Teacher’s Interpersonal Communication in Learning Assistance to Children with Cancer
Abstract
Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal guru dalam pendampingan belajar kepada anak penderita kanker di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah guru yang mengajar di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Bandung. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi literatur. Hasil penelitian ini bahwa Implementasi komunikasi interpersonal dalam menghadapi anak-anak yang sulit untuk belajar, guru-guru membujuk dan memotivasi siswa agar semangat belajar melalui beragam strategi, salah satunya yakni memberikan reward, menerapkan permainan edukatif, atau memberikan tugas tambahan untuk memperkuat pemahaman anak terhadap materi. Adapun pendampingan dengan komunikasi interpersonal dalam praktiknya melibatkan perhatian terhadap kebutuhan fisik dan emosional anak-anak, seperti mengajak mereka makan, bertanya tentang kesehatan, dan memberikan dukungan emosional. Pendekatan yang fleksibel, seperti metode bermain, diskusi, tanya jawab, dan pendekatan personal, digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif.
References
DeVito, J. A. (2011). Komunikasi antarmanusia. Edisi Kelima. (Edisi Kelima). Karisma Publishing.
Hayati, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809-1815.
Hendrawati, S., Nurhidayah, I., & Mardhiyah, A. (2019). SELF-EFFICACY PARENTS IN UNDERGOING CHILD CANCER TREATMENT AT THE RUMAH KANKER ANAK CINTA BANDUNG. Vol. 4(No. 1), 37–45.
Irmawati, M., Irwanto, & Cahyadi, A. (2017). PENILAIAN KUALITAS HIDUP ANAK PENDERITA KANKER (Assessment of Quality of Life in Cancer Children).
Kumalasari, D., Rahmatika, R., & Fitriana, T. S. (2019). Pendekatan Theraplay Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Bermain Dengan Anak Penyandang Kanker. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 118-123.
Marwan, W. (2022). Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Anak Penderita Kanker (Studi Kasus Di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Kota Makassar.
Monika, & Adman. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 219-226
Qolbi, S. (2021). KEBIJAKAN PENDIDIKAN UNTUK ANAK-ANAK PENGIDAP KANKER DAN TUMOR. Volume 14(No 1).
Sarmiati, E. R. R. (2019). Komunikasi Interpersonal Elva Ronaning (elva R. Roem (ed.).
Soyomukti, Nurani. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Copyright (c) 2025 Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikel di Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution – ShareAlike Licence.
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access)
Authors who publish articles in Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).