Strategi Pembelajaran Nahwu dan Shorof di Pondok Pesantren Al-Arsyadi Samboja

  • Edy Murdani Zulkifli UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Khairy Abusyairi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ade Rukmini UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: strategi pembelajaran, nahwu dan shorof, pondok pesantren

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang Pondok Pesantren Al-Arsyadi sebagai pondok pesantren unggulan yang ada di Samboja, hal ini dapat di lihat dari beberapa lembaga pendidikan yang ada seperti MTs Ulumuddin, SMA Islam Ulumuddin, dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEIS) Al-Arsyadi Kalimantan Timur, dan juga di lihat dari jumlah santri yang terus meningkat dalam setiap tahunnya. Kebanyakan santri merupakan lulusan SD yang mana pemahaman mereka tentang bahasa Arab khususnya nahwu dan shorof sangatlah kurang. Dalam hal ini, maka peningkatan kualitas pembelajaran nahwu dan shorof selalu dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran nahwu dan shorof di Pondok Pesantren Al-Arsyadi Samboja, karakteristik pembelajaran nahwu dan shorof, juga faktor pendukung dan penghambat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif, dengan menggunakan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Pondok Pesantren Al-Arsyadi Samboja menggunakan berbagai macam strategi, diantaranya Strategi Pembelajaran Inquiry, Strategi Pembelajaran Cooperative, Strategi Pembelajaran Afektif, dan Strategi Pembelajaran Ekspository. Pondok Pesantren Al-Arsyadi Samboja memiliki karakteristik pembelajaran yang bervarisi, diantaranya pembelajaran menggunakan kitab kuning dan kitab melayu serta tidak adanya PR (Pekerjaan Rumah). Adapun faktor pendukung adalah tersedianya bahan ajar, antusias santri dalam pembelajaran, adanya jam tambahan dan adanya guru yang kompeten dibidangnya, sedangkan faktor penghambat latar belakang santri, kurangnya waktu dan minat santri dalam pembelajaran, dan waktu pembelajaran yang dilakukan disiang hari.

References

أب احمد المترجم. "ترجمة ملخص قواعد اللغة العربية خلق فؤاد نعمة". 2010.
مصباح مسطفى. "متن جرومية". باغيلا طوبا: البلغة. 2001.
Al-Muchtar, Suwarna. dkk., Strategi Pembelajaran PKn. Jakarta: Universitas Terbuka. 2007.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 1998.
Beckman. “Strategy Instruction”. American. 2 April 2004.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset. 1989.
Ibrahim, Syeh Al Baijuri. Fathul Khobir al Lathif. Semarang: PT Karya Toha Putra. 2020.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2007.
Muhibbinsyah. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: RemajaRosdakarya. 2001.
Mulyono. Strategi Pembelajaran menuju efektivitas pembelajaran di abad global. Malang: UIN-Maliki Press. 2012.
Mustofa, Bisri dan Hamid, Abdul. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press. 2012.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.
Sarjono. dkk. Panduan Penulisan Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. 2008.
Syaodih, Nana Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006.
Washil dan Firdausi. “Analisis Terhadap Kurikulum Pembelajaran Kitab Kuning” dalam Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman edisi no. 2. Vol II. 2019.
Published
2021-10-30
How to Cite
Zulkifli, E., Abusyairi, K., & Rukmini, A. (2021). Strategi Pembelajaran Nahwu dan Shorof di Pondok Pesantren Al-Arsyadi Samboja. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(3), 173-189. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v2i3.4827

Most read articles by the same author(s)