Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Pembelajaran Model (PBL) Pada Pelajaran IPA Kelas V

  • Alpisah Alpisah MI Hidayatuddiniyah Beruntung Baru
  • Awaliyah Karuniah Rahmah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Suhartini Suhartini UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nurhikmah Nurhikmah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nafla Maulida UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: peningkatan hasil belajar, penerapan model pembelajaraan, PBL, IPA, Problem Base Learning

Abstract

Penelitian ini berfokus pada peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran model (PBL) pada pelajaran IPA, adapun tujuannya yakni untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran model Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Hidayatuddiniyah Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2022/2023. Adapun metode yang digunakan pada Penelitian melalui tindakan kelas yakni (classroom action research) dengan metode pengaplikasian model pembelajaran PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran IPA oleh siswa di kelas V MI Hidayatuddiniyah Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar dengan menggunakan Problem Based Learning sudah terlaksana dan aktif, hal tersebut terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa hingga mencapai kategori aktif (87,5%) Sehingga secara klasikal sudah mencapai kategori berhasil yaitu mencapai 80% dari seluruh siswa yang mencapai KKM. Adapun untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, sebaiknya gunakan model pembelajaran yang bervariatif dan disesuaikan dengan kompetensi dasar yang akan diberikan.

References

Bua, Agustinus Toding, Degi Alrinda Agustina, Nikmah Permatasari, Medianisa Ayuni, and Dewi Retnaningati. “Implementasi Blended Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA SD.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 11 (2022): 4984–88.
Damayanti, Ayu. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 2 TULANG BAWANG TENGAH.” In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN EKONOMI, 1:99–108, 2022.
Egok, Asep Sukenda, and Tri Juli Hajani. “Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).” In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 2018.
Elihami, Elihami, and Abdullah Syahid. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2018): 79–96.
Fauzia, Hadist Awalia. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 1 (2018): 40–47.
GINTING, YUNI PIRDANI. “ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 104227 SAWIT REJO KECAMATAN KUTALIMBARU TAHUN AJARAN 2021/2022.” UNIVERSITAS QUALITY, 2022.
Guza, Afnil. Undang-Undang SISDIKNAS No 20 Tahun 2003 Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Asa Mandiri, 2009.
Hamalik, Oemar. “Proses Belajar Mengajar,” 2006.
Hanafiah, Hanafiah, R. Supyan Sauri, Yayu Nurhayati Rahayu, and Opan Arifudin. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 10 (2022): 4524–29.
Handitya, Binov. “Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia.” ADIL Indonesia Journal 1, no. 2 (2019).
Harefa, Darmawan, and Muniharti Sarumaha. Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Sejak Dini. Pm Publisher, 2020.
Haykal, Muhammad, Nor Latifah, Syti Qoirunisa’Nurdiniyah, and Kautsar Eka Wardhana. “Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Minat Belajar Mahasiswa PBA UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Angkatan 2021.” Borneo Journal of Language and Education 1, no. 2 (2021): 227–35.
Maghfiroh, Lailatul. “Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam.” MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 2, no. 2 (2019): 21–36.
Mardiyanti, Haryani Sri. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA-2.” Journal of Classroom Action Research 2, no. 1 (2020): 1–8.
Mulyani, Sri. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Masa Pandemi Covid 19.” Navigation Physics: Journal of Physics Education 2, no. 2 (2020): 84–89.
Muslim, Ikhwanul, Abdul Halim, and Rini Safitri. “Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Elastisitas Dan Hukum Hooke Di SMA Negeri Unggul Harapan Persada.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 3, no. 2 (2015): 35–50.
Nelianti, Indah, and Amri Amir. “Pengaruh Program Jambi Cerdas BAZNAS Provinsi Jambi Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Dan Mahasiswa Di Kota Jambi.” Journal of Islamic Economic and Finance NAJAHA IQTISHOD 3, no. 1 (2022).
Nuraini, Fivi. “Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD.” E-Jurnal Mitra Pendidikan 1, no. 4 (2017): 369–79.
Rizka, Sitti Muliya, and Rahmatun Nessa. “PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 3 (2022).
Sardiman, A. M. “Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar/Sardiman AM,” 2011.
Sulthon, Sulthon. “Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa MI.” Elementary 4, no. 1 (2016).
Ulmiah, Nisya, Nely Andriani, and Apit Fathurohman. “Studi Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Kelas x Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Sma Negeri 11 Palembang.” Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika 3, no. 1 (2016): 52–60.
Wardhana, Kautsar Eka. “Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 2022, 56–66.
Wati, Erna Kusuma. “Design of Learning Media: Modeling & Simulation of Building Thermal Comfort Optimization System in Building Physics Course,” 2020.
Published
2023-04-10
How to Cite
Alpisah, A., Rahmah, A., Suhartini, S., Nurhikmah, N., & Maulida, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Pembelajaran Model (PBL) Pada Pelajaran IPA Kelas V. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 31-46. https://doi.org/10.21093/sippg.v1i2.6281

Most read articles by the same author(s)