Manajemen Program Boarding School Pada Lembaga Pendidikan Islam

  • Bagus Setiawan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Iqbal Fawaidhul Muhsinin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Manajemen, Boarding School, Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Manajemen Boarding School Pada Lembaga Pendidikan Islam. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan studi literatur atau pustaka, dengan mengumpulkan beberapa informasi dari berbagai sumber seperti jurnal, Proceeding ataupun pencermatan terhadap literatur online. Selanjutnya data dianalisis dan kemudian diuraikan sesuai tema yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen boarding school pada lembaga pendidikan Islam merupakan suatu tatanan yang mengatur kegiatan siswa di asrama sekolah dibawah naungan lembaga pendidikan Islam yang berfokus pada pencapaian peserta didik. Manajemen boarding school pada lembaga pendidikan Islam perlu dilakukan agar proses pelaksanaan kegiatan boarding school dapat berdampak baik terhadap lembaga serta tatanan yang baik sangat diperlukan dalam suatu pelaksanaan. Hal mendasar yang perlu dilakukan adalah dengan membuat perencanaan yang matang dan terukur agar pada saat proses implementasi dapat berjalan secara efektif dan efisien.

References

Fauzi, H. N., & Mufti, U. (2019). Knowledge Management Implementation in Muhammadiyah Elementary School. IJISH (International Journal of Islamic Studies and Humanities), 2(2), 90–100. https://doi.org/10.26555/ijish.v2i2.989
Hadiono, A. F., & Inayah, I. F. (2020). Pengaruh Sistem Rekrutmen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Terhadap Mutu Pendidikan Yayasan Pendidikan dan Sosial Pondok Pesantren Al-Fadl Banyuwangi Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi JMPID ( Jurnal Mana. 7146(April), 185–203.
Hermanto Nst, M. (2018). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Islam. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1), 228–249. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.471
Hidayatullah, R., T. Pido, S. A., & Yasin, Z. (2020). Efektivitas Manajemen Boarding School Dalam Peningkatan disiplin Taruna Berbasis Semi Militer SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 178–187. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1740
Izzudin, M., Djubaedi, D., & Huriyah, H. (2021). Manajemen Boarding School Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Smp Nurul Hayaj Ketanggungan Brebes. Tsaqafatuna, 3(1), 65–74. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v3i1.63
Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam Alfian. 7(1), 84–97. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2928
Mukhlasin, A., & Pasaribu, M. H. (2020). Analisis SWOT Dalam Membuat Keputusan Dan Mengambil Kebijakan Yang Tepat. Journal Research and Education Studies, 1(1), 33–43.
Mukhlisoh. (2018). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Siwuluh. Jurnal Kependidikan, 6(2), 233–248. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1941
Oktori, A. R. (2019). Urgensi Pendidikan Humanis Religius Pada Pendidikan Dasar Islam. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 179. https://doi.org/10.29240/jpd.v3i2.1216
Qowim, A. N. (2020). Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 35–58. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.53
Rony Sandra Yofa Zebua; Miftahul Ihsan; Neneng Nurjannah. (2020). Perkembangan Pendidikan Islam Periode Khulafāur Rāsyidīn.pdf (p. 12). Jurnal Pendidikan Islam Indonesia. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.228
Rouf, A. (2016). Transformasi dan Inovasi Manajemen Pendidikan Islam. 1(20), 333–354.
Saihu, S. (2020). Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 82–95. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.76
Setiawan, I. (2016). Boarding School Sebagai Solusi Penguatan Karakter Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 66–85.
Somad, A., Fahrurazi, F., & Imron Rosadi, K. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Model Sistem Pendidikan Islam: Jenis Kesisteman, Konstruksi Kesisteman, Berpikir Kesisteman. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 18–30. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.411
Subakti, H., Haddar, G. Al, & Orin, E. A. (2021). Analisis Penilaian Keterampilan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Daring Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3186–3195. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1300
Susanto, H. (2020). Manajemen Boarding School Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal JEMAL, 3(1), 1–21. https://journal.unigres.ac.id/index.php/jemal/article/view/1505
Thoha, M. (2016). Manajemen Pendidikan Islam Konseptuual dan Operasional. Buku Pustaka Radja, 1–171.
Yusuf, M., & Husni, A. N. A. (2019). Knowledge Management Sebagai Upaya Learning Organization di Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta. Jurnal Al-Idaroh, 3(2), 53–71.
Yusuf Maimun, M., Mahdiyah, A., & Nursafitri, D. (2021). Urgensi Manajemen Pendidikan Islamic Boarding School. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1208–1218. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.234
Published
2023-07-04
How to Cite
Setiawan, B., & Muhsinin, I. (2023). Manajemen Program Boarding School Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 279-287. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i3.6844