Analisis Model Rasch pada Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMA

  • Apri Triana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Keywords: Karakteristik Tes, Tes Diagnostik, Model Rasch

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik tes diagnostik kesulitan belajar Matematika menggunakan analisis model Rasch. Data yang dianalisis dengan model Rasch adalah sebanyak 323 respon jawaban siswa kelas XII IPA pada bidang studi Matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap butir tes diagnostik cocok dengan analisis model Rasch. Dari 323 siswa yang mengikuti tes, hanya sebanyak 298 respon jawaban siswa yang cocok dan bisa dianalisis dengan model Rasch. Analisis dengan model Rasch memiliki karakteristik satu parameter, yaitu tingkat kesulitan butir. Tingkat kesulitan butir yang cocok dengan model Rasch sesuai dengan karakteristik tes diagnostik adalah butir tes dengan tingkat sedang yaitu 0,30 sampai 0,80. Adapun karakteristik butir tes yang sesuai dengan karakteristik tes diagnostik dan parameter model analisis sebanyak 26 butir dan ada empat butir yang harus disisihkan pada perangkat tes diagnostik. Koefisien reliabilitas perangkat tes diagnostik sebesar 0,84 yang artinya tes diagnostik sangat reliabel untuk mengukur kemampuan matematika kelas XII IPA. Perangkat tes diagnostik tidak cocok digunakan pada peserta tes memiliki kemampuan dibawah -3 atau diatas 3.

References

Azwar, Saifuddin. 2018. Penyusunan Skala Psikologi: Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Davier, M. V., et. al. 2007. Multivariate and Mixture Distribution Rasch Models: Extensions and Applications. New York: Springer Science + Business Media.

Fitri. 2017. Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen Kinerja Akuntan menggunakan Pendekatan Rasch Model. Akuntansi Peradaban: Vol. III No. 1 Juli 2017.

Hambleton, R. K., et. al. 1991. Fundamental of Item Respon Theory. Newbury Park: Sage Publications Inc.

Mardapi, Djemari. 2012. Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mardapi, Djemari. 2017. Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan: Edisi 2. Yogyakarta: Parama Publishing.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Published
2024-01-20
How to Cite
Triana, A. (2024). Analisis Model Rasch pada Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(1), 119-132. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i3.7135