Konsep Pendidikan Keluarga Perspektif Al-Qur’an dan Hadis
Abstract
Pendidikan keluarga merupakan bagian dari pendidikan Nasional. Hal itu tertuang undang-undang Sisdiknas. Pendidikan keluarga merupakan lingkungan pertama dan primer pendidikan Islam. Kajian ini berupaya menggali berbagai pandangan tentang Pendidikan keluarga melalui kajian literature (Library Research), Selanjutnya, digali pokok pikiran dengan pola deskriptif analitis, selanjutnya dihadirkan blue print dalam koridornya. Hasilnya diketahui bahwa pendidikan keluarga merupakan proses bimbingan berlangsung secara berkesinambungan dan kontinyu. Beberapa makna keluarga menurut al-quran terkait makna keluarga antara lain ‘Al-A’ilah, ‘Ahlun/Ahl,’Al-Qurba, ‘Arhamun, ‘Asyiroh. Surah at-Tahrim 66 ayat 6 merupakan landasan Pendidikan keluarga yang kokoh. Metode yang diterapkan antara lain adalah disiplin, keteladanan, nasehat, pembiasaan, eksekusi dan Ganjaran. Materi/Kurikulum pendidikan keluarga mencakup pendidikan akidah, Pendidikan Ibadah, Pendidikan Akhaqul Karimah, membaca al-quran dan nilai ajaran agama Islam. Tujuan Pendidikan Keluarga menyampaikan dasar pendidikan budi pekerti, menghasilkan akhlak karimah, mempersiapkan kehidupan selanjutnya yakni dunia Akhirat. Selanjutnya, ikhtiar dan berusaha memenuhi kebutuhan sehari-hari serta memelihara dimensi nilai kebaikan, menumbuhkan jiwa menuntut ilmu, serta mendorong professional. Fungsi pendidikan keluarga yakni berfungsi pemupuk Solidaritas, Edukatif sekaligus Kontrol Sosial.