Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dan Mandiri Pada Siswa SD di Bontang (Studi Multikasus SD IT Yabis Dan SD Kreatif Muhammadiyah 2

  • Sajaruddin Sajaruddin Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Zurqoni Zurqoni Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Bahrani Bahrani Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Religius

Abstract

Tilawah Al-Qur’an adalah membaca Al-Qur’an dengan bacaan yang menjelaskan huruf-hurufnya serta berhati-hati dalam melafalkan bacaannya, agar lebih mudah memahami mekna yang terkandung di dalamnya. Pada kegtan tilawah ini lebih kepada murottal Al-Qur’an, sehingga dengan adanya kegiatan Tilawah Al-Qur’an memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an. Selain itu, siswa dapat melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an sesuai dengan makharijul huruf dan mengetahui hukum-hukum tajwid. Adapun rumusan masalah pada penelitan ini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan tilawah Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskrptif analisis. Adapun data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan tilawah Al-Qur’an di MTsN 2 Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang dapat dikatakan baik, dan tilawah ini terfokus pada kemampuan menghafal siswa. Terdapat juga faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan tilawah dan adanya buku pedoman sebagai pegangan wajib siswa agar target yang ditentukan tercapai.

References

A, Doni Koesoema. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2007.
Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012).
Bado, Basri. Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah (Klaten: Tahta Media Group, 2022).
Banks, James A. and Cherry A. McGee Banks, Multicultural Education: Issues and Perspectives, 7th ed. (Hoboken, N.J: Wiley, 2010), 237–245.
Badan Pusat Statistik,” accessed July 1, 2023, https://kaltim.bps.go.id/pressrelease/2022/05/09/919/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar- 6-77-persen--angkatan-kerja-kalimantan-timur-februari-2022-naik-25-56-ribu-orang-dari-februari- 2021.html.
Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 4th ed. (Thousand Oaks: SAGE Publications, 2014.
Dalmeri. “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona Dalam Educating For Character),” Al-Ulum 14, no. 1 (June 1, 2014): 280.
Feaginand, Joe R. Anthony M. Orum, and Gideon Sjoberg, A Case for the Case Study (Chapel Hill: UNC Press Books, 1991).
Farida, Trisno Martono, and Hery Sawiji, “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Ekonomi,” Surya Edunomics 2, no. 1 (May 31, 2018): 5.
Fanani, Istiqlal Yul. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Program Boarding School Di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta Dan Smp Istiqomah Sambas Purbalingga” (masters, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2020), accessed July 1, 2023, https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39710/.
Fitri, Agus Zainal. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Sekolah (Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2012).
Husna, Hilyatul and Abdul Wasik, “Mahabbah Al-Ghozali as a Model of Education and Child Care,” Edukasi: Journal of Educational Research 1, no. 1 (April 1, 2021): 10.
Heri Cahyono, “Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius,” Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan 1, no. 02 (December 2, 2016): 239.
Ilahi, Fadhi. Bersama Rasulullah Mendidik Generasi Idaman (Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i, 2015), 151.
Joseph A. “What Everyone Should Know About Implementation,” 396.]
KPAI R.N, “Data Kasus Perlindungan Anak 2016 – 2020 | Bank Data Perlindungan Anak,” last modified May 18, 2021, accessed July 1, 2023, https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi- data/data-kasus-perlindungan-anak-2016-2020.
Lickona, Thomas. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik (Bandung: Nusa Media, 2018).
Marzuki, “Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah,” Jurnal Pendidikan Karakter 3, no. 1 (February 25, 2012): 34, accessed July 1, 2023, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1450.
Miles, Matthew B. A. M. Huberman, and Johnny Saldaña, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Thousand Oaks, Califorinia: SAGE Publications, 2014).
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. 31. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).
Musthofa, Abdul Wahid. “Model Pendidikan Karakter Kemandirian Santri Di Pondok Pesantren Subulussalam Tegalsari Dan Darussalam Blokagung Banyuwangi” (Program Magister Pendidikan Agama Islam Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2014).
Naim, Ngainun and Rose Kusumaning Ratri, Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa (Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2012).
Oktari, Dian Popi and Aceng Kosasih, “Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren,” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 28, no. 1 (June 28, 2019): 42–52.
Sudrajat. Taat Wulandari, and Agustina Tri Wijayanti, “Muatan Nilai-Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Di Paud Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul,” JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) 2, no. 1 (2015): 48.
Syarif, Miftah. “Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PAI Di SMK Hasanah Pekanbaru,” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1, no. 1 (August 24, 2017).
Setiawan, Agus. “Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam: Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali Dan Burhanuddin Al-Zarnuji,” Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan 14, no. 1 (June 1, 2014): 1–12.
Sunarti, Cucu. Wiwin Uwie, and Agus Sumitra, “Pembentukan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori Di Tk Almarhamah Cimahi,” Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 1, no. 2 (July 4, 2018): 48.
Sugiana, Aset. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Implementasinya Di Mts Nurul Ummah Yogyakarta,” Jurnal Pendidikan Agama Islam 16, no. 1 (June 5, 2019): 262.
Warsono et al., Model Pendidikan Karakter Di Universirtas Negeri Surabaya (Surabaya: UNESA, 2010).
Wardana, “Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 2 Bontang,” Smart-Creative-Religious, January 29, 2022, https://sdkreatifmuh2.sch.id/.
Zakaria Zakaria, “Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar Di Era Industri 4.0,” Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam 4, no. 1 (February 10, 2021): 3–4.
Published
2024-05-26
How to Cite
Sajaruddin, S., Zurqoni, Z., & Bahrani, B. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dan Mandiri Pada Siswa SD di Bontang (Studi Multikasus SD IT Yabis Dan SD Kreatif Muhammadiyah 2. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(2), 249-265. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i2.7888