Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai Toleransi pada Peserta Didik di SMP Negeri 38 Samarinda

  • Muhammad Asriyanto Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Fathul Janah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Agus Setiawan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Penanaman Nilai Toleransi

Abstract

Sikap intoleran yang kerap di tunjukkan pada sebagian kelompok ataupu individu baik dilingkungan masyarakat, sekolah maupun media sosial, sudah sepatutnya menjadi perhatian bagi semua kalangan, khususnya guru pendidikan agama islam yang memiliki peran bukan hanya untuk meningkatkan ritual keagaaman peserta didiknya melainkan berperan dalam mengajarkan bagaiman mengharagai perbedaan yang ada dalam mewujudkan kerukunan antar umat beragama. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai toleransi pada peserta didik di SMP Negeri 38 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawncara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitaian yang didapatkan, peran guru PAI guru sebagai fasilitator menyediakan fsilitas pembelajaran, peran sebagai pembimbing mengarahkan siswa dalam kegiatan keagaman, peran sebagai motivator dengan memberikan dorongan dalam bersikap toleran dan peran sebagai evaluator melaukan penilaian dan perbaikan.

References

Alexandro, R., Wahidin, & Misnawati. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional). gue.
Ansyari, R. (2023). Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 38 Samarinda. Samarinda: Wawancara.
Asfiati. (2020). Visualisasi Dan Virtualisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Prenada Media.
Awal, R. F. (2020). Nilai-Nilai Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi pada SMP Negeri 1 Basarang di Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas). Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 11(1).
Cholid, N. (2021). Menjadi Guru Profesional. CV Presisi Cipta Media.
Devi, D. A. (2020). Toleransi Beragama. Alprin.
Elfrianto, Nasrun, & Arifin, M. (2023). Buku Ajar Manajemen Pendidikan. umsu press.
Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113
Firmansyah. (2022). Mentoring Agama Islam: Alternatif Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Hamid Darmadi. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar,Teori, Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage.
Haniyyah, Z., & Indana, N. (2021). Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1).
Hasan, S. (2018). Profesi Dan Profesionalisme Guru. uwais inspirasi indonesia.
Herwansyah, & Faza, N. (2022). Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Religius Siswa. Haura Utama.
Jentoro, J., Yusro, N., Yanuarti, E., Karolina, A., & Deriwanto, D. (2020). Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-nilai Islam Wasatiyah Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1288
Kholish, M. A. (2021). Menyemai Pendidikan Fikih Beyond The Wall Menumbuhkan Living Toleransi di Tengah Kebinekaan Mazhab Fikih di Indonesia. Inteligensia Media (Kelompok Intrans Publishing).
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter di Sekolah: Revitalisasi Peran Sekolah dalam Menyiapkan Generasi Bangsa Berkarakter. Samudra Biru.
Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. 3M Media Karya.
Mbagho, F. I., Khulailiyah, A., & Naelasari, D. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Smp Negeri 2 Diwek Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i2.260
Nisa’, A. K. (2019). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sdit Ulul Albab 01 Purworejo. Jurnal Hanata Widya, 8(2).
Nurhasanah, N., Hayatuddin, A., & Hidayat, Y. R. (2021). Metodologi Studi Islam. Amzah.
Purwati, P., Darisman, D., & Faiz, A. (2022). Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2733
Riyanto, R. (2022). Moderasi Beragama pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (Madrasah). ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(0), Article 0.
Roabndi, E. I. (2022). Rahasia menjadi guru hebat. Grasindo.
Rohmah, S. M. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama untuk Mewujudkan Sikap Rukun Antar Siswa di SMP Negeri 15 Kota Malang. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2180
Runtu, P. S., & Kalalo, R. R. (2021). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Penerbit NEM.
Ruslan, I. (2020). Kontribusi Lembaga-Lembaga Keagamaan dalam Pengembangan Toleransi Antar Umat Beragama di Indonesia. Sukabumi: Arjasa Pratama.
Ruslin (last). (2023). Menjadi Guru Asyik Tapi Menantang (Dinamika Profesi Guru). Penerbit CV. Sarnu Untung.
Sari, R. K., Suryani, A. I., & Nabila, S. B. (2022). Merawat Sikap Toleransi Beragama Di Tengah Masyarakat Majemuk. uwais inspirasi indonesia.
Shihab, M. Q. (2022). Toleransi: Ketuhanan, Kemanusiaan, dan Keberagamaan. Lentera Hati.
Shobahiya, M. (2017). Studi Komparatif Profil Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Hasan Langgulung Dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Suhuf, 29(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/suhuf.v29i1.5086
Subakir, A., & Dodi, L. (2020). Rule Model Kerukunan Umat Beragama di Indonesia: Gambaran Ideal Kerukunan Umat Muslim-Tionghoa di Pusat Kota Kediri Perspektif Trilogi Kerukunan dan Peacebuilding. CV Cendekia Press.
Sutiah. (2020). Pengembangan Kurikulum PAI Teori dan Aplikasinya. NLC.
Ulum, G. A., Riyan Nuryadin, Deni Suherman, Muhidin, Dedih Surana, Elih Yuliah, Anwar Musaddad ,Widiati Isana, Moch Subekhan, Helmi Aziz, Itah Miftahul. (2015). Teologi untuk Pendidikan Islam. K-Media.
Umro, J. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Radikalisme Agama Di Sekolah. JIE (Journal of Islamic Education), 2(1), Article 1.
Zain, A. (2020). Strategi Penanaman Toleransi Beragama Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), Article 01. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4987
Published
2023-02-09
How to Cite
Asriyanto, M., Janah, F., & Setiawan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai Toleransi pada Peserta Didik di SMP Negeri 38 Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 31-44. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i1.6565

Most read articles by the same author(s)