Strategi Penerapan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Madrasah Aliyah DDI Bontang
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk strategi penerapan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada masa Pandemi Covid-19 bagi guru Madrasah Aliyah DDI Bontang. Desain penelitian menggunakan penelitian lapangan (field work research) dengan desain penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di Madrasah Aliyah DDI Bontang. Adapun data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, model data (data display), penarikan/verifikasi kesimpulan dan dipresentasikan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran jarak jauh yang telah diterapkan oleh guru madrasah Aliyah DDI Bontang, yaitu melalui model kombinasi daring-luring, yakni model pembelajaran yang menerapkan jaringan komputer, internet dan perangkat lainnya pada proses pembelajaran, mulai dari penyampaian bahan belajar atau tugas, interaksi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Adapun media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang telah digunakan oleh guru MA DDI Bontang, ialah hanya memaksimalkan aplikasi E-Learning Madrasah, serta memanfaatkan whatsapp grup sebagai media komunikasi utama melalui pendekatan personal atau home visite (mengunjungi langsung di rumah masing-masing).
References
Ali, M., Prawening, C., & Samiaji, M. H. (2020). Inovasi Model Pembelajaran Jarak Jauh Program Kesetaraan Paket C Di Masa Pandemi Covid-19: Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 107–116. https://doi.org/10.21009/JIV.1502.2
Arif, M. (2013). Manajemen Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), 415–438. https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.415-438
Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. https://doi.org/10.35497/309163
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19: (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Seminar & Conference Proceedings of UMT, 0, Article 0. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1674
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 56, Article 56. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.4
Epon Ningrum. (2013). Pengembangan Strategi Pembelajaran. Putra Setia.
Falloon, G. (2011). Making the connection: Moore’s theory of transactional distance and its relevance to the use of a virtual classroom in postgraduate online teacher education. Journal of Research on Technology in Education, 43(3), 187–209. https://doi.org/10.1080/15391523.2011.10782569
Halwa, S. (2020). Pendampingan guru dengan model pembelajaran jarak jauh dalam penerapan e-learning berbasis aplikasi di Kecamatan Bantargebang. MADDANA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 20–28.
Haryadi, D., & Mahmudah, F. (2021). Implementasi Kurikulum Darurat Covid-19. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 94–110. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.595
Hatmo, S. H. D. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 115–122.
Isniatun Munawaroh. (2005). Virtual Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1(2), 173.
Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 3(02), 137–154. https://doi.org/10.51476/dirasah.v3i02.194
Kurniawan, H., & Syahputra, D. A. (2013). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Jarak Jauh Sebagai Media Tambahan Pendukung Proses Belajar Dan Mengajar. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 3–37.
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956
Lubis, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264
Lubis, W. (2020). Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Masa Pandemi Covid-19. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 132–141.
Manasta, L. (2004). Strategi Mengajar Siswa Tunanetra. Imperium.
Mardianto, M., Anas, N., Baniah, S., & Sadat, M. A. (2021). Strategi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Pandemi Covid-19. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.56
Marlina, S., Mayasari, D., & Butarbutar, R. (2020). Pelatihan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran, (No. 2). 3(2), 169–173. https://doi.org/10.33387/pengamas.v3i2.1816
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publication Ltd.
Munajim, A., Barnawi, B., & Fikriyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 285–291. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.45288
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta.
Nana, N., & Surahman, E. (2019). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 4(0), 82–90. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v4i0.35915
Nata, A. (2014). Perspektif Islam tentang strategi pembelajaran (3rd ed.). Kencana.
Nindiati, D. S. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Yang Memandirikan Siswa dan Implikasinya pada Pelayanan Pendidikan. JOEAI:Journal of Education and Instruction, 3(1), 14–20. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1243
Nurkhasanah, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar IPA. Jurnal Paedagogy, 8(2), 256–263. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3532
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.
Panditung, A. R. (2020). Implementasi Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Era Pandemi Covid-19 di Tingkat SMA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(4), 231–240. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i4.198
Putra, A. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Media Goggle Classroom Untuk Keterampilan Menulis [Other, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu
Retnaningsih, D. (2019). Tantangan Dan Strategi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), Article 1. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5624
Ria, D. R., & Wahidy, A. (2020). Guru Kreatif Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 0, Article 0. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3941
Rosadi, A., Marwiji, M. H., & Mariah, E. Y. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) | JURNAL JENDELA PENDIDIKAN. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(3). https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/17
Saaroh, F., Hakim, L. E., & Santi, V. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMPN 99 Jakarta. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 5(2), 35–44. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.04
Salehudin, M. (2020). Dampak Covid-19: Guru Mengadopsi Media Sosial Sebagai E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.6755
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Mappesona, 3(2), Article 2. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/830
Sholihatin, E. (2012). Strategi Pembelajaran PPKN. Bumi Aksara.
Sinaga, L., Harahap, K. R. P., Sihaloho, C. A. P. Y., & Bukhari, I. (2020). Analisis Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Materi Ipa Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Medan. JPPIPAI: Jurnal Pendidikan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia, 1(1), Article 1. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JPPIPAI/article/view/19433
Supriatna, U. (2021). Implementasi Kebijakan Kurikulum Darurat Madrasah. Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 42–54. https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i1.594
Tilaar, H. A. R. (2012). Perubahan Sosial Dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif Untuk Indonesia. Rineka Cipta.
TIM. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh. Dinas Pendidikan Pekalongan.
Wati, I., & Kamila, I. (2019). Pentingnya Guru Professional Dalam Mendidik Siswa Milenial Untuk Menghadapi Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(01), Article 01. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2547
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara.
Wiyani, N. A. (2012). Desain Manajemen Pendidikan Karakter Di Madrasah. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(1). https://doi.org/10.24090/insania.v17i1.1493
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Pandemi Covid- 19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51–58. https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19472
Zhou, M. Y., & Brown, D. (2015). Educational Learning Theories. Springer.