Penanaman Nilai-Nilai Sosial Keagamaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Istiqamah Muhammadiyah Samarinda

  • Rosita Rosita Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Khojir Khojir Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Fathul Janah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Pelaksanaan Penanaman Nilai, Hasil Implementasi Penanaman Nilai, LKSA Istiqamah Muhammadiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan dan hasil implementasi penanaman nilai-nilai sosial keagamaan di LKSA Istiqamah Muhammadiyah. Penelitian berjenis kualitatif deskriptif, menggunakan pendekatan fenomenologi dan sosiologi. Data terdiri dari komponen lembaga dan sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data tunggal dan analisis Multi-situs. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, teori dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai sosial keagamaan yang ditanamkan adalah sifat amanah/jujur, tolong-menolong, sedekah, uhkuwah Islamiyah dan iffah. (2) Pelaksanaan penanaman nilai dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi, melalui kegiatan yang terjadwal dan rutin dilakukan, seperti ceramah, kajian keagamaan, hadis masjid, edukasi (video youtube), renungan, teladan, pembiasaan, pemberian tugas belajar, kontroling, pemberian hukuman (sangsi soial), nasehat, pembentukan karakter, sharing ilmu, diskusi, praktik dan piket harian, kerja kelompok dan lapangan, berbagi, ahad bersih dan puasa. (3) Hasil implementasi penanaman nilai-nilai sosial keagamaan, bahwa anak membiasakan bertutur kata dan berbuat yang dapat dipertanggungjawabkan serta konsisten dengan perintah agama, menunjukkan sifat saling bekerjasama dan tolong-menolong sebagai cerminan iman, anak bersedekah dengan mengajarkan ilmu pengetahuan, bersedekah dengan tenaga, makanan, senyuman, memberi makan hewan dan sedekah barang/benda, anak saling mengenal, bersatu, memahami, perhatian, membantu dalam kebaikan, menolong, anak juga dapat menjaga diri dari perbuatan zina, segala bentuk penzaliman, sifat khianat dan dapat menahan lisan dari hal buruk. (4) Sarana prasarana pendukung kegiatan cukup baik dan memadai walaupun ada kendala namun kegiatan dapat berjalan lancar sesuai tujuan dan visi misi lembaga.

