Pengaruh Kualitas Jasa Perguruan Tinggi terhadap Loyalitas Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Dian Nuswantoro Semarang
Keywords:
Kualitas, Kepuasan, Loyalitas, Kepercayaan
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang dihadapi oleh pihak universitas yang menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang pada semester I, II dan III yang menunjukkan ketidakloyalan mahasiswa pada Universitas Dian Nuswantoro Semarang, terutama pada Program Studi Ekonomi Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) pengaruh kualitas jasa terhadap kepercayaan, (b) pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan mahasiswa, (c) pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan mahasiswa, (d) pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas, (e) pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas, (f) pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa di Program Studi Ekonomi Syariah berjumlah 119 orang. Seluruh data yang diperoleh selanjutnya digunakan untuk analisis data. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan pemilihan responden dengan random sampling. Populasi yang dipilih berdasarkan kriteria adalah mahasiswa aktif pada Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang telah melakukan registrasi semester 1 hingga semester 3. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kualitas jasa terhadap kepercayaan menunjukkan nilai koefisien positif dengan nilai C.R=2.490 dengan probabilitas 0.013, pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan dengan nilai C.R=2.788 dengan probabilitas 0.005, pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan dengan nilai C.R=5.015, pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas dengan nilai C.R=2.649 dengan probabilitas 0.008, sedangkan pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas dengan nilai C.R=2.030 dan probablitas 0.042, dan pengaruh kepuasan terhadap loyalitas adalah 2.723 dengan probabilitas 0.006. Bahwa kualitas jasa perguruan tinggi berpengaruh positif terhadap loyalitas mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Dian Nuswantoro Semarang.References
Alma, Buchari, 2003, Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan, Cetakan Kedua, Maret 2005, Alfabeta, Bandung
Ashbaugh, J.L. 2003. The Hard Case for Soft Skills and Retention. Healthcare Executive, 18 (3), 59-60
Auh, S. 2005. The Effects of Soft and Hard Service Attributes on Loyalty: the Mediating Role of Trust. Journal of Services Marketing, 19 (2), 81-92
Bebko, P.C. 2001. Service Encounter Problems: Which Service Providers Are More Likely to be Blamed?. Journal of Service Marketing, 15 (6), 480-495
CPA Consultant , 2004, The Soft Side of Internal Controls. CPA Consultant, 17 (4), 1-4
Cullen, J.B., Johnson, J.L. and Sakano, T. 2000. Success through commitment and trust: The soft side of strategic alliance management. Journal of World Business, 35 (3), 223
Driver, C. and Johnston, R. 2001. Understanding Service Customers The Value of Hard and Soft Attributes. Journal of Service Research, 4 (2), 130-139
Dunkel, L. 2007. The Soft Stuff Is the Hard Stuff. Leadership Excellence, 24
(7), 14-15
Freddy, Rangkuti, 2006. Measuring Customer Satisfaction, (Teknik Mengukur dan Strategy Meningkatkan Kepuasan Pelanggan), serta Analisis PLN JP, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Gilmore, A. 2008. Educating to Ensure Soft Skills. Certification Magazine. http://www.certmag.com/read.php? in=3321. Diakses tanggal 12 Juni 2020
Hennig-Thurau, T., Langer, M.F. and Hansen, U. 2001. Modeling and Managing Student Loyalty: An Approach Based on the Concept of Relationship Quality. Journal of Service Research, 3 (4), 331-345
Kotler, Phillip, 2006, Manajemen Pemasaran (terjemahan), Jakarta: Pearson Education Asia Pte LtdKuhl dan Beckman (1985)
Nugroho, Raden Arief. 2018. The Implementastion of Teaching-Learning Cycle in English for Hotels Training : A Case Study. The Journal of Asian Tefl 3(2).
Nugroho, Raden Arief. 2013. The Use Microstrategies in Students Transalation : A Study on Classroom Transalation Process and Product. Journal of Linguistics, 2(1).
Nye, J.S. Jr, 2008. Soft Power: Mix it with Hard Power. Leadership Excellence, 25 (4), 10
Palmatier, R.W., Dant, R.P., Grewal, D. and Evans, K.R. 2006. Factors Influencing the Effectiveness of Relationship Marketing: A Meta Analysis. Journal of Marketing,70, 136–153
Paranoan, Natalia. 2003. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Atas Kualitas Pelayanan yang Diterima pada Lembaga Pendidikan Tinggi di Yogyakarta dan Makasar. Thesis, Program Pasca Sarjana, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta
Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L.L. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication for Futura Research. Journal of Marketing, 49 (Fall), 41- 50.
Septemuryantoro, Syaiful Ade. 2017. Potensi Wisata Budaya Jalur Gula dalam Menunjang Kenaikan Kunjungan Tamu Hotel di Kota Semarang. Jurnal LITE 13 (2)
Septemuryantoro, Syaiful Ade dan Dima CC. 2018. Pembelajaran Wisata MICE (Meeting Incentive, Conference and Exhibition) untuk menciptakan SDM MICE di Kalangan Mahasiswa Perhotelan Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.
Septemuryantoro, Syaiful Ade dan AH Lewa. 2019. Using Class Discussion to Increase the Interest of Hospitality Management Students in Learning MICE Subject in Hotel Management Study Program of Universitas Dian Nuswantoro. Journal of Structural.Semarang.
