Perkembangan dan Tantangan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Game Android Pada Anak Usia Dini

  • Bagus Setiawan STIT Syekh Muhammad Nafis Tabalong, Kalimantan Selatan
  • Muhammad Husni STIT Syekh Muhammad Nafis Tabalong, Kalimantan Selatan
  • Sri Hartini Juni Astuti STIT Syekh Muhammad Nafis Tabalong, Kalimantan Selatan
  • Rahmad Hulbat STIT Al Washiliyah Barabai
Keywords: Perkembangan, Tantangan, Pembelajaran Bahasa Inggris, Game Android, Anak Usia Dini

Abstract

Anak usia dini menurut Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 14 adalah anak yang berada pada usia lahir sehingga usia 6 tahun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan dan tantangan pembelajaran bahasa inggris berbasis game android pada lembaga pendidikan anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan dari berbagai sumber bacaab seperti e-book, jurnal dan procceding. Seiring berkembangnya teknologi saat ini seharusnya bisa dimanfaatkan dengan tepat karena dengan memanfaatkan teknologi bisa membantu dan memudahkan dalam berbagai hal seperti belajar. Peran guru dan orang tua sangat penting bagi tumbuh kembang anak dalam belajar bahasa Inggris, dan faktor yang mendukung keberhasilan belajar adalah materi yang sesuai dan menarik. Dengan pendekatan metode tertentu, anak-anak zaman akan mudah memahami apa yang mereka pelajari. Salah satu model pembelajaran bahasa inggris yang dapat digunakan adalah dengan model pembelajaran berbasis game android. Dengan model pembelajaran yang seperti ini pembelajaran akan berlangsung lebih menarik dan tentunya akan menambah semangat peserta didik dalam belajar. Pembelajaran bahasa inggris berbasis game android yang memanfaatkan media smartphone harus benar-benar dalam pengawasan dan kendali orang tua agar anak terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan

References

Amiruddin, A., Rubianti, I., Azmin, N., Nasir, M., & Sandi, A. (2021). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Masa Pandemik Covid-19 Di Sman 3 Kota Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 139–143. Https://Doi.Org/10.36312/Jime.V7i4.2398
Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i1.1170
Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru Dan Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.808
Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22. Https://Doi.Org/10.21274/Martabat.2020.4.1.1-22
Fitri, M., & Na’imah. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. Https://Doi.Org/10.24042/Ajipaud.V3i1.6500
Hartini, N. S. E. S. A. S. (2021). Game Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak Menggunakan Metode Linear Conruential Generator. Issn Cetak 2302-5786 Issn Online 2722-9874, 9, 1–8.
Hidayah, N., Nashoih, A. K., Asyari, T. R., & Chumaidi, A. (2021). Sosialisai Edukasi Smartphone Terhadap Anak “Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Smartphone Pada Anak.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 23–26. Https://Ejournal.Unwaha.Ac.Id/Index.Php/Abdimaspen/Article/View/1159
Jailani, M., Widodo, H., & Fatimah, S. (2021). Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan Islam, 11, 142–155. Http://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Idaroh
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.
Maulana, M. I., & Junianto, E. (2022). Penerapan Model Addie Dalam Pembuatan Permainan Edukasi Bahasa Inggris. Jurnal Responsif, 4(1), 12–22.
Mukhlasin, A., & Pasaribu, M. H. (2020). Analisis Swot Dalam Membuat Keputusan Dan Mengambil Kebijakan Yang Tepat. Journal Research And Education Studies, 1(1), 33–43.
Nurdin, N., & Anhusadar, L. O. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 982. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i2.485
Oktori, A. R. (2019). Urgensi Pendidikan Humanis Religius Pada Pendidikan Dasar Islam. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 179. Https://Doi.Org/10.29240/Jpd.V3i2.1216
Prabowo, R., Afroni, M. J., & Melfazen, O. (2021). Aplikasi Game Edukasi Android Mengenal Bahasa Inggris “Kids Abc” Untuk Murid Tingkat Sekolah Dasar. Jte (Jurnal Teknik Elektro Unisma), 13(1), 1–6.
Prastiwi, A. D., & Hayati, K. R. (2021). Efektivitas Game Android Sebagai Media Pengajaran Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Di Kalangan Mahasiswa Teknik Perkapalan. Tekmapro : Journal Of Industrial Engineering And Management, 16(2), 25–35. Https://Doi.Org/10.33005/Tekmapro.V16i2.208
Rosada, R., & Hayudinna, H. G. (2021). Integrasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di Msi 02 Keputran Kota Pekalongan. Prosiding Semai, 360–381. Http://Proceeding.Iainpekalongan.Ac.Id/Index.Php/Semai%0aintegrasi
Saihu, S. (2020). Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 82–95. Https://Doi.Org/10.36671/Andragogi.V2i1.76
Sari, A. S. P., & Sembiring, N. (2021). Pelatihan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Make A Match Bagi Siswa Sd Di Kelurahan Tunggurono Kota Binjai. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 344–350.
Setiawan, I. (2021). Pengajaran Bahasa Inggris Dalam Kurikulum 2013: Suatu Tinjauan Dan Perspektif 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 1(2), 61–120.
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal Of Islamic Education, 1(1), 141–157. Https://Doi.Org/10.53802/Fitrah.V1i1.13
Sofiarini, A., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kebijakan Dan Kepemimpinan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013 Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 5(2), 724–732. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.668
Subakti, H., Haddar, G. Al, & Orin, E. A. (2021). Analisis Penilaian Keterampilan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Daring Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3186–3195. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/1300
Ulfa, M., & Na’imah. (2020). Peran Keluarga Dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Mutia. Aulad : Journal On Early Childhood, 3(1), 20–28. Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V3i1.46
Waluyo, B. (2019). Media Dan Metode Pembelajaran Sebagai Penunjang Keberhasilan Pendidikan. Jurnal Mubtadin, 2(2), 1–16.
Waluyo, B. (2021). Media Pembelajaran Dan Strategi Sebagai Penunjang Keberhasilan Pendidikan. Jurnal Mubtadin, 7(1), 45–63.
Published
2024-03-31
How to Cite
Setiawan, B., Husni, M., Astuti, S., & Hulbat, R. (2024). Perkembangan dan Tantangan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Game Android Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(2), 181-192. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i2.8292