Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa Kelas VIII-2 Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Balikpapan pada Materi Mobilitas Sosial dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture

  • Katiman Katiman Kementerian Agama Kota Balikpapan
Keywords: Minat, Pemahaman, Model Pembelajaran Picture and Picture

Abstract

Di antara model pembelajaran yang diantara model pembelajaran yang kerap digunakan oleh seorang guru bidang studi IPS adalah picture and picture berdasarkan pantauan penulis peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran lebih terpacu semangat belajarnya jika seorang guru dapat mengemas materi ajar nya dengan menggunakan beragam model pembelajaran, begitu juga halnya dengan siswa kelas VII-2 di MTs Negeri Balikpapan. Dalam penelitian kali ini, penulis mencoba untuk membuat penelitian tindakan kelas dalam bentuk eksperimental dengan mewujudkan model pembelajaran picture and picture pada materi pembelajaran mobilitas sosial dengan menggunakan media gambar kelas VII-2 di MTS Negeri 1 Balikpapan. Adapun  tujuan dari PTK ini yaitu untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa kelas VIII-2 MTs Negeri 1 Balikpapan pada materi mobilitas social dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture.

References

A., Suprijono, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
D., Leater Decroph & Aliance Croph. D., Psikologi Pendidikan, Terjemah Z. Kasijan Surabaya: Bina Ilmu, 1984.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1999.
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini, Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional, Yogyakarta: Teras, 2012.
Ghasya, Dyoti Auliya Vilda, “Urgensi Pengembangan Dimensi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat dalam Menghadapi Tantangan Era Globalisasi”, Jurnal VISIPENA, Volume VII Nomor 2, 2016.
Hanafiah dan Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: Refika Aditama, 2012.
Iska, Zikri Neni, Psikologi Pengantar Pemahaman Diri dan Lingkungan, Jakarta: Kizi Brother’s, 2006.
Istarani, Model Pembelajaran Inovatif Referensifi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran, Medan: Media Persada, 2011.
Khanifatul, Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
M. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remadja Karya, 1984.
Muhaimin, et. al, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalitas Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta. 1995.
Sudja’i, Achmad, Pengembangan Kurikulum, Semarang: AKFI Media, 2013.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 1995.
Sunaryo, Wowo dan Kuswana, Taksonomi Kognitif, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2014.
Supriadie, Didi dan Deni Dermawan, Komunikasi pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Suprijono,Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Published
2018-06-01
How to Cite
Katiman, K. (2018). Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa Kelas VIII-2 Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Balikpapan pada Materi Mobilitas Sosial dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture. FENOMENA, 10(1), 95 - 108. https://doi.org/10.21093/fj.v10i1.2492