Identifikasi dan Optimalisasi Permainan Outdoor dalam Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak di Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan

  • Dwi Nur Aini Dahlan IAIN Samarinda
Keywords: identifikasi, optimalisasi, permainan outdoor, dan pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan inventaris, frekuensi penggunaan dan bagaimana menggunakan permainan outdoor dalam pembelajaran di taman kanak-kanak di desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan. Pembelajaran efektif anak usia dini berorientasi pada bermain. Game edukasi anak-anak adalah salah satu permainan outdoor yang berfungsi dalam mengoptimalkan berbagai jenis kemampuan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik pencapaian kredibilitas yang digunakan adalah perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa permainan outdoor seperti ayunan, jungkat-jungkit, slide, bar monyet, bola dunia, mangkuk berputar dan terowongan ban. Game yang sering digunakan adalah ayunan, slide, dan mangkuk berputar dengan kondisi baik. Game yang jarang digunakan adalah jungkat-jungkit dan terowongan ban, dan yang tidak pernah digunakan adalah jaring laba-laba dan game dengan kondisi buruk. Penggunaan permainan luar dalam pembelajaran tidak optimal karena tidak menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan tidak didokumentasikan.

References

Andriani, Rini dan Hanita Hanita. Meningkatkan Motorik Kasar melalui Bermain Bola Kelompok B Di TK Nusantara Kecamatan Marangkayu Tahun Pembelajaran 2017/2018, dalamJurnal Warna: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usai Dini, 2018.
Brown, J. S., Collins, A., & Duguid, P, Situated cognition and the culture of learning, dalam Jurnal Educational Researcher, 1989.
Depdiknas, Menu Generik Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta; Depdiknas, 2003.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Gani, Hasniyati Ali, Prinsip-Prinsip Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pendidik Dan Peserta Didik, dalam Jurnal At-ta’dib vol 6 no 1, 2013.
Isjoni, Model Pembelajaran Yang Efektif Bagi Pendidikan Anak Usia Dini,www.isjoni.net/web/content/view/44/4/-44k;tembolok;Laman, 2006.
Kemendikbud, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kemendikbud, 2015.
Laura, Kornellia Andini, dkk, Analisis Pengelolaan Area Bermain Outdoor Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK LKIA Pontianak. Pontianak: Program Studi PGPAUD Untan.
Muhammad, Immawan Arif, Alat Permainan Edukatif Outdoor Yang Digunakan Mengembangkan Motorik Kasar Di Tk Se-Kecamatan Wonosari Gunung Kidul, dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 8 Tahun ke-5, 2016.
Nugraha, Ali, Evaluasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini, Bandung: UPI, 2010.
Patmonodewo, soemiarti, Pendidikan Anak Pra Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta. 2008.
Qomariyah, Siti, Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Outdoor Terhadap Ketrampilan Motorik Kasar Anak Tk Di Kecamatan Tandes Surabaya, Skripsi. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2016.
Sarilah, Analisis Masalah-Masalah Pembelajaran Sains dan Pemecahannya Ditinjau dari Pendekatan Kontekstual, dalam Jurnal JESI vol1 no 1, juni, 2017.
Slamet Suyanto, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2003.
Sujiono dan yuliani nuraini, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Puskur, 2009.
Yudha M saputra dan Rudyanto, 2005, Pembelajaran Kooperatif untuk meningkatkan ketrampilan anak TK. Jakarta: Depdiknas, Dikti, Direktorat P2TK2PT, 2005.
Published
2019-06-14
How to Cite
Dahlan, D. (2019). Identifikasi dan Optimalisasi Permainan Outdoor dalam Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak di Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(2), 99-110. https://doi.org/10.21093/sajie.v1i2.1488