تأثير استخدام طريقة الهدية فى ترقية الرغبة فى تعلم اللغة العربية لتلاميذ الفصل الرابع بالمدرسة الإبتدائية نور الهادي سمارندا

  • Narisa Narisa State Islamic Institute of Samarinda
  • Luluk Humaira Pimada IAIN Samarinda

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa bahasa Arab mempunyai tempat yang khusus di antara bahasa dunia yang sebagaimana pentingnya bahasa hingga sampai saat ini. Dan digunakan di sekolah-sekolah khususnya di sekolah Islam seperti Madrasah Ibtidaiyyah, dan di dalam pembelajaran bahasa Arab sangat penting untuk guru menggunakan metode seperti hadiah, hukuman dan lain-lainnya, sehingga tercapainya materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Membuat mereka semangat dan paham dengan materi pembelajaran tanpa merasa bosan.  Dan di sini penulis menggunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Nurul Hadi Samarinda yang berjumlah 133 mahasiswa, sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling yang ditujukan kepada siswa kelas empat, yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini  yaitu Observasi, Angket dan Dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan rumus Product Moment Carl Pearson. Adapun hasil penelitian ini adalah Pengaruh Metode Hadiah Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Bagi Siawa MI Nurul Hadi Samarinda berpengaruh, ini terbukti dengan hasil Ttest = 2,20, Ttable = 2,11 rxy = 0,48 dan jika di interpretasikan berada pada skala 0,40 s/d 0,70 yang berarti “berpengaruh”

Published
2020-06-28
How to Cite
Narisa, N., & Pimada, L. (2020). تأثير استخدام طريقة الهدية فى ترقية الرغبة فى تعلم اللغة العربية لتلاميذ الفصل الرابع بالمدرسة الإبتدائية نور الهادي سمارندا. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(3), 271-281. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i3.3803