Implementasi dan Evaluasi Metode Pakistani dalam Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an di SMA Tahfidz Al Izzah Samarinda

  • Firlita Silvianti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Romelah Romelah Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Implementasi, Evaluasi, Pembelajaran Tahfidz, Metode Pakistani

Abstract

Hukum menghafal Al Quran adalah fardhu kifayah, sedang menjaga hafalan merupakan fardu ain. Namun dengan semakin maraknya program tahfidz di sejumlah lembaga pendidikan islam tidak menjamin para siswa yang telah menghafal bisa menjaga hafalanya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tahfidz al quran dengan metode Pakistani dan evaluasinya yang dilakukan di SMA Tahfidz Al Izzah Samarinda Kalimantan Timur untuk meningkatkan kualitas dan kekuatan hafalan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus, sedangkan lokasi penelitian ini di SMA Tahfidz Al Izzah Samarinda Kalimantan Timur, dengan informan 3 Musyrifah tahfidz dan 6 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh adalah pelaksanaan pembelajaran mencakup kegiatan awal (pendahuluan) yang diawali dengan sapaan salam, doa dan motivasi. Kemudian kegiatan inti, yakni penyetoran sabqi (hafalan baru yang telah disetor beberapa hari lalu), langsung dilanjutkan dengan sabaq (penambahan hafalan yang baru diperoleh hari ini), kemudian dilanjutkan dengan manzil (murojaah hafalan lama). Dan terakhir kegiatan penutup yang ditutup dengan evaluasi tentang kualitas hafalan hari ini dan adab siswa serta doa penutup. Adapun penilaian terbagi ke dalam dua kategori, yaitu penilaian per juz dan penilaian semesteran.

References

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Hidayah, Nurul. 2016. “Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Lembaga Pendidikan.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 4 (1): 63–81. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.01.63-81.
Istiqomah Rahmawati, Moh. Ariz Iqramullah, and Zulkarnain. 2021. “MEMPERSIAPKAN GENERASI KHALIFAH ( TINJAUAN TERHADAP KEKHALIFAHAN ADAM AS DALAM SURAT AL BAQOROH AYAT 30-37).” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam 3 (1): 1–11. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.56.
Masita, Rahma, Riche Destania Khirana, and Susi Purnamasari Gulo. 2020. “Santri Penghafal Alquran: Motivasi Dan Metode Menghafal Alquran Santri Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Sungai Pinang Riau.” Idarotuna 3 (1): 71. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v3i1.11339.
Rudiansyah, M. 2021. “IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZ PAKISTANI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL QUR’AN AL ASKAR CISARUA BOGOR.” Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran.
Supriadi, Gito. 2011. Pengantar Dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Malang: lntimedia.
Yuliana, Nevi. 2019. “IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN MELALUI KEGIATAN SALES E-COMMERCE PADA OTA (ONLINE TRAVEL AGENT) (Studi Kualitatif Tentang Implementasi Bauran Pemasaran Melalui Kegiatan Sales E-Commerce Pada Ota (Online Travel Agent) Di Hotel Grand Ambarrukmo Yogyakarta Pe.”
Zakaria, Rohana Binti, Zikmal Fuad, and Mohd Nur Adzam Rasdi. 2014. “Implikasi Tadabbur Al-Quran Dalam Pembentukan Insan Yang Berkualiti Di Sudut Akhlak.” International Conference on Postgraduate Research 2014 (ICPR 2014) 2014 (December): 246.
Published
2023-08-22
How to Cite
Silvianti, F., & Romelah, R. (2023). Implementasi dan Evaluasi Metode Pakistani dalam Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an di SMA Tahfidz Al Izzah Samarinda. FENOMENA, 14(1), 125-136. https://doi.org/10.21093/fj.v14i1.4844