Pelaksanaan Pembelajaran PAI Di SMA Tahfidz Al-Izzah Samarinda

  • Uswandi Uswandi Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: pelaksanaan, pembelajaran, PAI

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah salah satu mata pelajaran terpenting untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu insan yang beriman serta bertaqwa terhadap yang kuasa yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur. Maka sudah seharusnyalah pemerintah dan lembaga pendidikan memberikan perhatian serius terhadap pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama termasuk PAI  demi tercapainya tujuan pendidikan nasional. Namun kenyataannya, hingga kini tetap saja porsi waktu untuk PAI yang merupakan garda terdepan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional masih sangat minim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Tahfidz Al-Izzah Samarinda yang memberikan pembinaan tambahan diluar pembelajaran PAI sesuai kurikulum K13. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Tahfidz Al-Izzah Samarinda. Penelitian dilakukan selama 4 bulan yakni mulai bulan maret-juni 2022. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI di SMA Tahfidz Al-Izzah Samarinda telah berjalan dengan sangat baik bahkan dipraktekkan dalam aktifitas sehari-hari baik di kelas, asrama, masjid maupun lingkungan masyarakat sekitar. Faktor pendukung: Siswa berasrama, guru PAI yang telah memberikan keteladanan dengan baik dan dukungan yayasan sebagai pemilik sekolah. Faktor penghambat: konsistensi pengasuh asrama yang fluktuatif, libur sekolah yang membuat siswa banyak kembali pada kebiasaan lama.

References

Agustin, Q. R. D. (2018). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 3 SUBTEMA 2 KELAS 3 SDLB SUMBER DHARMA MALANG. In umm.ac.id.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. I. (2016a). pe.lak.sa.na.an. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pelaksanaan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. I. (2016b). pem.bel.a.jar.an. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pembelajara
Chairunnisa, D., A, T. S., & Firmansyah, M. I. (2020). Implementasi Permendikbud no 22 Tahu 2016 Tentang Standar Proses dalam Pembelajaran pai di smp Inovatatif AL-IBDA’. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 53–64. https://ejournal.upi.edu/index.php/taklim/article/view/32819
Firmansyah, Iman, M. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.
Masunah. (2016). Implementasi Pemahaman Surat Al-Ikhlas dalam Penanaman Nilai Tauhid Pada Anak Usia Dini. Studia Didkatika, 10(2), 104–117.
Miftah Syarif. (2017). Penguatan Pendidikan Agama Islam (Pai) Sebagai Kurikulum Inti Di Sekolah. Jurnal Pigur, Volum 02,(March), 194–202.
Oramas, C. V., Keluarga, D. D., & Oramas, C. V. (2016). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 2016.
Presiden Republik Indonesia. (2003). UU Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan NASIONAL. Pusdiklat Perpusnas, 18(1), 6.
Published
2023-08-07
How to Cite
Uswandi, U. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran PAI Di SMA Tahfidz Al-Izzah Samarinda. FENOMENA, 14(1), 1-10. https://doi.org/10.21093/fj.v14i1.4843