Analisis Intensitas Penggunaan Laboratorium Sekolah di Samarinda: Studi Komparatif antara SMP dan SMA
Abstract
Laboratorium merupakan fasilitas penting dalam menunjang pembelajaran di sekolah. Baik jenjang SMP maupun SMA, siswa berhak untuk mengikuti praktikum di laboratorium. Namun, ada sebuah indikasi dalam hal intensitas penggunaan laboratorium yang berbeda, antara sekolah SMP dan SMA, terkhusus di Kota Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan intensitas penggunaan laboratorium antara sekolah SMP dengan sekolah SMA di Samarinda. Metode penelitian yang digunakan melibatkan partisipasi siswa, dengan cara menyebarkan kuesioner. Data dikumpulkan dari SMP dan SMA di samarinda yang dipilih secara acak. Data yang diperoleh dianalisis mengutamakan statistik deskriptif dan uji Chi-Square. Hasil menunjukkan secara signifikan penggunaan laboratorium yang lebih intensif di SMA, dibandingkan dengan di SMP. Ini mempertegas kebutuhan akan peningkatan sumber daya dan pelatihan guru di SMP. Penelitian ini penting dalam menginformasikan strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan sains di Samarinda, khususnya dalam pemanfaatan fasilitas laboratorium secara efektif.
References
Anggereni, S., Suhardiman, S., & Amaliah, R. (2021). Analisis Ketersediaan Peralatan, Bahan Ajar, Administrasi Laboratorium, Keterlaksanaan Kegiatan Praktikum di Laboratorium Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 414. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3925
Ardius, A. (2020). Pemanfaatan Laboratorium Maya: Peluang dan Tantangan. Jurnal Teknodik, 24(2), 147. 10.32550/teknodik.v24i2.679
Fikri, M., Nafisah, N., Putri, M. G. A., Nafisah, N., Putri, M. G. A., Nafilla, V. Z., Cahayati, E., Indriyani, A. R., Nuraini, L., & Harijanto, A. (2023). Analisis Pengelolahan Standar Organisasi dan Personalia Laboratorium di SMAN 1 Genteng Banywangi. Phydagogic : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 6(1), 59–62. https://doi.org/10.31605/phy.v6i1.3104
Hayati, A., Sman, (, & Selatan, B. (2020). Evaluasi Standar Sarana dan Prasarana Laboratorium IPA di Sekolah Model SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan. In Jurnal Manajer Pendidikan (Vol. 14, Issue 2). https://doi.org/10.33369/mapen.v14i2.12827
Lestari Putri, M., Wayan Merta, I., & Ayu Citra Rasmi, D. (2022). Hubungan antara Pemanfaatan Laboratorium dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. Journal of Classroom Action Research, 5(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3315
Marlan. (2020). Studi Evaluasi Sarana dan Prasarana Laboratorium Kimia SMA Neger 5 Bengkulu Selatan. In Jurnal Manajer Pendidikan (Vol. 14, Issue 2). https://doi.org/10.33369/mapen.v14i2.12834
Muldayanti, N. D., & Kurniawan, A. D. (2021). Managemen Laboratorium Sebagai Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar IPA Biologi. In Jurnal Widya Laksana (Vol. 10, Issue 2). https://doi.org/10.23887/jwl.v10i2.29895
Muttaqin, Ismalizah, N., Thida Mufarrihah, A., Harareta, S., Dinurrohmah, S., & Fitriyah Sulaeman, N. (2023). Analisis Keamanan Percobaan Fisika pada Laboratorium Fisika di SMA kota Samarinda. http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF
Nugroho, P. S., Khasanah, S. R. U., Jannah, A. M., Yolanda, V., Suhendra, H., & Rahmad, M. (2022). Intensitas Pemanfaatan Laboratorium IPA Fisika di SMP Pasca Pandemi Covid-1. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3248–3254. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2387
Rafiqah, R., Ikbal, Muh. S., & Budiarti, A. (2022). Analisis Intensitas Pemanfaatan Laboratorium dan Dampaknya terhadap Pembelajaran Fisika di SMA Negeri Se-Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 247. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.4964
Rahmantiyoko, A., Sunarmi, S., Rahmah, K., Slamet, D., Kunci-Keselamatan, K., & Kerja, K. (2019). ISSN (2354-6026) Seminar Nasional Kimia (SENAKI) XV. In IPTEK Journal of Proceedings Series (Issue 4).
Sarjono. (2018). Pentingnya Laboratorium Fisika di SMA/MA Dalam. Jurnal Madaniyah, 8.
Syahputra Syawaldi Eka, Mulianti, Yufrizal, & Syahri Budi. (2022). Pengaruh Disiplin Siswa dan Fasilitas Laboratorium Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Tanjung. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i4.423