Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dengan Bermain Peran pada Anak Usia Dini

  • Muliyana Muliyana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Kautsar Eka Wardhana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Bermain Peran, Kemampuan Berbahasa

Abstract

Perkembangan pada anak usia dini akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak yang akan datang, dalam setiap aspek perkembangan saling berhubungan dalam proses perkembangan anak. Salah satu aspek perkembangan anak ialah bahasa, bahasa sebagai sarana komunikasi yang berisikan pikiran dan perasaan dalam menyampaikan informasi kepada orang lain. Bermain merupakan sarana dalam belajar bagi anak dapat mengenal lingkungannya dan suatu kebutuhan yang paling penting bagi anak terlebih khusus pada anak usia dini, dengan bermain anak akan mampu memenuhi seluruh kebutuhan aspek perkembangan baik itu perkembangan kognitif, efektif, sosial, emosi, motorik, dan bahasa. Bermain peran anak akan dapat menambah bahasa karena terjadinya suatu interaksi antara mereka ketika mereka bermain peran. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian bahwa meningkatkan kemampuan berbahasa dengan bermain peran yaitu, bermain peran yang sering dilakukan oleh anak-anak TPA (Tempat Penitipan Anak) PAUD Wafa Humaira dapat menambah kemampuan berbahasa anak itu terbuktikan dari penyampaian orang tua kepada pengasuh tentang anaknya dapat berbicara banyak dirumah dan kata baru yang disebutkan anak. Kemudian faktor pendukung dalam perkembangan bahasa yaitu faktor kognitif dan faktor lingkungan luar/sosial.

References

Ahmad, Fahry .”Pengertian Anak Usia Dini”. https://www.amesbostonhotel.com/pengertian-anak-usia-dini/, diakses pada tanggal 27 Desember 2022

Ariyanti, Tatik. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak”. (Jurnal: Dinamika Pendidikan Dasar. Volume 8. No. 1. 2016).

Aulina, Choirun Nisak. “Pengaruh Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini”. (Jurnal: PG-PAUD Trunojoyo. Volome 1. Nomor 1. April 2014).

Azhari, Supian. “Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita di Lembaga PAUD Meraje Gune”. (Jurnal: WISDOM. Volume 02. No. 2. Desember 2021)

Fitrah, Muh. dan Luthfiyah. ”Metodologi Penelitian”. (Sukabumi: CV Jejak. 2017).

Khaironi, Mulianah. “Perkembangan Anak Usia Dini”. (Jurnal: Golde Age Hamzanwadi University. Volume 3. No. 1. Juni 2018).

Kurniati, Erisa. “Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran”. (Jurnal: Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Volume.17 No.3 Tahun 2017).

Karim, Muhammad Busyro. “Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif”. (Jurnal: PG-PAUD Trunojoyo. Volume 1. Nomor 2. Oktober 2014).

Pratiwi, Wiwik. “Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini”. (Jurnal: TADBIR, Volume 5. No. 2. 2017).

Sumiyati. “Mengenal Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini”. (Jurnal: Al Athfal. Volume 1. No. 1. 2018).

Sudaryono. “Metode Penelitian Pendidikan”. (Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama. 2016).

Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan”. (Bandung: Alfabeta. 2015).

Sugiyono. “Metode Penelitian Manajemen”. (Bandung: Alfabeta. 2016).

Salim dan Haidir. “Penelitian Pendidikan”. (Jakarta: Kencana. 2019).

Wardhana, Kautsar Eka. ‘Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar’. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 2022, 56–66.

Zahroh, Shofiyatus dan Na’imah. “Peran lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Jogja Green School”. (Jurnal: PG-PAUD. Volume 7. Nomor 1. April 2020).

Published
2022-12-30
How to Cite
Muliyana, M., & Wardhana, K. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dengan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1(2), 115-124. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bocah/article/view/5704

Most read articles by the same author(s)