Pengaruh Active Learning Quiz Team Method Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Kemampuan Menulis Sisindiran

  • Intan Uswatun Hasanah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Opah Ropiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
Keywords: active learning, team method, hasil belajar, Sisindiran, Quiz

Abstract

Metode active learning quiz team merupakan metode pembelajaran berbasis tim yang bisa menghidupkan suasana kelas lebih aktif, dan bisa melatih stimulus siswa untuk berfikir kritis. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode active learning quiz team pada kemampuan menulis sisindiran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian siswa kelas XI TKJ SMK Auto Matsuda Kuningan. Instrumen menggunakan soal pretest dan pottest. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sampel t-test. Hasil dalam penelitian ini yaitu : 1) hasil belajar siswa dalam menulis sisindiran sebelum menerapkan metode active learning quiz team masih jauh dari nilai KKM dengan rata-rata 46,63; 2) hasil belajar siswa dalam menulis sisindiran sesudah menerapkan metode active learning quiz team mengalami peningakatan dengan jumlah nilain rata-rata 79,81; 3) berdasarkan uji paired sampel t-test Ha diterima dan H0 ditolak karena nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. maka dari itu adanya pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan metode active learning quiz team pada kemampuan menulis sisindiran.

Published
2023-06-14
How to Cite
Hasanah, I., & Ropiah, O. (2023). Pengaruh Active Learning Quiz Team Method Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Kemampuan Menulis Sisindiran. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), 213-222. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i2.6693