References

A.Ghani, Abdul Rahman. “Sekolah adalah Bagian dari Lembaga Pendidikan”, (Jakarta Selatan: Kabar Pendidikan, 2020), https:// www. kabarpendidikan. Id /2020/10/ sekolah-adalah-bagian-dari-lembaga.html.
Agustin, Khairia. “Implementasi Layanan Konseling Islami di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara”, (Sumatera Utara: UINSU, 2017), 61-62, Jurnal: http: //repository. uinsu. ac. id/4308/1/pdf%20tesis%20 full. pdf.
Aisyah, Siti. “Implementasi nilai-nilai Sosial keagamaan Penganut Tarekat Qodiriyah di Desa Giling Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang”. Salatiga: Tarbiyah, 2014. 60-63.perpus.iainsalatiga.ac.id.
Berne, Eric. Principles of Group Treatment. New York: Oxford Universitif Press, 1966.
BPS Kota Samarinda. “Samarinda dalam Angka 2015”. Katalog: 1102001.6472. Nomor Publish 64726.15.07.
Civen, ed, Lisa M. The Sage Encyclopedia of Qualitative Reseacrch Methods. Los Angeles, Calif: Sage Publications, 2008.
Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches, 4th ed. Thaousand Oaks: SAGE Publications, 2014.
Data Statistik Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Samarinda, 2023. https://dp2pa.samarindakota.go.id/statistik.
Dewi Nur, Iyan Rosita. “Pembelajaran Transformatif Berbasis Storyteling Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran pada Anak di Era Pandemic Covid-19“. Presiding Sesiomadika 3, No 1. Juni 26, 2021
Direktur Jendral Bina Kesejahteraan Sosial. Petunjuk Teknis Pelaksanaan dan Pengentasan Anak Melalui Panti Asuhan Anak. Jakarta: Departemen Sosial, 1995.
Fikriyanda et al. “Transactional Analysis for Developing Student Social Relationships”, Jurnal Neo Konseling 3, No.2. February 7, 2021. https://doi.org/10.24036/00417kons2021.
Hoard Lune and Bruce L. Berg. Qualitative Research Methods for tha Social Sciences, Ninth Edition, Global Edition. Harlow. England Munich: Pearson, 2017.
Insiyah. “Strategi Pengembangan Model Pembelajaran Transformatif”. preprint (Open Science Framework, April 4, 2018. https:/ /doi. org/ 10.31219/ 0sf.io/ rdjkv.
Kadji, Yulianto. “Kemiskinan dan Konsep teoritisnya”. Gorontalo: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNG, 2012. Aricles: file:/// C:/ Users/ USER/ Downloads/ Kemiskinan-dan-Konsep-Teoritisnya.pdf.
Maswardi Rauf, Syarif Hidayat, Abdul Malik Gismar dan Siti Musdah Mulia. Indeks Demokrasi Indonesia 2010 (Kebebasan yang Bertanggungjawab dan Substansial, Sebuah Tantangan). Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS), 2012.
Michael Larkin and Andrew Thompson, Interpretative Phenomenological Analysis, ed. Andrew Thompson and David Harper. Oxford: John Wiley & Sons, 2012), 104-12. https://doi.org/10.1002/978111997349.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya, 2004.
Muhammad Mushfi El Iq Bali and Susilowati. “Transinternalisasi Nilai-Nilai kepesanterenan Melalui Konstruksi Budaya Religius di Sekolah”. Jurnal Pendidikan Agama Islam 16, No.1. june 5, 2019. https : // doi. Org / 10.14421/jpai.2019.161-01.
Muhammad Ali and Muhammad Asrori. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.
Nassaji, Hossein. “Qualitative and Descriptive Research: Data Type Versus Data Analysis”, Language Teaching Reseach 19. February 26, 2015. https://doi.org/10.1177/1362168815572747.
Ningsih. “Dewan Tak Percaya Ada 9.032 Warga Miskin Ekstrem di Samarinda”. Headline KALTIM: 13 January 2023. https:// headline kaltim. co/ dewan-tak-percaya-ada-9-032-warga-miskin-ekstrem-di-samarinda.
Noverta Emur, Sulistyarini and Imran. Jurnal; “Penanaman Niali-Nilai Keagamaan dan Nilai Sosial Kemasyarakatan pada Anak Putus Sekolah Oleh Orang Tua”. Pontianak: FKIP Untan, 2022. file:///C:/Users/USER/Downloads/12704-38664-1-PB%20(7).pdf.
Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia. Nomor 30 Tahun 2011 Tentang “Standar Nasional Pengasuhan Anak untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak”. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, 2011.
Putri. “Merangsang Rasa Tanggung Jawab dengan I’m OK and Your’re OK”. Analisis Konseling Transaksional.
Ryian, Chris. Cross-Case Analysis, ed. Kenneth F. Hyde, Chris Ryan, and arch G. Woodside. Emerald group Publishing Limited, 2012. https: //doi. org/10. 1108/S1871- 3173 (2012)000006033.
Sobur, Alex. Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Soekamto, Soejono. Sosiologi Suatu Pengantar. Cet. 1. Jakarta: Cv Rajawali, 1982.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2013.
Zainuddin Daulay e.d. Peta Kerukunan Umat Beragama di Indonesia. Jakarta: , Departemen Agama RI, 2003.
Published
2023-02-03
How to Cite
Rosita, R., Khojir, K., & Janah, F. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Sosial Keagamaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Istiqamah Muhammadiyah Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 1-14. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i1.6581

Most read articles by the same author(s)