Memperkuat Sistem Pendidikan Islam di Arab Saudi: Analisis Terhadap Kajian Literatur dan Best Practices
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pendidikan Islam di Arab Saudi dengan mengeksplorasi kajian literatur dan best practices yang ada. Sistem pendidikan di Arab Saudi dapat menjadi model untuk memperkuat pendidikan Islam di negara-negara muslim lainnya, namun perlu penyesuaian, sesuai dengan konteks lokal masing-masing negara. Alat pencarian yang digunakan adalah Harzing’s Publish or Perish dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur nasional dan internasional (2020-2024) dan menghasilkan 7 artikel jurnal yang relevan. Hasil yang ditemukan: Sistem pendidikan di Arab Saudi memiliki struktur yang teratur dan kurikulum yang berpusat pada nilai-nilai Islam, mencakup semua jenjang pendidikan dari pra-sekolah hingga pendidikan tinggi. Pendidikan di Arab Saudi lebih menekankan mata pelajaran keagamaan dengan berbagai metode untuk menghindarkan anak dari kebodohan dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan zaman. Juga menyediakan pendidikan gratis dan berbagai program beasiswa luar negeri untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sistem ini memiliki pengaruh besar terhadap praktik pendidikan di negara-negara muslim lainnya, termasuk dalam cara berpakaian, pola asuh, dan pendidikan di sekolah yang menekankan nilai-nilai moral, etika, religiusitas, serta kesenian Islam dan sastra Arab. Namun, memiliki perbedaan dengan sistem pendidikan di Indonesia, seperti pemisahan siswa putra dan putri dalm proses pembelajarannya dan menetapkan hari libur pada hari jumat. Tidak hanya itu, proses pendidikan Islam yang lebih mendalam di Arab Saudi menjadi tujuan belajar yang direkomendasikan bagi pelajar dan mahasiswa dari berbagai negara muslim, termasuk Indonesia, melalui kompetisi. Sementara di sisi lain, terdapat kekhawatiran terhadap perubahan tujuan dan latar belakang pelajar Indonesia di Arab Saudi, sehingga Kementerian Agama perlu mendampingi mereka agar dapat berkontribusi dalam pembangunan NKRI dan mewujudkan Islam sebagai rahmatan lil 'alamin.
References
A. Munir. (2023). Struktur dan Kurikulum Pendidikan Islam di Arab Saudi: Landasan dan Implementasi. Instructional Development Journal (IDJ), Vol. 6, No, 310.
Abdurahmansyah. (2021). Perbandingan Pendidikan Islam: Isu-Isu Kontemporer Tentang Konsep, Kebijakan dan Impelentasi. CV. Penenrbit Anugrah Jaya.
Agustiar Syah Nur. (2001). Perbandingan Sistem Pendidikan 15 Negara, Cet. 1. Lubuk Agung.
Agustiar Syah Nur. (2001). Perbandingan Sistem Pendidikan 15 Negara , (Bandung: Lubuk Agung). Syalabi, Ahmad Sejarah Pendidikan Islam, terj. Muchtar Jahja dan Sanusi Latief, cet, I. Bulan Bintang.
Aisyah, A., Lubis, L., Maghfiroh, D. N., & Azmi, N. (2020). Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No, 6.
Alcelik, I., Pollock, R. D., Sukeik, M., Armstrong, J. B.-S. P. M., & Fismer, P. (2012). A Comparison of Outcomes With and Without a Tourniquet in Total Knee Arthroplasty: A Systematic Review and Meta-analysis of Randomized Controlled Trials. The Journal of Arthroplasty, 27(3), 331–340.
Amani Hamdan. (2005). Women and education in Saudi Arabia:Challenges and achievements. International Education Journal, 46.
Badrun, T. I. S. &. (2022). Integrasi Budaya Arab Pra-Islam dan Budaya Arab di Indonesia. Jurnal Local History Dan Heritage, 1(1), 56–57.
Binti Maunah. (2011). Perbandingan Pendidikan Islam. Teras.
Cahyono, E. A., Sutomo, & Hartono., A. (2019). Literature Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Mojokerto: Program Akademi Keperawatan, STIKES Dian Husada & Bhakti Husada Mulia.Jurnal Keperawatan (JK), Vol 12, No. 1.
Das, W. H., & Halik, A. (2019). Pendidikan Islam di Pondok Pesantren: Problematika dan Solusinya. Uwais Inspirasi Indonesia.
