Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada MI Darussu’ada Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar

  • Fathul Aqli MI Darussu'ada Tatah Makmur
  • Muhamad Agil UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nurhikmah Nurhikmah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: penerapan, picture and picture, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester I pada MI Darussu’ada untuk mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Partisipasi siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus 2 siswa adalah 7,83. Hal ini berarti secara klasikal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah memenuhi persyaratan ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu 70. Dari 12 orang siswa ternyata seluruhnya telah mampu mencapai nilai standar ketuntasan minimal yang ditetapkan. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran picture and picture materi siklus hidup hewan pada mata pelajaran IPA kelas IV madrasah ibtidaiyah Darussu’ada dinyatakan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ahmadi, A & Sholeh, M. 2005. Psikologi Perkembangan Untuk: Fakultas Tarbiyah IKIP SGPLB Serta Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Feinberg, R M. “Mengenali Tanda-Tanda Kedewasaan Pada Diri Seseorang,” 2005.
L, Z. Psikologi Perkembangan. Remaja Rosdakarya, 1992. https://books.google.co.id/books?id=Wm-cAAAACAAJ.
Megawangi, Ratna. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan : Penerapan Teori Developmentally Appropriate Practices (DAP) Anak-Anak Usia Dini 0 Sampai 8 Tahun. Edited by Ratna Megawangi. Cet. 4. Depok: Indonesia heritage foundation, 2010. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1039213.
Nurwati. “Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Permainan Berbasis Sains Di TK Al- Usmani Samarinda.” Sultan Idris Journal of Psychology and Education 1, no. 2 (2022): 1–14.
Prof. H. M. Sukardi, M.E.M.S. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara, 2021. https://books.google.co.id/books?id=gJo_EAAAQBAJ.
Seksi PAUD dan Pendidikan Inklusif Divisi Pendidikan Dasar Sektor Pendidikan UNESCO. 2005. Laporan Review Kebijakan: Pendidikan dan Perawatan Anak Usia Dini di Indonesia. Laporan Dipresentasikan pada Workshop UNESCO Jakarta. Februari,
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Tim Penyusun Naskah Akademik Pendidikan Anak Usia Dini. 2007. Naskah Akademik Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD),
Published
2022-12-09
How to Cite
Aqli, F., Agil, M., & Nurhikmah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada MI Darussu’ada Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 74-85. https://doi.org/10.21093/sippg.v1i1.5444

Most read articles by the same author(s)