandari, A. S. et al. 2020. Prevalensi Soil Transmitted Helminths Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Semarang. Avicenna Journal of Health Research.

Renyaan. 2020. Identifikasi Telur Soil Transmitted Helminths (STH) Pada Kotoran Kuku PETANI Di Kelurahan Kaliwungu Kabupaten Jombang. Doctoral dissertation Stikes Insan Cendekia Medika Jombang.

Wijaya, N. H. et al.. 2016. Faktor Resiko Kejadian Infeksi Cacing Tambang pada Petani Pembibitan Albasia di Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Komunitas.

World Helath Organization, 2016. Soil Transmitted Helminths Infection.
Published
2022-11-10
How to Cite
Indriati, N. I., Prihandono, D., & Farpina, E. (2022). Identifikasi Telur Nematoda Usus Golongan Soil Transmitted Helminth (STH) Pada Anak Panti Sosial Dharma Samarinda. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 118-131. https://doi.org/10.21093/bjsme.v2i3.5921