Departemen Ekonomi dan Sosial. (2024). Populasi Arab Saudi: Juli 2023-Juli 2024 dari PBB. Divisi Kependudukan.
Education. (2024). About Saudi Arabia. Washington, DC: The Embassy of The Kingdom of Saudi Arabia.
Eramuslim. (n.d.), 2006.
Hayati, D., & Gusmaneli. (2024). Sistem Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, Vol. 2No., 192.
Idam Mustofa. (2015). Relasi Islam dan Kekuasaan dalam Konteks Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia. Urwatul Wutsqo, Volume 4, 15.
Jesson, J., L, M., & Lacey, F. (2011). Doing Your Literature Review: Traditional and Systematic Technigues. Research Gate: Evaluation & Research in Education. London: Sage.
Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Remaja Rosdakarya.
Muhamad Murtadlo. (2018). Layanan Pendidikan bagi Warga Negara Indoensia di Arab Saudi: Educational Serices for Indonesian Citizent Domiciled in Saudi. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Islam Dan Keagamaan, Jakarta, 96.
Muhammad Basyrul Muvid. (2020). “Perbandingan Struktur Lembaga Pendidikan Islam dan Kurikulum di Indonesia, Iran dan Arab Saudi.” Jurnal Tawazaun: Pendidikan Islam, Vol. 13. N, 166.
Muhammad Hendra Yuna. (2022). Pendidikan Arab Saudi: Tantangan dan Reformasi, Akademika. Jurnal Keagamaan Dan Penddikan, Vol. 18 No, 40.
Muhammad Hendra Yunal. (2022). Pendidikan Arab Saudi: Tantangan dan Reformasi. Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Penddikan, Vol. 18 No, 42.
Muhammad Yaumi. (2017). Reformasi Sistem Pendidikan di Indonesia: Suatu Refleksi Kritis Menuju Perbaikan Kualitas. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 10–11.
Muhdi. (2021). Perkembangan dan Pendidikan Islam di Saudi Arabia. JIPKL: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, Vol. 1 No., 37.
Najah Al-Otaibi. (2020). Vision 2030: Religious Education Reform in the Kingdom of Saudi Arabia. King Faisal Center for Research and Islamic Studies Research Institute in Riyadh, Saudi Arabia., 7.
Qodri, N. H. (2024). Akulturasi Budaya Arab dalam Budaya Lokal Kehidupan Masyarakat Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 8, No, 24–25.
Raden Roro Dinul Qoyyimah Suryati. (2024). Pendidikan Islam di Arab Saudi. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, Vol. 2 No., 399.
Rahmadhani, S., Wahyudi, H., & Yudha Okta Anuhgra Suriyah. (2023). Sistem Pendidikan di Arab Saudi dan Perbandingannya dengan Sistem Pendidikan di Indonesia. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 23 No, 169.
Ramayulis. (2012). Sejarah Pendidikan Islam. Kalam Mulia.
Rowley, J., & Slack, F. (2004). Conducting a Literature Review. Emerald Insight, Management Research News. Discover Journals, Book & Case Studies, Vol 27 (Issue 6).
Ruslan, B., Afriansyah, F., Aly, H. N., Zulkarnain, & Ismail. (2022a). Sejarah dan Perbandingan Pendidikan Negara Brazil dan Saudi Arabia, (KAGANGA). Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, Vol. 5, No, 120–126.
Ruslan, B., Afriansyah, F., Aly, H. N., Zulkarnain, & Ismail. (2022b). Sejarah dan Perbandingan Pendidikan Negara Brazil dan Saudi Arabia. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), Vol. 5, No, 126.
Samsul Munir Amin. (2009). Sejarah Peradaban Islam (Disadur dari makalah Pusat-Pusat Peradaban Islam). Amzah.
Suwito, & Fauzan. (2008). Sejarah Sosial Pendidikan Islam, cet. ke-2. Fajar Interpratama Offset.
Yanti. (2012). Perbandingan Pendidikan. Rizqy Grafika.
Yon Machmudi. (2020). Timur Tengah dalam Sorotan: Dinamika Timur Tengah dalam Perspektif Indonesia. PT Bumi Aksara.
Zuhairi Misrawi. (2009). Madinah; Kota Suci, Piagam Madinah dan Teladan Muhammad Saw. Kompas.
Zuhairimi. (1981). Metode Khusus Pendidikan Agama. Offset Printing.