Efektifitas Pelatihan Keterampilan Membuat Pertanyaan pada Guru Di SD Negeri 1 Kuluran
Abstract
Peningkatan keterampilan, pengetahuan kemandirian diperlukan bagi pendidik sebagai wujud pengembangan diri yang dapat di lakukan melalui pelatihan. Pelatihan menjadi salah satu cara efektif dalam waktu singkat yang memberikan dampak positif. Prinsip-prinsip dalam pelatihan meliputi participation, repetition, relefence, tranference dan feedback. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanakan kegiatan pelatihan membuat pertanyaan pada guru SDN 1 Kuluran dan untuk mengetahui efektifitas pelatihan terhadap keterampilan membuat pertanyaan pada guru SDN 1 Kuluran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif semi deskriptif. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh guru SDN 1 Kuluran yang berjumlah 12 orang.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T. Pengujian menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap pelatihan ini diantaranya adalah introduction, connection, aplication, reflection dan extention. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian adalah persiapan, pengalokasian dan konsistensi waktu, keaktifan peserta (pemateri sebagai fasilitator), dan lingkungan yang kondusif. Nilai signifikansi yang didapatkan berdasarkan hasil pretest dan post test adalah 0.00 < 0,05 yang berarti pelatihan efektif terhadap keterampilan membuat pertanyaan guru di SD Kuluran.
References
Dahlan, Dwi Nur Aini. Identifikasi dan Optimalisasi Permainan Outdoor dalam Pembelajaran Pada Taman Kanak-Kanak Di Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan. Southeast Asian Journal of Islamic Education. Vol 1 No 2. 2019.
Darmawan, Didi. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran IPS di SSMK. Skripsi. Universitas Tanjung pura Pontianak. 2013.
Dhamiri, Kharisma Sakta, Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Sarolangun, Mankeu Vol No 3, 2014: 374-463.
Getteng, Abd. Rahman. Menuju Guru Profesional dan Beretika cet. IX. Yogyakarta: Graha Guru. 2014.
Irawan, Teguh Candra. Efektivitas Persiapan Dan Pelaksanaan Praktik Industri Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Skripsi. 2010.
Kornelius, A. Margono, Hartutiningsih. Pendidikan dan Pelatihan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMPN 27 Sendawar Kabupaten Kutai Barat. E Journal Administrative Reform, 2 (3): 1811-1823. ISSN 2338-7637, 2014.
Kunandar. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers. 2009.
Larlen. Persiapan Guru bagi Proses Belajar Mengajar. Pena. Vol 3 no 1 Juli 2013: 81-91 ISSN 2089-3973. 2013.
Mangkunegara, Prabu Anwar. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cet II Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2009.
Probosemi, Khori. Analisis Kebutuhan Pelatihan Karyawan Bidang Pelayanan pada PT Taspen (PERSERO) Kantor Cabang Bogor. Skripsi. Bogor: Universitas Djuanda. 2011.
Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Sagala, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. PT Raja Grafindo, Jakarta. 2011.
Simamora, Henry. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN. 2006.
Supardi. Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2013.
Supriadi. Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu. 2011.
Susilo, Farid Agus. Peningkatan dan Efektivitas pada Proses Pembelajaran. Journal. Universitas Negeri Surabaya. 2014.
Tanoto Foundation. Pelita Pendidikan. 2018.
U, M. Shabir. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik (Tugas Dan Tanggung Jawab, Hak Dan Kewajiban, Kompetensi Guru). Jurnal Auladuna Vol 2 No 2 Desember 2015: 221-232.
Very M,R, Hamidah NU dan Moehammad. Pengaruh Pelatihan terhadap Kemampuan Kerja dan Kinerja Karyawan.
Copyright (c) 2019 Southeast Asian Journal of Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.