Hubungan Antara Perkembangan Sosial Emosional Dengan Kreativitas Anak Usia Dini

  • Zakiyah Ulfah IAIN Samarinda
  • Muttasillah Apriliana IAIN Samarinda
Keywords: perkembangan sosial emosional, kreativitas, anak usia dini

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah saat melaksanakan penelitian, peneliti melaksankan dengan beberapa kegiatan yang peneliti beri yaitu kolase, bermain playdoh, dan mencetak dengan buah. Dari beberapa kegitan tersebut yang peneliti amati kreativitas anak dan perkembangan sosial emosional anak sudah mulai terlihat, dari kreativitas anak terlihat dari cara anak menempel bahan kolase secara rapi dan baik, dan hasil karyannya berkembangan sangat baik, sedangkan dari sosial emosional anak, terlihat dari cara menempel kolase apakah anak tersebut menempelnya secara perlahan atau secara teliti sesuai dengan apa yang penelitian intrusikan, dari cara anak bersabar menunggu giliran dalam bermain, dan cara anak membantu temannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengguankan metode korelasi mengambil latar belakang di TK Salsabila. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik di TK Salsabla yakni 25 orang peserta didik. Selanjutnya dalam pengambilan sampel mengguankan teknik no probability sampling diperolah sampel di TK Kreatif Salsabila dengan jumlah 41 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adlah rumus correlation product moment, uji t (t-test), koefisien korelasi, dan rumus koefisien determinan. Hasil penelitian hubungan anatar perkembangan sosial emosional dengan kreativitas anak usia dini di TK Salsabila tahun ajaran 2020/2021, menunjukan bahwa korelasinya adalah sangat renda berhubungan. Hal ini dapat dari hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh hasil 0,16. dari taraf kesalasan ditetapkan 5% dan nilai N = 25, maka harga r tabel 0,3961 dan thitung 0,7764 ternyata harga r hitung lebih besar dari harga r tabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya ada hubungan positif dan nilai koefisien korelasi anatar perkembangan sosial emosional dengan kreativitas. Besar kontribusi dalam penelitian ini sebesar 25%. Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan hubungan singnifikan antara perkembangan sosial emosionl dengan kreativitas anak usia dini.

References

Ahmad Susanto, Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori), (Jakarta: PT Bumi Alsara, 2017)
Nur Hamzah, Pengembangan Sosial Anak Usia Dini, (Pontianak: IAIN Pontianak Press, 2015)
S. C. Utami Munandar, Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah (Jakarta: Grasindo, 2002)
Sukiram, Pengembangan Sosial Anak Usia Dini, (Semarang: Baskom Grafika, 2011).
Sulastri, ’’Hubungan Kelekatan Anak Perempuan dengan Ayah Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun di Desa PasarPino Kec. Pino Raya Kab. Bengkulu Selatan’’, skripsi, IAIN Bengkulu Tahun 2019.
Yeni Rachmawati, Euis Kurniati, Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak: ( Jakarta, PT Fajar Interpratama Offset,2011)
Published
2021-06-30
How to Cite
Ulfah, Z., & Apriliana, M. (2021). Hubungan Antara Perkembangan Sosial Emosional Dengan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(2), 123-129. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v2i2.4375