Kinerja Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Darussalam International Boarding School Samarinda
Abstract
Abstract
One of the key factors for the successful implementation of the Merdeka Curriculum is the teacher. Teachers are the spearhead and key to the success of implementing the Merdeka Curriculum in schools. MTs Darussalam International Boarding School Samarinda is one of the institutions gradually implementing the Merdeka Curriculum. This study aims to evaluate and measure the performance of teachers in the implementation of the Merdeka Curriculum at MTs Darussalam International Boarding School Samarinda. The research method used in this study is quantitative with a descriptive statistical research design. The sample in this study includes all teachers teaching in grade 7, totaling 13 individuals. The sampling technique used is purposive sampling. The research instrument consists of a questionnaire with 24 questions, which was analyzed using the Mean formula. The results show that the average response from the questionnaire is 3.25. This study concludes that the performance of teachers in the implementation of the Merdeka Curriculum at MTs Darussalam IBS Samarinda falls into the good category. The implication of this study is the need for teachers to engage in self-development related to the Merdeka Curriculum.
Keywords: Impelementation, Merdeka Curriculum, Performance, Teachers,
Abstrak
Salah satu kunci keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka adalah guru. Guru merupakan ujung tombak kunci kesuksesan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah. MTs Darussalam International Boarding School Samarinda merupakan salah satu lembaga yang menerapkan Kurikulum Merdeka secara bertahap. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengukur kinerja guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Mts Darussalam International Boarding School Samarinda. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian statistik deskriptif yang dilakukan pada tanggal 7, Maret 2024. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan guru yang mengajar di kelas 7 dengan jumlah 13 orang. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket yang berjumlah 24 soal dan kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Mean. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil angket tanggapan responden ialah sebesar 3,25. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Darussalam IBS Samarinda masuk ke dalam kategori baik. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya bagi guru untuk melakukan pengembangan diri terkait dengan Kurikulum Merdeka.
Kata Kunci: Guru, Implementasi, Kinerja, Kurikulum Merdeka
References
Ahsani, M. H. (2023). Pemberlakuan Kurikulum Merdeka terhadap Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 1 Sulang Kabupaten Rembang. Jpsi, 6(1), 92.
Amin A. (2023). “Implementsi Kurikulum Merdeka di MTs Negeri Samarinda”, Skripsi, Uinsi Samarinda.
Ashlan, S. (2021). Manajemen Kinerja Guru. Penerbit Yayasan Barcode.
Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. In Jurnal Administrasi Pendidikan.
Fauzi, A. (2020). Manajemen Kinerja. Airlangga University Press
Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & ... (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Jurnal Pendidikan Dasar
Habibullah, N. (2019). Hakikat Kepribadian Guru Sebagai Tenaga Pendidik. In At-Ta’lim: Kajian Pendidikan Agama Islam.
Hafid, M. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah dan Madrasah di Lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia.
Harefa, D. (2019). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri dan Motivasi terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah.
Hasanah, D., Syamwil, R., & ... (2017). Dampak Sertifikasi Profesi dan Sertifikasi Kompetensi Akuntansi terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK. Journal of Vocational And Career Education No. 01, Vol. 02, 2017.
Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu No. 01, Vol. 04, 2020.
Ikbal, P. A. M. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. In Jurnal Isema: Islamic Educational Management No. 02, Vol. 01, 2018.
Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Intelektualita No. 01, Vol. 03, 2015.
Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. Journal Of Information Systems And Management No. 06, Vol. 02, 2023.
Masrum. (2021). Kinerja Guru Profesional. Eureka Media Aksara.
Mudlofir, A. (2012). Pendidik Professional. Pt. Rajagrafindo Persada.
Mukhlishina, I., Danawati, M. G., & ... (2023). Penerapan Modul Ajar Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kelas Iv Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Jurnal Pengabdian No. 02, Vol. 02, 2023.
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Pt Bumi Aksara
Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.
Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah, S. (2023). Karakteristik Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah No. 1, Vol. 5.
Nursam, N. (2017). Manajemen Kinerja. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 167–175.
Pratikno. (2022). Human Resource ‘Kurikulum Merdeka’ rom Design To Implementation In The School: What Worked And What Not In Indonesian Education. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 1(7).
Pratycia, A., Putra, A. D., Salsabila, A. G. M., & ... (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Sains Dan Komputer No. 03, Vol. 02, 2023.
Pribadi, R. A., Azizah, M., & ... (2023). Kinerja Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka. Jisip (Jurnal Ilmu ….
Rosyidah, H., & Munip, A. (2021). Hakikat Pendidik Sebagai Insan dan Basyar dalam Pendidikan Islam. In Jurnal Pendidikan Guru No. 01, Vol. 03, 2021.
Saufi, A., & Hambali, H. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan No. 01, Vol. 02 2019.
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu No. 01, Vol. 04, 2021.
Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Sugiyono, D. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta Bandung.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu.
Suheri, S., Suja, A. Y. I., & Sunaryo, H. (2021). Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Implementasi Program MGMP pada Motivasi dan Kinerja Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen No. 02, Vol. 03, 2021
Supardi. (2016). Kinerja Guru (3rd Ed.). Pt. Rajagrafindo Persada.
Usman, A. (2023). Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Negeri. 1(2), 60–70.
Utami, R. H., Indiworo, R. H. E., & ... (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SD di Kota Blora Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Bingkai Ekonomi.
Wahyudi, W. (2020). Kinerja Dosen: Kontribusinya terhadap Akreditasi Perguruan Tinggi. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting No. 02, Vol. 03, 2020.
Winarso, W. (2015). Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Philpapers.Org.
Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka : Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. 02(05), 85–88.
Yani, H. (2013). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Kota Pekanbaru.