Teacher’s Interpersonal Communication in Learning Assistance to Children with Cancer

  • Intan Nur Azis Universitas Islam Bandung
Keywords: Metode Pendampingan Belajar, Komunikasi Interpersonal, Anak Penderita Kanker

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal guru dalam pendampingan belajar kepada anak penderita kanker di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah guru yang mengajar di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Bandung. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi literatur. Hasil penelitian ini bahwa Implementasi komunikasi interpersonal dalam menghadapi anak-anak yang sulit untuk belajar, guru-guru membujuk dan memotivasi siswa agar semangat belajar melalui beragam strategi, salah satunya yakni memberikan reward, menerapkan permainan edukatif, atau memberikan tugas tambahan untuk memperkuat pemahaman anak terhadap materi. Adapun pendampingan dengan komunikasi interpersonal dalam praktiknya melibatkan perhatian terhadap kebutuhan fisik dan emosional anak-anak, seperti mengajak mereka makan, bertanya tentang kesehatan, dan memberikan dukungan emosional. Pendekatan yang fleksibel, seperti metode bermain, diskusi, tanya jawab, dan pendekatan personal, digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif.

References

Anggraeni, P. (2014). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Tugas Akademik dan Atraksi Interpersonal Siswa Terhadap Guru Dengan Regulasi Diri Siswa Program Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Negeri 10 Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(4).
DeVito, J. A. (2011). Komunikasi antarmanusia. Edisi Kelima. (Edisi Kelima). Karisma Publishing.
Hayati, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809-1815.
Hendrawati, S., Nurhidayah, I., & Mardhiyah, A. (2019). SELF-EFFICACY PARENTS IN UNDERGOING CHILD CANCER TREATMENT AT THE RUMAH KANKER ANAK CINTA BANDUNG. Vol. 4(No. 1), 37–45.
Irmawati, M., Irwanto, & Cahyadi, A. (2017). PENILAIAN KUALITAS HIDUP ANAK PENDERITA KANKER (Assessment of Quality of Life in Cancer Children).
Kumalasari, D., Rahmatika, R., & Fitriana, T. S. (2019). Pendekatan Theraplay Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Bermain Dengan Anak Penyandang Kanker. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 118-123.
Marwan, W. (2022). Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Anak Penderita Kanker (Studi Kasus Di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Kota Makassar.
Monika, & Adman. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 219-226
Qolbi, S. (2021). KEBIJAKAN PENDIDIKAN UNTUK ANAK-ANAK PENGIDAP KANKER DAN TUMOR. Volume 14(No 1).
Sarmiati, E. R. R. (2019). Komunikasi Interpersonal Elva Ronaning (elva R. Roem (ed.).
Soyomukti, Nurani. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Published
2025-01-08
Section
Articles