Memotret Kinerja Guru Madrasah dalam Pembelajaran

  • Sri Susmiyati IAIN Samarinda
  • Zurqoni Zurqoni IAIN Samarinda
Keywords: jenjang pendidikan, kinerja guru, masa kerja, status kepegawaian

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mendapatkan gambaran mengenai kualitas kinerja guru Madrasah Tsanawiyah di Samarinda, dan memetakan kinerja guru tersebut berdasarkan masa kerja, jenjang pendidikan, dan status kepegawaian guru. Populasi penelitian guru Madrasah Tsanawiyah Samarinda berjumlah 629 guru, kemudian diambil sampel sebanyak 76 guru menggunakan teknik multi-stage sampling. Pengumpulan data menggunakan questionare model skala likert. Analisis data menggunakan teknik deskriptif untuk menggambarkan kualitas  kinerja guru madrasah dalam proses pembelajaran, dan Analysis of Varian (ANOVA) untuk memetakan kinerja guru berdasarkan masa kerja, jenjang pendidikan,  dan status kepegawaian. Hasil penelitian disimpulkan, bahwa para guru Madrasah Tsanawiyah di Samarinda memiliki kinerja yang baik. Kinerja guru berdasarkan masa kerja terdapat perbedaan secara signifikan, dalam arti guru yang memiliki masa kerja lebih lama menunjukkan kinerja lebih baik dibandingkan guru dengan masa kerja lebih pendek. Kinerja guru berdasarkan jenjang pendidikan tidak berbeda secara signifikan. Kinerja guru menurut status kepegawaian juga tidak menunjukkan adanya perbedaan yang  signifikan.

References

Agustin, Ayu Putri, Pudjo Suharso, dan Sukidin Sukidin. “Strategi Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) Area Situbondo.” Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial 13, no. 1 (21 April 2019): 20–25. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10415.
Aisyah T., Nur. “Perbedaan Persepsi Kinerja Guru PNS dan Non PNS pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Sinjai.” Skripsi, Tidak Diterbitkan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.
Ali, Muhammad. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2000.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
Buchori, Mochtar. Spektrum Problematika Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994.
Departemen Agama. Petunjuk Mutu Pendidikan di MI. Jakarta: Direktoran Pembinaan Pendidikan Agama Islam, 2000.
Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.
Depdiknas. Bekerja dengan Guru. Buku Utama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SLTP, 2000.
Dharmayana, I. Wayan, - Masrun, Amitya Kumara, dan Yapsir G. Wirawan. “Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Sebagai Mediator Kompetensi Emosi Dan Prestasi Akademik.” Jurnal Psikologi 39, no. 1 (2012): 76–94. https://doi.org/10.22146/jpsi.6968.
Eliyanto, Eliyanto, dan Udik Budi Wibowo. “Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah Di Kabupaten Kebumen.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (1 April 2013): 34–47. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2321.
Harjasuganda, Djukanda. “Pengembangan Konsep Diri yang Positif pada Siswa SD Sebagai Dampak Penerapan Umpan Balik (Feedback) dalam Proses Pembelajaran Penjas,” 2008, 6.
Hasan, Rohmat. “Pengaruh Masa Kerja Dan Pendidikan Guru Terhadap Kinerja Guru SDN Sukabumi 10 Kota Probolinggo.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS 9, no. 2 (2015): 1219–1230.
Hasibuan, Melayu. Organisasi dan Motivasi, Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Gunung Agung, 1996.
Ihsan, Fuad. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Kadir, Abdul. “Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah.” Dinamika Ilmu 13, no. 1 (1 Juni 2013): 17–38. https://doi.org/10.21093/di.v13i1.20.
Kadir, St Fatimah. “Keterampilan Mengelola Kelas dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran.” Al-TA’DIB 7, no. 2 (1 Juli 2014): 16–36. https://doi.org/10.31332/atdb.v7i2.315.
Kande, Fredrik Abia. “Hubungan Tingkat Pendidikan Guru, Pengetahuan tentang Standar Pendidikan, Dukungan Sesama Guru, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Lingkungan Fisik Sekolah dengan Kinerja Guru SMA/ MA Negeri di Kabupaten Alor.” Tesis Magister tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.
Kast, F. E, dan Rosenzweig. Organization and Management; A System and Contingency Approach. Tokyo: Graw Hill, Kogakusha, 1979.
Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Lailatussaadah, Lailatussaadah. “Upaya Peningkatan Kinerja Guru.” Intelektualita 3, no. 1 (30 Juni 2015): 15–25.
Lalupanda, Erfy Melany. “Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 7, no. 1 (16 April 2019): 62–72. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276.
Liang Gie, The. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty, 1995.
Mahnun, Nunu. “Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran).” An-Nida’ 37, no. 1 (2 Juni 2012): 27–34.
Muhajir, Buchari. Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara, 1979.
Muhajir, Noeng. Tenaga Kerja dan Permasalahannya. Yogyakarta: Rake Sarasin Press, 1973.
Mutakin, Tatan Zaenal. “Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, dan Latar Belakang terhadap Kinerja Guru.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3, no. 2 (11 Agustus 2015): 145–56. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.122.
Nurhalis. “Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Pegawai Badan Diklat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.” Jurnal Ichsan Gorontalo Vol. 2, no. No. 1 (1 Februari 2007).
Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2001.
Richey, R. W. Planning for Teaching. An Introduction to Education. Mc. Graw Hill, 1973.
Sabriani, Sitti. “Penerapan Pemberian Tugas Terstruktur Disertai Umpan Balik Pada Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Materi Pokok Struktur Atom Kelas X6 SMA Negeri 3 Watampone).” Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia 13, no. 2 (25 Oktober 2013): 39–46. https://doi.org/10.35580/chemica.v13i2.625.
Sahertian, Piet A. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset, 1994.
Samana, A. Profesionalisme Keguruan. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 1994.
Sanjaya, Wina. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada, 2009.
Sarifudin, Agus. “Peningkatan Kinerja Guru dalam Implementasi Penilaian Sistem SKS Melalui Supervisi Akademik Pengawas Sekolah.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 02 (29 Agustus 2019): 417–34. https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.539.
Setiyati, Sri. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 22, no. 2 (1 Oktober 2014): 200–206. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i2.8931.
Siswoyo, Dwi. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press, 2008.
Sugito, Sugito, Y. Suyitno, dan Kuntoro Kuntoro. “Pengaruh Masa Depan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Desa Samudra dan Samudra Kulon.” Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 11, no. 1 (25 November 2019): 1–18. https://doi.org/10.30595/dinamika.v11i1.5980.
Sumantri, Budi Agus, Abdullah Idi, dan Nurlaila Nurlaila. “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTs Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang.” Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 3 (2019): 294–309. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i3.3434.
Supriyadi, D. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa, 1999.
Supriyono, Asmin. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan 18, no. 2 (September 2017): 1–12.
Suryosubroto, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Susanto, Hary. “Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan.” Jurnal Pendidikan Vokasi 2, no. 2 (8 Januari 2013): 197–212. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028.
Wirawan, Nata. Statistik 2: Statistik Infeensial. Denpasar: Keraras Emas, 2002.
Zurqoni. Menakar Akhlak Siswa: Konsep dan Strategi Penilaian Akhlak Mulia Siswa. Yogyakarta: Arruz Media, 2012.
Published
2020-06-01
How to Cite
Susmiyati, S., & Zurqoni, Z. (2020). Memotret Kinerja Guru Madrasah dalam Pembelajaran. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2), 143-169. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.2266