Membangun Literasi Lingkungan dengan Menerapkan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di TK Nasional KPS Balikpapan
Abstract
Pembiasaan sederhana mengklasifikasikan sampah sesuai jenisnya, membuang sampah pada tempatnya, mengambil sampah yang dilihat di sekitar akan membentuk karakter cinta lingkungan pada anak. Di TK Nasional KPS ikut berupaya mengurangi sampah dengan 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle). Penerapan 3R dilakukan sebagai kegiatan pembiasaan untuk anak. Berdasarkan grafik pengamatan pada hari 1- 41, hari ke 2-40, hari ke 3-44 hari ke 4-42, hari ke 5-43. Konsistensi anak membawa botol dari rumah sudah tampak dan hal ini menjadi budaya sekolah. Berdasarkan pengamatan pada setiap kelas, anak-anak sudah mengerti cara membuang sampah yang benar. Anak sudah memiliki pemahaman untuk membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah. Membangun 3R sejak dini di TK Nasional KPS dilakukan melalui kegiatan pembiasaan baik yang dilakukan oleh guru atau orang dewasa yang ada di sekitar anak, kemudian menjadi contoh bagi anak. Sebaiknya untuk menerapkan 3R di sekolah guru diperlukan dukungan dari warga sekolah dan orang tua murid.
References
Ahmad Ridho, Kautsar Eka Wardhana, Ayu Sasadila Yuliana, Ikhwan Nuur Qolby, and Zalwana Zalwana. ‘Implementasi Pendidikan Multikutural Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Era Society 5.0’. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 7, no. 3 (31 December 2022). https://doi.org/10.21462/educasia.v7i3.131.
Amri, Choirul, and Wahyu Widyantoro. ‘Pendampingan Pembelajaran Memilah Dan Menempatkan Sampah Pada Tempatnya Sejak Usia Dini Di TK Imbas 1’. International Journal of Community Service Learning 1, no. 3 (14 December 2017): 121–26. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i3.12598.
Cahyaningrum, Eka Sapti, Sudaryanti Sudaryanti, and Nurtanio Agus Purwanto. ‘PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN’. Jurnal Pendidikan Anak 6, no. 2 (22 December 2017): 203–13. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.
Fitri. ‘Kepedulian Lingkungan Melalui Literasi Lingkungan Pada Anak Usia Dini’, n.d.
Fitri, Reni. ‘PENERAPAN METODE 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) UNTUK MENSTIMULASI KREATIVITAS PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A TK DHARMA WANITA 1 PURWOSARI - Umpo Repository’. Accessed 15 December 2022. http://eprints.umpo.ac.id/8672/.
Fuad, M. Arif Zainul, and Muhammad Musa. ‘Pengenalan Bidang Kemaritiman Sejak Usia Dini melalui Pembelajaran Tematik Kelautan pada Siswa Taman Kanak Kanak’. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi 22, no. 2 (30 June 2017): 93–104.
Habe, Hazairin, and Ahiruddin Ahiruddin. ‘Sistem Pendidikan Nasional’. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis 2, no. 1 (2017): 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48.
Indriyani, Syavira, Afandi Afandi, and Eko Sri Wahyuni. ‘Literasi Lingkungan Dan Kesadaran Lingkungan : Potensi Dan Tantangan Dalam Pendidikan Abad 21’. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2020, no. March (2020): 239–45.
Kautsar Eka Wardhana. ‘Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar’. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, no. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, Vol. 1. No. 2, Maret 2022 (2022): 56–66. https://doi.org/10.21093/sijope.v1i2.4917.
Khaironi, Mulianah. ‘Pendidikan Karakter Anak Usia Dini’. Jurnal Golden Age 1, no. 02 (29 December 2017): 82–89. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546.
KLHK. ‘Status Lingkungan Hidup Dan Kehutanan 2020’, 2020, 14–50.
Kurniati, Agusta, Daniel Dike, and Lusila Parida. ‘Pengembangan Literasi Lingkungan Untuk Membangun Sekolah Sehat Dan Hijau Di SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang’. Jurnal Abdidas 2, no. 2 (2021): 223–30. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.243.
Maulana, Fikri, and Jamil Abdul Aziz. ‘Urgensi Penanaman Literasi Lingkungan Pada Anak Usia Dini’. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak 2, no. 01 (6 July 2022): 1–12. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i01.690.
Mengenalkan, Dalam, and Kearifan Lokal. ‘Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 Nomor I, Edisi Januari – Juni 2019’ 4 (2019): 95–113.
Muliyana, Muliyana, and Kautsar Eka Wardhana. ‘Meningkatan Kemampuan Berbahasa Dengan Bermain Peran Pada Anak Usia Dini’. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal 1, no. 2 (2022): 125–34.
Pendidikan, Hakikat, and Taman Kanak-kanak. ‘Hakikat Pendidikan Dan Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak’, n.d., 1–28.
Raharjo, Sigit. ‘HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERSEDIAAN FASILITAS DI SEKOLAH DALAM PENERAPAN PHBS MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA’, n.d.
Razak, Abdul, Siti Nasiah, Kautsar Eka Wardhana, Indriana Rahmawati, Diva Ramadhan, and Munirohwati Munirohwati. ‘Diseminasi Pembelajaran Mikir Di Madrasah Ibtidaiyah’. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2022): 13–16.
Rohmalina, Rohmalina. ‘“3R“ (Reduce, Reuse, Recycle) “SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN PAUD DALAM MENYONGSONG INDONESIA BEBAS SAMPAH DI PAUD SIAGA KOTA CIMAHI”’. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung 2, no. 2 (6 June 2017): 43–53. https://doi.org/10.22460/ts.v2i2p43-53.333.
Suci, Widya. Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press, 2020.
Suryaalamsah, Inne Indraaryani, Rosyanne Kushargina, and Megah Stefani. ‘“GEREBEK SEKOLAH” (GERAKAN MEMBAWA BEKAL MAKAN DAN MINUM KE SEKOLAH) SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN GIZI MURID SDN PESANGGRAHAN 02 JAKARTA SELATAN’. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, no. 0 (7 December 2019). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/5393.
UPAYA MENGURANGI TIMBULAN SAMPAH PLASTIK DI LINGKUNGAN. ‘UPAYA MENGURANGI TIMBULAN SAMPAH PLASTIK DI LINGKUNGAN’ 8 (2016): 1–8.
اصل, وحید حدادی؛وحید کریم خانی. ‘No Title مقدمه ایی بر کاربرد فناوری در پلیمرها’, 1386.