Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Video Pada Pembelajaran PAI Materi Kisah Keteladanan Nabi Daud
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan deskripsi dan analisis mengenai proses Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menyampaikan materi kisah keteladanan Nabi Daud melalui media video yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 002 Bontang Utara. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 002 Bontang Utara yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 9 perempuan dan 16 laki-laki. Data dikumpulkan melalui penilaian dan lembar observasi.
Penggunaan media video dalam pembelajaran Kisah Nabi Daud AS berhasil meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SDN 002 Bontang Utara. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa pada setiap siklus pengujian. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 68, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 84. Selain itu, persentase siswa yang mencapai ketuntasan mencapai 100% pada siklus II. Dengan demikian penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Kisah Nabi Daud AS dengan media video di SDN 002 Bontang Utara dapat dikatakan berhasil.
References
Arsyad, Berti, and Sriwahyuningsih R. Saleh. “Desain Instrumen Penilaian Ranah Psikomotorik Pada Pembelajaran Bahasa Arab.” JAEL: Journal of Arabic Education and Linguistic 2, no. 2 (2022): 53–63.
Destiana, Dita, Yudhie Suchyadi, and Fitri Anjaswuri. “Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Produktif Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) 3, no. 2 (2020): 119–23.
Harefa, Darmawan. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan.” Geography: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 8, no. 1 (2020): 01–18.
Hasibuan, Faisal. “Penggunaan Metode PPP (Presentation, Practice and Production) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Interaksi Pengandaian Diikuti Oleh Perintah/Saran Di SMAN 4 Kota Bima Kelas XII MIPA. 1 Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1, no. 2 (2021): 264–85.
Haykal, Muhammad, Nor Latifah, Syti Qoirunisa’Nurdiniyah, and Kautsar Eka Wardhana. “Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Minat Belajar Mahasiswa PBA UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Angkatan 2021.” Borneo Journal of Language and Education 1, no. 2 (2021): 227–35.
Ishak, Ishak. “Karakteristik Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan.” FiTUA: Jurnal Studi Islam 2, no. 2 (2021): 167–78.
Lubis, Maesaroh, and Nani Widiawati. “Integrasi Domain Afektif Taksonomi Bloom Dengan Pendidikan Spiritual Al-Ghazali (Telaah Kitab Ayyuhal Walad).” Integrasi Domain Afektif Taksonomi Bloom Dengan Pendidikan Spiritual Al-Ghazali (Telaah Kitab Ayyuhal Walad) 5, no. 1 (2020): 41–56.
Magdalena, Ina, Nur Fajriyati Islami, Eva Alanda Rasid, and Nadia Tasya Diasty. “Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan.” EDISI 2, no. 1 (2020): 132–39.
Magdalena, Ina, Alif Fatakhatus Shodikoh, Anis Rachma Pebrianti, Azzahra Wardatul Jannah, and Iis Susilawati. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi.” EDISI 3, no. 2 (2021): 312–25.
Majid, Muhammad Syahdan, and Abdi Azizurahman. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 14, no. 1 (2022): 12–20.
Nugrawiyati, Jepri. “Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama 6, no. 1 (2018): 97–111.
Nurdyansyah, Nurdyansyah. Media Pembelajaran Inovatif. Umsida Press, 2019.
Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Misykat 3, no. 1 (2018): 171–87.
Octavia, Shilphy A. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Deepublish, 2020.
Parnawi, Afi. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish, 2020.
Rusandi, Haeruman. “Problema Guru Dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII MTs.” Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) 5, no. 1 (2023): 44–50.
Saugi, Wildan. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Berbasis Achievement Grouping (CLAG).” EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 3, no. 1 (2018).
Setiawan, Agus. “Merancang Media Pembelajaran PAI Di Sekolah.” Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 2019, 223–40.
Sunandar, Berlian. “Penggunaan Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Viii Di Smp Qur’an Nurul Huda Pesawaran.” UIN Raden Intan Lampung, 2020.
Wardhana, Kautsar Eka. “Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 2022, 56–66.
Yuanta, Friendha. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 02 (2020): 91–100.