Implementasi Penanaman Karakter Nilai Pancasila dalam Mencegah Lost Generation di SMAN 14 Kota Samarinda
Abstract
Implementasi Penanaman karakter penanaman karakter nilai pancasila yaitu, nilai religius, nilai nasionalisme, nilai integritas, nilai kemandirian dan nilai gotong royong. Oleh sebab itu penelitian itu bertujuan untuk mendeskripsikan Nilai-nilai karakter pancasila, implementasi penanaman karakter pancasila. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan study fenomologi. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini dibatasi dalam lingkup Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan guru-guru SMA Negeri 14 Kota Samarinda. Untuk mendapatkan data secara menyeluruh penelitii menggunakan tekhnik observasi, dokumentasi dan wawancara. sedangkan tehnik analisis data peneliti mengggunakan dalam tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang didapatkan akan diuji melalui tehnik ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa di SMAN 14 Samarinda Nilai- nilai Karakter Pancasila yang terlaksana hanya ada tiga yaitu Nilai karakter religius, nilai nasionalisme dan nilai integritas. Implementasi Penanaman Karakter mengamalkan ajaran agama islam, sikap gotong royong dan disiplin. Pengawasan dan Peberian sanksi memberikan sanksi seperti menghapal surah-surah, membersihkan toilet, dan membersihkan halaman sekolah.
References
Acetylena, Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara:Perguruan Taman Siswa sebagai Gagasan Taman Pengetahuan dan Etika.Malang: madani, 2018.
Direktorat jenderal pendidikan, Penguatan Pemebelajaran Nilai Moral Pancasila Pusat kurikulum dan pembelajaran, badan penelitian dan pengembangan. Jakarta: kemendikbud, 2019.
Effi Aswita Lubis, Metode Penelitian Pendidikan, Medan: Unimed Press, 2018.
Firman Mansir, Model Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren, Disertasi, 2018.
G.Saksono & D. Dwinyanto, Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Negera Pancasila: Agama atau Sekuler,Sosialis atau Kapitalis" Yogyakarta: Ampera Utama, 2018.
Gunawan, Pendidikan karakter konsep dan implementasi Bandung: Alfabeta, 2017.
Hajaruddin, Manejemen Pendidikan Karakter Siswa Dala Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palopo. Tesis IAIN Palopo 2021.
Adisusilo sutarjo, Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Berbasis Pancasila Bandung: Rajawali Press, 2021.
Anisah.A.S, "Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak" J.pendidik, UNIGA, vol,5, no.1,pp 2018.
Ardy wiyani novan, Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Takwa Yogyakarta: PT. Remaja Rosdakarya, 2020.
Ardy wiyani novan, Pendidikan karakter berbasis iman dan taqwa. Yogyakarta :Cv perkasa mulia, 2022.
Arti Kata Tanam-Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online,"accessed Januari 31,2022 https://kbbi.web.id/tanam
Cahyo, Pendidikan Karakter Guna Menaggulangi Dekadensi Moral yang terjadi pada siswa sekolah. Eduhumaniora: jurnal pendidikan, 2018.
Dalmetri. Pendidikan untuk Pengembangan Karakter : Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona Educating for Character. Dalam Jurnal Al-Ulum, 2019.
Diansari, Penanaman Karakter Siswa Melalui Siswa Melalui Tranfer Nilai-Nilai Pancasila Pada Mata Pelajaran Budi Pekerti, Prociding Seminar Nasional Pendidikan Fkip Universitas Muhammadiyah Cirebon (april), 2018.
Dwintari, j. W. (2017). Kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraanberbasispenguatanpendidikankarakter.jurnalpendidikankewarganegaraan,7(2),article2.https://doi.org/1.20527/kewarganegaraan.v7i2.427
Fadilah,m.pd, rabiāah, alim, w. S., m.pd, a. Z., lestari,m.pd, i. W., pd, a. B., m., & s.km.,m.kes, a. D. E. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana media.
Harahap, a. C. P. (2019). Character building pendidikan karakter. Al-irsyad: jurnal pendidikan dan konseling, 9(1), article 1. Https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v9i1.6732
Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah | tarbawi: jurnal keilmuan manajemen pendidikan. (t.t.). Diambil 25 mei2023, dari https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2074
Mustoip, s. (2018). Implementasi pendidikan karakter. Ina-rxiv. Https://doi.org/10.31227/osf.io/qft7g
Moleong J, Lexy Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet ke-38, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2018.
Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air | mimbar ilmu. (t.t.). Diambil 25 mei 2023, dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/mi/article/view/17467
Pendekatan pendidikan karakter puspitasari edueksos jurnal pendidikan sosial & ekonomi. (t.t.). Diambil25mei2023,darihttps://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/edueksos/article/view/355
Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa | jp (jurnal pendidikan): teori dan praktik. (t.t.). Diambil 25 mei 2023, dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/3968
Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter | jurnal pendidikan tambusai. (t.t.).diambil25mei2023,darihttps://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106
Peran pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral | setiawan | jurnal pendidikan karakter. (t.t.). Diambil 25 mei 2023, dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1287
Raharjo, s. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(3), article 3. Https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456
Raden ahmad muhajir ansori, strategi penanaman nilai-nilai pendidikan islam pada peserta didik, "jurnal pustaka" 4, no 2 may 28, 2019
Ramdhani, m. A. (2014). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal pendidikan universitas garut, 8(1), article 1.