Konsep Pendidikan Keluarga Perspektif Al-Qur’an dan Hadis

  • Imroatul Musfiroh UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Iskandar Iskandar UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: pendidikan keluarga, perspektif Al-Qur’an dan Hadis

Abstract

Pendidikan keluarga merupakan bagian dari pendidikan Nasional. Hal itu tertuang undang-undang Sisdiknas. Pendidikan keluarga merupakan lingkungan pertama dan  primer pendidikan Islam. Kajian ini berupaya menggali berbagai pandangan  tentang  Pendidikan keluarga melalui kajian literature (Library Research), Selanjutnya, digali pokok pikiran dengan pola deskriptif analitis, selanjutnya dihadirkan blue print dalam koridornya. Hasilnya diketahui bahwa pendidikan keluarga merupakan proses bimbingan berlangsung secara berkesinambungan dan kontinyu. Beberapa makna keluarga menurut al-quran terkait makna keluarga antara lain ‘Al-A’ilah, ‘Ahlun/Ahl,’Al-Qurba, ‘Arhamun, ‘Asyiroh. Surah at-Tahrim 66 ayat 6 merupakan landasan Pendidikan keluarga yang kokoh. Metode yang diterapkan antara lain adalah disiplin, keteladanan, nasehat, pembiasaan, eksekusi dan Ganjaran. Materi/Kurikulum pendidikan keluarga  mencakup pendidikan akidah, Pendidikan Ibadah, Pendidikan Akhaqul Karimah, membaca al-quran dan  nilai ajaran agama Islam. Tujuan  Pendidikan Keluarga menyampaikan dasar pendidikan budi pekerti, menghasilkan akhlak karimah, mempersiapkan kehidupan selanjutnya yakni dunia Akhirat. Selanjutnya, ikhtiar dan berusaha memenuhi kebutuhan sehari-hari serta memelihara dimensi nilai kebaikan, menumbuhkan jiwa menuntut ilmu, serta mendorong professional. Fungsi pendidikan keluarga yakni berfungsi pemupuk Solidaritas, Edukatif sekaligus Kontrol Sosial.

Author Biography

Imroatul Musfiroh, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Pendidikan keluarga merupakan bagian pendidikan Nasional. Hal itu tertuang undang-undang sisdiknas. Pendidikan keluarga merupakan Lingkungan pertama serta primer pada pendidikan Islam. Kajian ini berupaya menggali berbagai pandangan tentang Pendidikan Keluarga melalui kajian literatur (library research). selanjutnya digali pokok pikiran dengan pola deskriptif analitis. Selanjutnya, dihadirkan blue print dalam koridornya. Hasilnya diketahui bahwa Pendidikan keluarga merupakan proses bimbingan berlangsung secara berkesinambungan dan kontinyu. Beberapa makna kelurga menurut al-Qur’an terkait makna keluarga merupakan al-A’ilah, Ahlun/ ahl, al-Qurba, Arhamun. ‘Asyiroh. surah at-Tahrim [66] ayat 6 merupakan landasan Pendidikan keluarga yang kokoh, Metode yang diterapkan antara lain adalah disiplin, keteladanan, nasehat, pembiasaan, eksekusi serta ganjaran. Materi/Kurikulum Pendidikan keluarga mencakup Pendidikan Aqidah, Pendidikan Ibadah, Pendidikan Akhlaqul Karimah. Serta, nilai Ajaran agama Islam didalamnya selain itu, Membaca Al-Qur`an. Tujuan Pendidikan keluarga sebagai berikut menyampaikan dasar pendidikan budi pekerti, menghasilkan akhlak karimah, mempersiapkan kehidupan selanjutnya yakni dunia dan akhirat, berikutnya ikhtiar dan berusaha memenuhi kebutuhan sehari-hari serta memelihara dimensi nilai kebaikan, menumbuhkan jiwa menuntut ilmu, serta mensupport energi profesional yang terampil. terakhir , fungsi pendidikan keluarga antara lain agama berfungsi menjadi Pemupuk Solidaritas, Edukatif, sekaligus Kontrol Sosial.

Published
2021-10-30
How to Cite
Musfiroh, I., & Iskandar, I. (2021). Konsep Pendidikan Keluarga Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(3), 163-177. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v2i3.4096