Non-Muslim Hijabi: Praktik Penggunaan Hijab oleh Siswa Non-Muslim di Sekolah
Abstract
Ikonisitas hijab telah menjadi identitas yang merujuk kepada diri seorang perempuan muslim. tulisan ini mengeksplorasi dan menganalisis melalui studi empiris tentang praktik penggunaan hijab di kalangan non-muslim di sekolah. Metode penelitian yang digunakan ialah field research. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMKN 1 Kerinci merupakan SMK negeri yang mayoritas siswanya beragama Islam, dari 622 siswa hanya 14 orang siswa yang beragama non Islam seperti Budha, Konghucu, Kristen Protestan dan Kristen Katholik, dari 14 siswa tersebut terdapat 8 orang siswa perempuan yang beragama non Islam namun fenomena yang ditemukan adalah mereka menggunakan hijab baik di sekolah maupun di luar sekolah. Salah satu bentuk respons yang menarik adalah ketika guru merespons dengan membelikan hijab bagi siswa non-Muslim yang memutuskan untuk berhijab. Tindakan ini menunjukkan sikap empati dan dukungan dari pihak sekolah terhadap kebebasan berpakaian siswa. Proaktif dalam memfasilitasi dialog interreligius, sekolah dapat menjadi agen pembentukan pemahaman yang lebih baik dan meredakan potensi konflik di lingkungan pendidikan yang inklusif.
References
Alim, Syahrul. “The Meaning of Religiosity Among ‘Slang Hijab’ Wearer: A Phenomenological Study.” IJASOS- International E-Journal of Advances in Social Sciences III, no. 9 (2017): 1015–23. https://doi.org/10.18769/ijasos.370048.
Creswell, John W. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Appoaches. Edited by Saifuddin Zuhri Qudsy. Translated by Ahmad Lintang Lazuardi. 3rd ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Fahrudin Fahrudin, Risris Hari Nugraha. “Konsep Busana Dalam Al-Qur’an (Suatu Kajian Al-Qur’an Berdasarkan Pendekatan Tematik).” Pendidikan Agama Islam 18, no. 2 (2020): 75–88.
Fathonah Fathonah. “Tren Jilbab Syar’i Dan Polemik Cadar Mencermati Geliat Keislaman Kontenporer Di Indonesia.” Proceding Of Anual Conference For Muslim Scholar 1, no. 3 (2018): 39–53.
Furseth, Inger. “The Hijab: Boundary Work and Identity Negotiations among Immigrant Muslim Women in the Los Angeles Area.” Review of Religious Research 52, no. 4 (2011): 365–85.
Gbebe, Komi Mawouli. “Inclusive Education at the Centre of Human Development Issues in Togo.” European Journal of Education 58, no. 2 (2023): 289–98. https://doi.org/10.1111/ejed.12555.
Hafidz Muftisani. Saat Buka Hijab. Edited by Tim Intera. Jakarta: Intera, 2021.
Haryoko, Sapto, Bahartiar, and Fajar Arwadi. Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep, Teknik, & Prosedur Analisis). Makassar: UNM, 2020.
Ihsan. Pendidikan Moderasi Beragama Model Madrasah Pesantren, 2021.
Jamhari, and Saifudin Asrori. “The Making of Salafi-Based Islamic Schools in Indonesia.” Al-Jami’ah 60, no. 1 (2022): 227–64. https://doi.org/10.14421/AJIS.2022.601.227-264.
Latifa, Maysa, and Wedra Aprison. “Ikonisitas Jilbab: Sebagai Identitas Keislaman (Fenomenalogi Tentang Perintah Dan Dampak Pemakaian Jilbab).” Islamic Education Studies 6, no. 1 (2023): 15.
Meilani, Putri Mega, and Ira Fatmawati. “Simbol Dan Identitas: Kebijakan Penggunaan Jilbab Pemerintah Kota Padang Terhadap Siswi Muslim Dan Non-Muslim.” Journal of Citizenship 1, no. 1 (2022): 34–47. https://doi.org/10.37950/joc.v1i1.226.
Moses Wibowo, Jondius Ilu, Oren Siregar. “Metafora Ganda Bagi Yesus Kristus Dalam Ajyu 5:5-6 Memahami Perjanjian Baru Dalam Menggunakan Perjanjian Lama.” Teologi Dan Pelayanan Kristini 5, no. 1 (2021): 76.
Muhammad, Agus, and Sigit Muryono. Jalan Menuju Moderasi Modul Penguatan Moderasi Beragama Bagi Guru. Edited by Anis Masykhur. Pertama. Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI, 2021. https://cendikia.kemenag.go.id/storage/uploads/file_path/file_28-09-2021_6152764c19e9b.pdf.
Nim La Idi. “Jilbab Dalam Perspektif Al-Qur’an (Kajian Tematik).” Institut Agama Islam Negeri Kendari, 2018.
Ruby, Tabassum F. “Listening to the Voices of Hijab.” Women’s Studies International Forum 29, no. 1 (2006): 54–66. https://doi.org/10.1016/j.wsif.2005.10.006.
Rudi Sojali, Riza Riza Ilfani, Luvita Tulus, Dewi Novianty, Adelia Ermawanti, Rismawati Br Sitepu. “Pengaruh Trend Hijab Terhadap Minat Beli Kaum Wanita Muslim.” Media Mahardika 19, no. 3 (2021): 608–17.
Safiri Yulikhah. “Jilbab Antara Kesalehan Dan Fenomena Sosial.” Ilmu Dakwah 36, no. 1 (2017): 96.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Edisi ke-3. Bandung: Alfabeta, 2019.
Umar Sidiq. “Diskursus Makna Jilbab Dalam Surat Al Ahzab Ayat 59 : Menurut Ibnu Khatir Dan M Qurais Shihab.” Kodifikasia 6, no. 1 (2020): 1–26.
Yanti, Nova, Zulfia Siska Wati, and Nurhanifah. “Persepsi Siswi Non Muslim Dalam Memakai Jilbab Di SMA Negeri 2 Tanah Putih Kab . Rokan Hilir.” Jotika Journal in Education 3, no. 1 (2023): 16–26.
Yulcin Mahmud, Cornelius J Paat, Lisbeth Lesawengen. “Jilbab Sebagai Gaya Hidup Wanita Modern Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi.” Sosial Dan Budaya 1, no. 2 (2020): 23.
Zulfadli Hamzah, Muhammad Arif, Chairunisa. “Analisis Komparasi Strategi Pemasaran Dalam Transaksi Jual Beli Online Dan Offline Pada Hijab (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Islam Riau).” Rumpun Ekonomi Syariah 2, no. 1 (2019): 16–26.
Copyright (c) 2023 FENOMENA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.