Uji Angka Kapang pada Susu Kedelai Tanpa Merek yang Dijual di Kecamatan Palaran

  • Vivi Humairotul Afifah Poltekkes Kemenkes Kaltim
  • Suhartini Suhartini Universitas Islam negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Fitri Nur Rica Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
Keywords: Uji Angka Kapang, SNI 7388 Tahun 2009, Susu Kedelai

Abstract

Susu kedelai sangat baik dikonsumsi karena adanya kandungan gizi yang tinggi. Memiliki kandungan gizi yang tinggi menjadikan susu kedelai sebagai media pertumbuhan yang baik bagi penyebaran mikroorganisme khususnya kapang. Cemaran mikroorganisme pada susu kedelai dapat disebabkan oleh penanganan dan pengolahan susu yang tidak tepat. Adapun faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kapang pada susu kedelai adalah jumlah nutrisi, lama penyimpanan, kelembapan, suhu, dan pH. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah angka kapang pada susu kedelai yang dijual di Kecamatan Palaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 sampel. Penelitian dilakukan di Kecamatan Palaran dan pemeriksaan dilakukan di Laboratorium Bakteriologi Poltekkkes Kemenkes Kalimantan Timur untuk di analisa. Dari 21 sampel yang diperiksa didapatkan 19 sampel susu kedelai tanpa merek yang terkontaminasi kapang dan 2 sampel yang tidak terkontaminasi oleh kapang. Adapun Angka Kapang pada 103 koloni/ml. Diantaranya 11 sampel (52,4%) tidak memenuhi syarat dan 10 sampel (47,6%) 101 koloni/g.

References

Astuti, Sri Sulami Endah. (2017). Pertumbuhan Jamur Aspergillus Sp. pada Susu Kedelai Tidak Ber Merk yang Disimpan pada Suhu Lemari Es dan Suhu Kamar. Surabaya: Munas VIII Temu Ilmiah XX Patelki 2017. Hal: 37-42
Habullah, R., Fatimawali., Kojong, N. (2015). Analysis of Coliform Bacteria Contamination and Escherichia coli soy milk sold in Supermarkets of Manado city. Manado: Jurnal Ilmiah Farmasi. Vol 4(1). Halaman: 21.
Hafsan. (2011). Buku Ajar Mikrobiologi Umum. Makassar: Alauddin University Press.
Hardiny, D. F. R. (2018). Analisis Total Bakteri dan Total Koliform dalam Sari Kedelai selama Proses Penyimpanan pada Suhu Kamar dan Hubungannya dengan Pengetahuan Higieni Sanitasi Produsen (Dikembangkan Menjadi Media Buku Saku Untuk Masyarakat). (SKRIPSI). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.
Hastuti, U. S., Dipu, Y. V., & Mariyanti, M. (2011). Isolasi dan Identifikasi Mikoflora Kapang Kontaminan pada Kue Pia yang Dijual di Kota Malang. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 8, No. 1).
Khotib, B. N., Prasetyaningsih, Y., & Nadifah, F. (2015). Pengaruh Lama Penyimpanan Susu Kedelai dalam Lemari Es Terhadap Pertumbuhan Bakteri Psikrofilik. Journal of Health (JoH), 2(1), 37-41.
Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Maulidina, Lisa. 2020. Uji Total Cemaran Angka Kapang Pada Emping Melinjo (Gnetum gnemon. L) Di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie (SKRIPSI). Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Banda Aceh.
Nasional, Badan Standarisasi. (2009). SNI 7388: 2009. Batas Maksimum Cemaran Mikroba dalam Pangan. BSN, Jakarta.
Nasution, N. H. (2019). Analisa Eschericia coli Metode MPN pada Susu Kedelai yang Diperdagangka Di Pasar X Tembung Kabupaten Deli Serdang. (KTI). Jurusan Analis Kesehatan. Politeknik Kesehatan Kemenkes RI Medan. Medan.
Rachmatiah, T., Nafisah, N., & Sigoro, I. (2013). Cemaran Mikroba dan Kandungan Nutrisi Susu Kedelai Produksi Rumahan di Jakarta Selatan. Sainstech: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Sains dan Teknologi, 23(1).
Rais, S. W. (2019). Skrining Kapang Aspergillus spp. Penghasil Aflatoksin pada Produk Susu Olahan Kedelai Di Kota Kendari. Jurnal MediLab Mandala Waluya, 150- 154
Safrida, Y.D., Raihanato, R., & Ananda, A. (2019). Uji Cemaran Mikroba dalam Susu Kedelai Tanpa Merek Di Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh secara Total Plate Count (TPC). Jurnal Serambi Engineering, 4(1), 364-371
Santri, S., Nuryanti, S., & Naid, T. (2015). Analisis Mikrobiologi Beberapa Susu Kedelai Tanpa Merek yang Beredar Di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmiah As- Syifaa, 7(2), 130-138.
Simbolon, A. U. (2021). Uji Angka Kapang Khamir pada Jamu Temulawak Kemasan Instan (SKRIPSI). Fakultas Farmasi. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwarno, E., 2009. Fenomenologi: Metode Penelitian Komunikasi : Konsepsi Pedoman dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjadjaran.
Thearesti, C. S. (2015). Uji Angka Kapang Khamir dan Identifikasi Escherechia Coli dalam Jamu Kunyit Asam dari Penjual Jamu di Wilayah Ngawen Klaten. (SKRIPSI). Fakultas Farmasi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Trifena, Priskila. (2021). Review Kualitas Mikrobiologi Susu Kedelai Industri Rumah Tangga (IRT) yang Beredar Di Indonesia. (SKRIPSI). Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Katolik Seogijapranata. Semarang.
Published
2023-06-18
How to Cite
Afifah, V., Suhartini, S., & Rica, F. (2023). Uji Angka Kapang pada Susu Kedelai Tanpa Merek yang Dijual di Kecamatan Palaran. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 3(2), 70-80. https://doi.org/10.21093/bjsme.v3i2.6240