Sirdeshmukh, D., Singh, J. and Sabol, B., 2002. Consumer Trust. Value. and Loyalty in Relational Exchanges. Journal of Marketing, 66, 15-37
Sumarwan Ujang, 2002, Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Cetakan Pertama. Ghalia Indonesia. Jakarta
Supranto, J, 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk meningkatkan Pangsa Pasar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Voss, G.B., Parasuraman, A. and Grewal, D. 1998. The Roles of Prince. Performance. and Expectations in Determining Satisfaction in Service Exchanges. Journal of Marketing, 62(2), 46-61
Zeithaml, Bitner and Gremler, 2006, The desired teaching qualities of lecturers in higher education: a means end analysis. Quality Assurance in Education Vol. 14 No. 3, 2006 pp. 217-242
Ashbaugh, J.L. 2003. The Hard Case for Soft Skills and Retention. Healthcare Executive, 18 (3), 59-60
Auh, S. 2005. The Effects of Soft and Hard Service Attributes on Loyalty: the Mediating Role of Trust. Journal of Services Marketing, 19 (2), 81-92
Bebko, P.C. 2001. Service Encounter Problems: Which Service Providers Are More Likely to be Blamed?. Journal of Service Marketing, 15 (6), 480-495
CPA Consultant , 2004, The Soft Side of Internal Controls. CPA Consultant, 17 (4), 1-4
Cullen, J.B., Johnson, J.L. and Sakano, T. 2000. Success through commitment and trust: The soft side of strategic alliance management. Journal of World Business, 35 (3), 223
Driver, C. and Johnston, R. 2001. Understanding Service Customers The Value of Hard and Soft Attributes. Journal of Service Research, 4 (2), 130-139
Dunkel, L. 2007. The Soft Stuff Is the Hard Stuff. Leadership Excellence, 24
(7), 14-15
Freddy, Rangkuti, 2006. Measuring Customer Satisfaction, (Teknik Mengukur dan Strategy Meningkatkan Kepuasan Pelanggan), serta Analisis PLN JP, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Gilmore, A. 2008. Educating to Ensure Soft Skills. Certification Magazine. http://www.certmag.com/read.php? in=3321. Diakses tanggal 12 Juni 2020
Hennig-Thurau, T., Langer, M.F. and Hansen, U. 2001. Modeling and Managing Student Loyalty: An Approach Based on the Concept of Relationship Quality. Journal of Service Research, 3 (4), 331-345
Kotler, Phillip, 2006, Manajemen Pemasaran (terjemahan), Jakarta: Pearson Education Asia Pte LtdKuhl dan Beckman (1985)
Nugroho, Raden Arief. 2018. The Implementastion of Teaching-Learning Cycle in English for Hotels Training : A Case Study. The Journal of Asian Tefl 3(2).
Nugroho, Raden Arief. 2013. The Use Microstrategies in Students Transalation : A Study on Classroom Transalation Process and Product. Journal of Linguistics, 2(1).
Nye, J.S. Jr, 2008. Soft Power: Mix it with Hard Power. Leadership Excellence, 25 (4), 10
Palmatier, R.W., Dant, R.P., Grewal, D. and Evans, K.R. 2006. Factors Influencing the Effectiveness of Relationship Marketing: A Meta Analysis. Journal of Marketing,70, 136–153
Paranoan, Natalia. 2003. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Atas Kualitas Pelayanan yang Diterima pada Lembaga Pendidikan Tinggi di Yogyakarta dan Makasar. Thesis, Program Pasca Sarjana, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta
Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L.L. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication for Futura Research. Journal of Marketing, 49 (Fall), 41- 50.
Septemuryantoro, Syaiful Ade. 2017. Potensi Wisata Budaya Jalur Gula dalam Menunjang Kenaikan Kunjungan Tamu Hotel di Kota Semarang. Jurnal LITE 13 (2)
Septemuryantoro, Syaiful Ade dan Dima CC. 2018. Pembelajaran Wisata MICE (Meeting Incentive, Conference and Exhibition) untuk menciptakan SDM MICE di Kalangan Mahasiswa Perhotelan Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.
Septemuryantoro, Syaiful Ade dan AH Lewa. 2019. Using Class Discussion to Increase the Interest of Hospitality Management Students in Learning MICE Subject in Hotel Management Study Program of Universitas Dian Nuswantoro. Journal of Structural.Semarang.
Sirdeshmukh, D., Singh, J. and Sabol, B., 2002. Consumer Trust. Value. and Loyalty in Relational Exchanges. Journal of Marketing, 66, 15-37
Sumarwan Ujang, 2002, Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Cetakan Pertama. Ghalia Indonesia. Jakarta
Supranto, J, 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk meningkatkan Pangsa Pasar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Voss, G.B., Parasuraman, A. and Grewal, D. 1998. The Roles of Prince. Performance. and Expectations in Determining Satisfaction in Service Exchanges. Journal of Marketing, 62(2), 46-61
Zeithaml, Bitner and Gremler, 2006, The desired teaching qualities of lecturers in higher education: a means end analysis. Quality Assurance in Education Vol. 14 No. 3, 2006 pp. 217-242
Published
2020-12-01
How to Cite
Lewa, A. (2020). Pengaruh Kualitas Jasa Perguruan Tinggi terhadap Loyalitas Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Dian Nuswantoro Semarang. FENOMENA, 12(2), 161 - 182. https://doi.org/10.21093/fj.v12i2.2795
Section
Articles
Copyright (c) 2020 FENOMENA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.