Strategi Penanaman Konsep Diri Berbasis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

  • Miftahurrazi Miftahurrazi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Zurqoni Zurqoni Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Moh Salehudin Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Strategi Penanaman, Konsep Diri, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang mengkaji tentang strategi penanaman konsep diri berbasis pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Mufid Kutai Timur. Sekolah tersebut merupakan salah satu madarasah yang berada dalam lingkungan yayasan pondok pesantren Hifzil Quran Al-Bustam. Sekolah tersebut merupakan sekolah formal yang menyelengarakan pendidikan dibawah kementrian keagamaan dan kementrian pendidikan. Tujuan penelitian ini diharapkan dengan memahami strategi dalam penanaman konsep diri, bisa menjadi acuan atau perbaikan dalam prosesnya. Penelitain ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dan suber data diperoleh dari kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Mufid. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan validasi data mengunakan triangulasi sumber kemudian data dianalisis dengan tiga tahap analisisi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dalam penanaman konsep diri berbasis pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Mufid dalam pembelajaran dikelas yakni dengan menjadikan suasana pembelajaran yang menyenangkan, pemberian motivasi dan doa sebelum belajar, membiasakan kegiatan positif dan pemberian reward dan punishment. Sementara pembelajaran diluar kelas yakni dengan kegiatan tahfidz, belajar kitab, Muhadarah dan ekstrakulikuler.

References

Ahmad Anwar, Andi. 2023. “Wawancara Andi Ahmad Anwar Guru Fiqih MTs Al-Mufid Kutai Timur.,” 2023.
Ahmad Muhajir, Andi. 2023. “Wawancara Kepala Sekolah Dan Mengampu Pelajaran Muhadarah MTs Al-Mufid Kutai Timur,” 2023.
Awang, Jellyan Alviani, Iky S. P. Prayitno, and Jacob Daan Engel. 2021. “Strategi Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja Dalam Membentuk Konsep Diri Guna Menghadapi Krisis Identitas Akibat Penggunaan Media Sosial.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 4 (1): 98–114. https://doi.org/10.47167/kharis. v4i1.64.
Daniswara, Damateja Andika, Farodlia Laila Fikri Anwariati, and Lailah Nailufarh Atsaniyah. 2020. “Pelaksanaan Kegiatan ‘Muhadharah’ Di Beberapa Pondok Modrn Sebagai Upaya ‘Maharah Kalam’ Para Santri.” International Conference of Students on Arabic Language 4 (0): 235–44.
Darajat, Zakiyah. 2022. Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Dongoran, Darminto, and Fredik Melkias Boiliu. 2020. “Pergaulan Teman Sebaya Dalam Pembentukan Konsep Diri Siswa.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 6 (2): 381–88. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.560.
Fajriah, Nur. 2023. “Wawancara Nur Fajriah Guru Sejarah Kebudayaan Islam MTs Al-Mufid Kutai Timur,” 2023.
Fathuddin, Sykri. 2008. Pendidikan Islam Dalam Din Al-Islam: Pendidikan Agama Islam Didalam Perguruan Tinggi Umum Ed. Yudiati Rahman. Yogyakarta: UNY Press.
Gross, Richartd. 2013. Psycology: The Science Of Mind And Behavior. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Haque, Rastra Amirotul, Dian Susanto, Septia Dwi Damayanti, and Ria Apriliani. 2023. “Hubungan Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Siswa BerprestasiI Kelas XI Di SMK.” PD ABKIN JATIM Open Journal System 3 (2): 107–16. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v3i2.158.
Hartono, Budi. 2021. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Akhlakul Kaarimah Siswa Di SMK Nurul Falah Pakem. Indonesia: Guepedia.
Indah Wardana, Meliyandrie, Laila, and Ritia Aggadita. 2021. Konsep Diri Dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja,. Pekalongan, Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.
Mart Gultom, Fadly. 2020. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Konep, Standar Dan Evaluasi. Jawa Barat: CV Adanu Abimata.
Meria, Aziza. 2018. “Ekstrakulikuler Dalam Mengembangkan Diri Peserta Didik Di Lembaga Pendidikan.” Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian 6 (2): 193–206. https://doi.org/10.15548/turast.v6i2.70.
Moeljadi, David, Randy Sugianto, Jaya Satrio Hendrik, and Kenny Hartono. 2022. KBBI V Daring 0.5.0. Indonesia: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Munir Amin, Samsul. 2022. Ilmu Akhlak. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
“Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Membina Karakter Peserta Didik | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.” 2022, March. http://jiip.stkipyapisdompu.ac. id/jiip/index.php/JIIP/article/view/492.
Parinduru, Lutfi, Hasdiana S, Purba Bernadetta, Andreasan Sudarso, Ismail Marzuki, Rakhmad Armus, Noni Rozaini, Bonaraja Purba, Sukaman Purba, and Madya Ahdiyat. 2020. Menejemen Oprasional: Teori Dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.
Ramadhanti, Tia. 2023. “Gambaran Konsep Diri Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 4 Cimahi.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 6 (1). https://doi.org/10.22460/fokus.v1i1.10127.
Rita Susila, Heni, and Arief Qosim. 2021. Strategi Belajar Dan Pembelajaran Untuk Mahasiswa FKIP. Banda Aceh: Syiah Kuala Universitiy Press.
Saeful Rahmat, Puput. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Saputra, Adi, and Yuzarion. 2020. “Pembentukan Konsep Diri Remaja Melalui Penanaman Nilai-Nilai Keislaman.” Jurnal Al-Hikmah 18 (2): 151–56. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v18i2.31.
Sauqy, Ahmad. 2019. Inovasi Belajar Dan Pembelajaran PAI (Teori Dan Aplikatif). Surabaya: UM Surabaya Publishing.
Suyadi. 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Syahraeni, Andi. 2020. “Pembentukan Konsep Diri Remaja.” AL-IRSYAD AL-NAFS: JURNAL BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM 7 (1). https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Irsyad_Al-Nafs/article/view/14463.
Thahir, Andi, and Firdaus Firdaus. 2017. “Peningkatkan Konsep Diri Positif Peserta Didik Di SMP Menggunakan Konseling Individu Rational Emotive Behavior Therapy (REBT).” KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal) 4 (1): 47–64. https://doi.org/10.24042/kons.v4i1.2400.
Umar, Arfian Bayu Bekti, Ulyan Nasri, Zarkasi, Kahar, Sudirman, La Musni, et al. 2016. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Trasformatif. Yogyakarta: Deepublish Grup Penerbit CV Budi Utama.
Utomo Sukendar, Markus. 2017. Psikologi Komunikasi Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish Grup Penerbit CV Budi Utama.
Yunus, Dwi Yuliah. 2021. “Implementasi pendidikan karakter dalam membentuk konsep diri positif siswa kelas V di SDIT Ibnu Hajar Kota Batu.” Masters, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/34346/.
Zulkarnain, Iskandar, sakhyan Asmara, and Raras Sutatminingsih. 2020. Membentuk Konsep Diri Melalui Budaya Tutur: Tinjauan Psikologi Komunikasi. Medan: puspantara.
Published
2023-02-13
How to Cite
Miftahurrazi, M., Zurqoni, Z., & Salehudin, M. (2023). Strategi Penanaman Konsep Diri Berbasis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 45-55. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i2.6572