Peningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Metode PBL di Madrasah Ibtidaiyyah Subulussalam Barong Tongkok
Abstract
Problem Based Learning adalah pembelajaran yang berfokus pada siswa untuk melakukan investigasi mendalam terhadap suatu topik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari tiga siklus dengan masing-masing siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa di kelas V MI Subulussalam menggunakan metode Problem Based Learning dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam dua siklus, terjadi peningkatan hasil observasi aktivitas siswa dari 60% menjadi 86,7% pada siklus I dan II. Sementara itu, hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 80% menjadi 93,3% pada siklus I dan II. Evaluasi belajar siswa juga menunjukkan peningkatan persentase nilai rata-rata dari 6,5 pada pertemuan I dan 6,8 pada pertemuan II di siklus I menjadi 6,9 pada pertemuan I dan 7,5 pada pertemuan II di siklus II. Adapun KKM yang digunakan adalah 65 pada tahun pembelajaran 2022/2023.
References
Afriana, Jaka. “Project based learning (PjBL).” Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung, 2015.
Andriani, Rike, dan Rasto Rasto. “Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4, no. 1 (2019): 80–86.
Anggraeni, Poppy, dan Aulia Akbar. “Kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran.” Jurnal Pesona Dasar 6, no. 2 (2018).
Elisabet, Elisabet, Stefanus C. Relmasira, dan Agustina Tyas Asri Hardini. “Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL).” Journal of Education Action Research 3, no. 3 (2019): 285–91.
Fahrezi, Iszur, dan Mohammad Taufiq. “Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3, no. 3 (2020): 408–15.
Hanafy, Muh Sain. “Konsep belajar dan pembelajaran.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 17, no. 1 (2014): 66–79.
Harahap, Nursapia. “Penelitian kualitatif,” 2020.
Hariyadi, Ahmad, dan Agus Darmuki. “Prestasi dan motivasi belajar dengan konsep diri.” Prosiding Seminar Nasional, no. 0291 (2019): 280–86.
Mania, Sitti. “Observasi sebagai alat evaluasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 11, no. 2 (2008): 220–33.
Nurlaila, Siti, dan Muthia Umi Setyoningrum. “UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn MATERI NILAI-NILAI DALAM PANCASILA MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI AL JIHAD SAMBOJA.” Jurnal SIPPG: Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru 1, no. 1 (2023): 1–28.
Ramadhani, Sulistyani Puteri. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN MANGGARAI 09 PAGI JAKARTA SELATAN.” Inspiratif Pendidikan 9, no. 2 (16 September 2020): 73. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.15655.
Rijali, Ahmad. “Analisis data kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (2019): 81–95.
———. “Analisis data kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (2019): 81–95.
———. “Analisis data kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (2019): 81–95.
Saputra, Aidil. “Pengaruh Keterampilan Guru Menggunakan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 2019, 156–68.
Suandewi, Komang, dan I Made Citra Wibawa. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NO. 3 KAPAL.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1, no. 1 (22 Mei 2017): 59. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10116.
Sukmawati, Rika. “Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik.” Jurnal Analisa 5, no. 1 (29 Juni 2019): 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789.
Suyati, Endang Sri, dan Achmad Zainul Rozikin. Belajar dan pembelajaran. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2021.
Titu, Maria Anita. “Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi.” Dalam Prosiding Seminar Nasional, 9:176–86, 2015.
Wulandari, Ade Sintia, I Nyoman Suardana, dan N. L. Pande Latria Devi. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 2, no. 1 (31 Maret 2019): 47. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222.