Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Kegiatan Ice Breaking Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Iman Samarinda

  • Afifah Afifah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Asty Rastiya Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nafi'ah Nafi'ah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sabaniah Sabaniah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Kautsar Eka Wardhana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: konsentrasi anak, ice breaking

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kegiatan ice breaking di TK Nurul Iman Samarinda meningkatan konsentrasi belajar anak. TK Nurul Iman Samarinda menjadi lokasipenelitian proyek Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ada tiga metode untuk mengumpulkan data yaitu: dokumntasi, wawancara, dan observasi. Peserta didik berjumlah 20 anak dengan 13 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Dalam enelitian ini dilaksanakan 1 siklus dalam 2 kali pertemuan. Kegiatan ice breaking menggunakan indicator: melakukan koordinasi gerakan mata, kaki, tangan dan kepala dalam menirukan tepuk ice breaking serta menstimulus motorik anak, anak-anak mengekspresikan dengan bernyanyi sambil bertepuk tangan, menyanyikan lagu dengan sikap yang benar, mengenal perasaan sendiri (emosi) yang perlu di lakukan saat bosan dan mengendalikan diri secara wajar, mengembalikan konsentrasi anak dalam belajar. Sebelum melakukan tindakan atau prasiklus, konsentrasi anak masih 40% dan setelah melakukan tindakan, konsentrasi anak mulai meningkat pada siklus 1 menjadi 95%. Oleh karena itu, kegiatan ice breaking ini dapat membantu anak-anak di TK Nurul Iman Samarinda dalam memberiakan perhatian lebih baik.

References

Adiansa, Nadila, and Retno Wulandari. "Kegiatan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Fokus Belajar Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 2.2 (2023): 187-190.
Afdhal Ilahi, Tarmizi Maraguna, Nurbaiti, Monica Theresia, (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Temantik Menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example Kelas V SD Negeri 200302 Padang Sidimpuan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 3(2), 10, https://media.neliti.com/media/publications/556361-upaya-meningkatkan-konsentrasi-belajar-t-8c19de54.pdf
Amalia, A. (2020). Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 8(1), 75-85.
Hidayat, R., & Abdillah, A. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori Dan Aplikasinya.
Izzah, L., Adhani, D. N., & Fitroh, S. F. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2).
Kusumawardani, S., & Larasati, A. (2020). Analisis Konsumsi Air Putih Terhadap Konsentrasi. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 4(2), 91-95.
Puspita, Y. (2023). Implementasi Ice Breaking untuk Menciptakan Kesiapan Belajar dan Pembelajaran Yang Menyenangkan pada Anak Usia Dini. Journal on Education, 5(4), 11758-11766.
Rahmah Novianti1, Dinda Marega2, Desvi Wahyuni (2022). Permainan Melatif Konsentrasi Anak: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia dini 1(6), 4 https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/13292/4933.
Ratnasari, Erma, and Muhamad Ali. "Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Icebreaker Pada Anak Usia 4-5 Tahun." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 5.12.
Rifa'i, A. A. (2018). Pendidikan Anak dalam Islam: Upaya Mempersiapkan Generasi Masa Depan Berakhlak Mulia. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(2), 73-88.
Riinawati, (2020). "Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid – 19 Sstudi Kasus SDN Karang Mekar 4 Banjarmasin)", https://idr.uin-antasari.ac.id/18155/1/monograf%20hubungan.pdf.
Riinawati, (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(3), 2306, ttps://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/886
Sinar, S., Tone, K., & Latief, A. (2020). Persepsi Guru Terhadap Metode Ice Breaking Di SMP Negeri 5 Campalagian. Journal Peqguruang, 2(2), 484-489.
Syafrudin, U., & DRUPADI, R. D. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Baca Tulis Hitung untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Syahruddin, M. M., & Effendy, R. (2022). Penggunaan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 179-186.
Annisa Qomariah, Avrizal Abdillah, Nurul Hikmah (2023). Kegiatan Ice Breaking Sebagai Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar: JPKPM, 1(3), 107.
Leta Marzatifa, Inayatillah, Maya Agustina (2021). Ice Breaking: Implementasi, Manfaat dan Kendalanya untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 2(4), 163).
Akhmad Afnan Fajarudin, Ahmad Samsudi, Ni'mah Lailatul Mas’adah (2021). Teknik Ice Breaking Sebagai Penunjang Semangat Dan Konsentrasi Siswa Kelas 1 Mi Nurul Islam Jatirejo: Jurnal Administrative Science, 2(2), 153.
Annisa Dio Ismi, Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti, Ismatul Khasanah (2021). Penggunaan “Ice Breaking” Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini: Jurnal Wawasan Pendidikan, 1(2), 198.
Feby Puspitasari, Ismail Marzuki (2023). Implementasi Penerapan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Iii Upt Sdn 52 Gresik: Community Development Journal, 2(4), 5405.
May Muna Harianja, Sapri (2022). Implementasi dan Manfaat Ice breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar: Jurnal Basicedu, 1(6), 1325.
Hanim Aulia Maghfiroti, Fenny Roshayanti, Husni Wakhyudin, Darsimah (2023). Implementasi Ice Breaking Untuk Menjaga Konsentrasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sd Sendangmulyo: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(4), 170.
Published
2023-07-11
How to Cite
Afifah, A., Rastiya, A., Nafi’ah, N., Sabaniah, S., & Wardhana, K. (2023). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Kegiatan Ice Breaking Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Iman Samarinda. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(2), 71-81. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i2.7550