Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Model PBL di MI At-Thayyibah Gambut

  • Fery Padli MI Al At-Thayyibah Banjar
  • Suhartini Suhartini UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Hasil belajar, IPA, Problem Based Learning

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menginkatkan hasil belajar siswa klas V semester 1 pada MI At-Thayyibah untuk mata pelajaran IPA dengan menggunakan model Problem BAsed Learning (PBL).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas satu kali pertemuan. subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI At-Thayyibah pada semester ganjil tahun 2022/2023, dengan jumlah siswa 15 orang. pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan presentasi.

Hasil penelitian ini diperoleh, (1) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dan siklus I sebesar 53,88% pada siklus II, (2) Hasil belajar siswa secara individual juga mengalmai peningkatan, pada siklus rata-rata 56,67% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 81,33%, (3) Ketuntasan hasil belajar secara kalisikal pasa siklus I hanya 7 orang siswa dengan nilai sebesar 46,67% dan pada siklus ke II mengalami peningkatan dengan keuntasan sebanyak 14 orang dengan nilai sebesar 93,33% di atas standar ketuntasan belajar minmum mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan yaitu 60,00.

References

Depdiknas, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. (Jakarta, Pustaka Pelajar,2007) h.3

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran . (Jakarta,Sinar Grafika.2008) h.36

Djamarah, Syaiful Bahri, Stategi Belajar Mengajar. (Jakarta,PT Rineka Cipta.2006).h.37

Anonim,Karakteristik Perkembangan Anak Usia SD (online) (http://pembelajaranguru.wordpress.com/2008/05/20/karakteristik-perkembangan-anak-usia-kelas- (http://pembelajaranguru.wordpress.com/2008/05/20/karakteristik-perkembangan-anak-usia-kelas-awal-sd-serta-pembelajaran-tematik-keuntungan-penggunaan)

Syaiful Bahri Djamarah, psikologi belajar, (jakarta: pt. rineka cipta, 2011), hlm. 13.

lameto, belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, (jakarta: pt. rineka cipta,2010),hlm. 2

Mulyasa, menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan, (bandung : remaja rosda karya, 2005),hlm. 98.

Susilo, Panduan Penelitian Tindakan Kelas. (Yogyakarta : Pustaka Book Publisher,2010).h 16

Karwono, 2008 . Artikel Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research . (online) (http://karwono.wordpress.com/2008/02/27/artikel-penelitian-tindakan-kelas-classroom- action-research.html

Published
2022-12-07
How to Cite
Padli, F., & Suhartini, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Model PBL di MI At-Thayyibah Gambut. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 21-31. https://doi.org/10.21093/sippg.v1i1.5423