Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

  • Muhammad Mufrizal Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Mukhamad Ilyasin Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Bahrani Bahrani Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Implementasi, Multikultural, pembelajaran

Abstract

Bangsa Indonesia yaitu bangsa yang memiliki berbagai suatu keragaman yang tinggi, yang mana dari berbagai terdiri dari daerah dan kepulauan yang luas. Bangsa Indonesia itu ditinjau dari dua paradigma, yaitu paradigma yang bersifat secara horizontal maupun juga bersifat vertikal. Paradigma yang bersifat horizontal yaitu kemajmukannya dari segi perbedaan agama, bahasa, etnik, pakaian beserta adat istiadatnya, bahkan dengan pendidikan multikultural diharapkan dapat membentuk suatu jiwa yang berkarakter. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru dan Siswa-siswi Sedangkan Sumber data penelitian di SMPN 16 Samarinda terdiri dari guru PAIBP dengan jumlah 3 orang, Kepala Sekolah, dan 6 orang dari Siswa-siswi SMPN 16 Samarinda.Teknik pengumpulan data ialah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu nilai solidaritas dan keadilan berjalan dengan baik dan optimal melalui kegiatan pembelajaran dan kegiatan keagamaan.

References

Amanda, Noni Aprili Jasmine, Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di SMP Negeri 15 Samarinda. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Tahun 2021
Aminah, Siti, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Karakter Multikultural Peserta Didik di SMA Negeri 3 Samarinda”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda Tahun 2018.
Anan, Asrul, “Multikultural Dalam Perspektif Al-Qur’an“, dalam jurnal Al-Murabbi, No.2, Vol. 1, 2016.
Arifin, M, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:Bumi Aksara, 2010.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Assegaf, Abd. Rachman, Filsafat Pendidikan Islam; Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2011.
Baidhawy, Zakiyuddin, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural (Jakarta: Erlangga, 2005
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Alfatih, 2012.
Fitri, Agus Zaenul, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012
Gaffar, Affan, “Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan”, Jogjakarta : Pustaka Pelajar Kedasama, 2009.
Gunawan, Heri, Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Harahap, Muhammad Ihwan, “Peran Guru PAI dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural di SMK Karya Bunda Medan Estate”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Tahun 2017.
Heriyanto, Aan Prabowo, Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik ( E-Book ) oleh pemustaka di perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang, Jurnal Ilmu Perpustakaan, No. 2, Vol. 2, 2013.
Hidayat, Moh. Noor, ”Internalisasi Nilai-nilai Multikultural dalam Tafsîr Al-Rāzi pada Pengembangan Pendekatan Pembelajaran Tafsir”, dalam Jurnal Studi Agama dan Masyarakat No.1, Vol. 11, 2015.
Hidayati, Nurul, “Konsep Pendidikan Islam Berwawasan Multikulturalisme Perspektif Har. Tilaar”, dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam, No. 1, Vol. 4, 2016.
Ishaq, “Dasar-dasar Ilmu Hukum”, Jakarta : Sinar Grafika, 2008.
Mahfud, Choirul, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Mahmud, Muchammad Eka, “Exploring Teacher’s Perception on the Teaching of Multicultural-based Religious Education” dalam Jurnal Dinamika Ilmu, No. 2, Vol. 18, Tahun 2018
Maksum, Ali, Pluralisme dan Multiculturalisme Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam Di Indonesia, Malang: Aditya Media Publishing. 2011.
Mansur, Rosichin, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural”, dalam Jurnal Ilmiah Vicratina , No.2, Vol. 10, 2016.
Miftahusirojudin, M, “Meaningful Learning :Melalui Pendekatan Tematik Pada Siswa Tingkat Dasar“ , MPA No. 249 Th. XX Juni 2007.
Moeis, Isnarmi, Pendidikan Multikultural Transformatif. Integritas Moral. Dialog dan Adil. UNP Press. (Padang: UNP Press, 2014.
Mulyadi, Implementasi kebijakan, Jakarta: Balai Pustaka, 2015.
Oemar, Hamalik, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya, 2008.
Pradana, Rizki Putra, “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas VI Kurikulum 2013”, Tesis. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2017.
Published
2024-04-19
How to Cite
Mufrizal, M., Ilyasin, M., & Bahrani, B. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i1.8321