Analisis Dakwah TikTok terhadap Tingkat Religiusitas Mahasiswa: Studi Kasus pada Pengguna Aktif TikTok di Kalangan Mahasiswa UPI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dakwah melalui aplikasi TikTok terhadap tingkat religiusitas mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dengan memanfaatkan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui kuesioner online yang diisi oleh 100 responden mahasiswa UPI dengan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok merupakan platform yang sangat populer di kalangan mahasiswa dengan frekuensi dan durasi penggunaan yang tinggi. Selain untuk hiburan, TikTok juga dimanfaatkan untuk pengembangan diri. Konten dakwah di TikTok sering dijumpai oleh pengguna, dengan topik utama seperti kehidupan sehari-hari dalam Islam, motivasi ibadah, dan pengingat akhirat. Mayoritas pengguna merasa konten dakwah di TikTok berpengaruh positif terhadap pemahaman, praktik, dan sikap keagamaan mereka. Meskipun ada tantangan terkait kredibilitas dan kedalaman informasi, TikTok memiliki potensi besar sebagai sumber pengetahuan Islam yang efektif bagi mahasiswa.
References
Azlan, N. A. M., Abidin, N. S. Z., Saabar, S. S., & Alimom, N. (2020). Spiritualizing New Media: The Use of Social Media for Da’wah Purposes within Malaysian Muslim. International Journal of Advanced Research in Islamic and Humanities, 2(1), 30–41.
Efefendy, E., Asmar, D., & Sitorus, T. F. M. (2024). Pengaruh Aplikasi TikTok sebagai Media Dakwah terhadap Mahasiswa Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(3), 1019–1028.
Ginting, D. R., Habib, F., Mansyursyah, & Siregar, R. A. (2024). Pengaruh Konten Dakwah Di Media Sosial Tiktok Terhadap Tingkat Religiusitas Mahasiswa KPI FDK UIN Sumatera Utara. Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan, 1(3).
Gratia, G. P., Merah, E. L. K., Triyanti, M. D., Paringa, T., & Primasari, C. H. (2022). Fenomena Racun Tik-Tok Terhadap Budaya Konsumerisme Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 2(1). https://doi.org/10.24002/konstelasi.v2i1.5272
Kendju, M. Z., Nento, S., & Soleman, A. (2022). Analisis Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Dakwah (Studi Pada Mahasiswa Iain Manado). Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 1(2).
Madhani, L. M., Bella Sari, I. N., & Shaleh, M. N. I. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Islami Mahasiswa Di Yogyakarta. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 627–647. https://doi.org/10.20885/tullab.vol3.iss1.art7
Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcesbook (2 ed.). Sage Publications.
Palupi, R., Istiqomah, U., Fravisdha, F. V., & Septiana, N. L. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah Di Era Modern. Academica Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2).
Rahayu, P. Y., Lubis, R. E., Restika, A. J., Septiani, T., & Zubaidah. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai Media Dakwah di UIN Fatmawati Kota Bengkulu. DAWUH: Da’wah & Communication Islamic Journal, 3(2).
Retnasary, M., & Fitriawati, D. (2022). Analisis akun Tik Tok @Iramira Sebagai Media Pembelajaran Edukasi. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 1. http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA
Sari, A. F., & Ni’amah, L. U. (2022). Tiktok Sebagai Media Dakwah (Analisis Isi Pesan Dakwah Akun Tiktok @baysasman00). Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dakwah, 02(1).
Sari, N. I. (2023). Pengaruh Konten Dakwah Aplikasi Tiktok Terhadap Pembentukan Akhlak Generasi Z di Kelurahan Duampanua Kabupaten Sidrap. Dalam InstItut Agama Islam Negeri (IAIN) .
Copyright (c) 2023 FENOMENA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.